Cara Mengatasi Laptop Layar Putih Semua Tanpa Ganti LCD

Cara Mengatasi Laptop Layar Putih Semua Tanpa Ganti LCD. Laptop adalah salah satu barang elektronik yang menjadi kebutuhan di zaman modern seperti sekarang ini. Banyak sekali aktivitas kehidupan sehari-hari dimudahkan dengan adanya laptop. Sehingga hampir setiap hari kita berinteraksi dengan laptop. Karena laptop adalah barang elektronik, maka tidak jarang laptop juga dapat mengalami error atau hang. Contohnya adalah laptop yang mengalami blank putih, dimana semua layar laptop akan berubah menjadi putih.

Layar putih pada laptop tentu membuat kita akan kebingungan, terlebih lagi jika sedang mengerjakan tugas penting, malah laptop blank dan layar putih. Anda sudah berusaha mematikan laptop secara paksa namun layar laptop tetap saja berwarna putih semua. Hal ini tentu saja membuat anda sedikit khawatir. Kemudian anda mencari solusinya di Google atau YouTube. Kebanyakan solusi yang ditawarkan adalah mengganti lcd laptop. Banyak yang mengatakan bahwa penyebabnya adalah kabel fleksibel lcd putus atau longgar.

Kali ini saya akan memberikan solusi yang berbeda, dimana anda bisa mengatasi layar putih pada laptop tanpa harus mengganti lcd. Hal ini sudah saya praktekkan sendiri dan cara ini berhasil 100%. Saya tidak dapat memastikan bahwa cara ini dapat berhasil diterapkan pada laptop anda. Namun, apa salahnya untuk mencoba, siapa tahu cara ini juga dapat berhasil pada laptop anda. Nah, jika anda penasaran bagaimana cara, maka simak pembahasan lengkap berikut ini.


Cara Mengatasi Laptop Layar Putih Semua Tanpa Ganti LCD

Sebagai catatan, penyebab laptop layar putih disini adalah dikarenakan laptop yang tidak dimatikan atau di shootdown. Akan tetapi laptop tersebut tidak dimatikan hanya saja di sleep dalam waktu yang lama. Ketika laptop tersebut di hidupkan kembali, alhasil layar laptop tersebut tiba-tiba berwarna putih semua. Hal ini tentu saja dapat dipastikan akibat laptop yang blank saat di sleep dalam waktu yang lama. Sehingga membuat layar laptop menjadi putih atau layar laptop gagal load.

Cara Mengatasi Laptop Layar Putih Semua Tanpa Ganti LCD

Laptop tersebut sudah coba dimatikan secara paksa namun layar laptop masih saja berwarna putih. Hingga akhirnya saya menemukan solusi cara mengatasi laptop layar putih tanpa harus mengganti lcd. Bagaimana caranya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan hidupkan laptop tersebut.
  2. Biarkan layar laptop berwarna putih dalam beberapa menit. Karena kita tidak bisa memastikan bahwa laptop sudah masuk ke sistem windows atau belum. Hal ini untuk memastikan bahwa laptop telah berhasil loading windows.
  3. Tekan tombol ALT + CTRL + DELETE pada keyboard laptop anda.
  4. Maka akan muncul muncul layar biru dengan beberapa pilihan, yaitu lock, switch user, sign out, task manager, cancel.
  5. Coba lihat di bagian pojok kanan bawah layar laptop apakah ada icon power atau tidak, jika ada silahkan klik dan pilih Restart Laptop.
  6. Jika tidak ada, maka pilih Switch User. Kemudian lihat di bagian pojok kanan bawah layar laptop apakah ada icon power atau tidak, jika ada silahkan klik dan pilih Restart Laptop.
  7. Tunggu hingga proses Restart selesai. Maka secara otomatis laptop akan kembali normal.

Cara ini telah berhasil di terapkan, jika cara ini tidak berhasil pada laptop anda, mungkin saja penyebab white screen pada laptop anda buka karena windows yang sedikit blank atau akibat software. Bisa saja laptop anda mengalami kerusakan pada hardware seperti kabel fleksibel lcd longgar atau putus, ram, dan lainnya. Namun, anda bisa mencoba cara berikut ini untuk memastikan bahwa laptop anda tidak mengalami kerusakan pada bagian hardware.

  • Cara alternatif pertama, biarkan laptop anda hidup dan screen laptop berwarna putih. Kemudian klik tahan pada tombol power dalam beberapa menit saja, tidak boleh terlalu cepat dan terlalu lama klik tombol power. Anda harus benar benar pasti laptop telah mati secara sempurna. Biarkan laptop anda untuk beberapa menit, Kemudian hidupkan kembali laptop dengan tekan tombol power.
  • Alternatif kedua jika layar laptop masih with screen adalah dengan mencabut baterai dan memasangnya kembali. Hal ini bertujuan agar laptop benar benar dalam posisi mati tidak sedang dalam keadaan sleep. Karena biasanya jika laptop kelamaan sleep, laptop akan cenderung sleep walaupun menekan tahan tombol power.

Jika semua cara di atas tidak bisa dan laptop anda masih white screen, maka tidak ada jalan lain selain membawa laptop ke tempat servis. Baca juga: Biaya Ganti LCD Laptop Toshiba 14 inch Di Mataram Plus Maintenance

Itulah artikel tentang Cara Mengatasi Laptop Layar Putih Semua Tanpa Ganti LCD. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda, siapa tahu mereka juga membutuhkan informasi ini. Jangan lupa juga untuk follow blog kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel