5 Alasan Mengapa Seorang Blogger Harus Memiliki Topik Sesuai Niche

5 Alasan Mengapa Seorang Blogger Harus Memiliki Topik Sesuai Niche. Dizaman modern seperti saat ini website memiliki peran yang penting dalam kehidupan manusia. Dimana banyak informasi yang bisa didapatkan melalui website tersebut. Mulai dari informasi terkini, ilmu pengetahuan, tips & trik, tutorial baik yang berasal dari dalam negeri hingga luar negeri dapat anda akses melalui website. Selain itu, website kini bertransformasi menjadi media untuk promosi dan mendapatkan uang secara online. Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog, diantaranya adalah dengan monetisasi blog, mengikuti program affiliate hingga jual backlink.

Untuk mendapatkan uang dari blog terbiang susah-susah gampang, dimana susahnya lebih banyak dibandingkan gampang. Anda harus serius dalam membangun blog terutama dalam satu tahun pertama. Dimana anda harus rajin membuat artikel setiap hari untuk di publish agar blog anda kaya akan informasi. Dalam membuat artikel juga tidak sembarangan, anda harus tahu cara riset keyword, dan keyword apa saja yang memiliki jumlah pencarian banyak serta memiliki value yang tinggi. Selain itu anda juga harus fokus pada jenis blog yang ingin anda buat.

Secara umum, blog dibagi menjadi dua yaitu blog niche yang berfokus pada satu topik pembahasan atau yang masih relevan dan blog gado-gado yang membahas banyak topik yang tidak relevan. Pertanyaannya adalah mana yang lebih bagus, blog gado-gado atau blog niche. Menurut saya adalah blog niche dengan syarat anda harus tetap rajin mengupdate artikel setiap hari dan memperkaya blog anda dengan arikel yang relevan. Mengapa demikian, berikut ini adalah alasannya.


5 Alasan Mengapa Seorang Blogger Harus Memiliki Topik Sesuai Niche

Membuat blog yang berfokus pada satu niche (atau blog niche) tentu akan lebih bagus dibandingkan dengan blog yang tidak fokus dan bahas mengenai topik sana dan sini. Salah satu manfaat blog niche adalah mudah untuk mendapatkan rangking pada halaman pertama dibandingkan blog yang topiknya campur aduk, kadang bahas A besok B, C, D dan seterusnya. Oleh karena itulah, banyak blogger profesional lebih memilih untuk membuat blog niche.

5 Alasan Mengapa Seorang Blogger Harus Memiliki Topik Sesuai Niche

Membuat blog niche tentu tidak mudah, karena anda akan mudah sekali menemukan titik buntu saat membuat artikel dan tidak tahu mau membuat artikel apa lagi. Hal ini yang membuat banyak blogger cenderung menyerah untuk membuat blog niche. Namun, apakah anda tau betapa hebatnya blog niche yang berfokus pada satu topik dibandingkan dengan blog yang bahasa topik sana sini? Hal ini tentu akan membuat anda harus memiliki blog niche. Berikut ini saya akan memberikan lima alasan mengapa anda harus membuat blog yang berfokus pada satu topik pembahasan dan apa saja manfaatnya. Simak pembahasan lengkap berikut ini.


1. Blog Akan Mudah Mendapatkan Pembaca yang Loyal

Alasan pertama mengapa seorang blogger harus fokus pada satu niche adalah blog tersebut akan mudah mendapatkan pembaca yang loyal. Pembaca yang loyal adalah pembaca yang akan selalu kembali lagi ke blog anda ketika membutuhkan informasi mengenai topik yang anda bahas. Bahkan jika blog anda sudah fokus membahas satu topik pembahasan dan sudah mengulas banyak hal mengenai topik tersebut, maka pembaca akan dengan suka rela bookmark dan share blog anda ke media sosial atau grup-nya.

Blog yang fokus pada satu topik membuat pembaca yakin bahwa anda adalah seorang yang profesional dalam topik tersebut. Sehingga ia selalu yakin dengan informasi yang anda bagikan dan tidak segan merekomendasikan blog anda ke teman-temannya. Misalkan anda membuat blog yang berfokus pada pembahasan "website, hosting dan domain" dan telah membuat artikel mengenai topik tersebut dari A hingga Z, maka pembaca akan suka meng eksplor blog anda untuk menjadi media belajar website, hosting dan domain.


2. Membuat Seorang Blogger Harus Berwawasan Luas

Ketika memutuskan untuk membuat blog mengenai satu topik pembahasan, maka anda akan mudah mengalami titik buntu. Hal ini dikarenakan masih kurangnya pemahaman mengenai topik tersebut atau dalam arti kata masih belum banyak belajar. Jika anda ingin fokus pada satu topik, maka anda akan berusaha untuk tetap membuat artikel mengenai topik tersebut, dan memaksa anda untuk belajar, belajar dan belajar lagi agar anda bisa share apa yang telah dipahami dari apa yang dipelajari. Dengan begitu maka anda akan mulai menguasai mengenai topik pembahasan tersebut dan menjadi seorang blogger yang expert pada topik tersebut.


3. Blog Mudah di Monetisasi

Jika anda ingin mendaftar blog ke google adsense, maka blog yang berfokus pada satu topik pembahasan akan lebih mudah di terima dibandingkan dengan blog gado-gado. Yang dimaksud blog gado-gado adalah blog yang membahas mengenai topik A kemudian pindah ke topik B, C, D dan seterusnya. Blog dengan satu niche atau topik sangat di sukai oleh google, karena google akan berfikir bahwa anda adalah orang yang expert pada topik tersebut sehingga blog akan mudah untuk di monetisasi.


4. Blog Memiliki Value yang Tinggi

Alasan lain mengapa harus membuat blog dengan satu topik adalah blog tersebut akan memiliki value yang tinggi. Karena blog tersebut telah mendapatkan kepercayaan dari para pembaca yang loyal bahwa blog tersebut sangat lengkap. Oleh karena itulah banyak blogger yang lebih memilih untuk membuat blog dengan satu niche dibandingkan dengan blog gado-gado.

Dari segi monetisasi blog, blog satu niche cenderung akan mendapatkan nilai CPC iklan yang tinggi dan juga blog akan mendapatkan banyak klik iklan. Karena blog satu topik akan mendapatkan iklan yang sangat relevan dengan yang dibahas pada blog tersebut. Misalkan saja jika anda membahas blog yang membahas mengenai Hosting, maka secara otomatis iklan relevan yang akan ditampilkan pada blog anda adalah seputar hosting. Jika artikel dan iklan sudah relevan maka pembaca akan mudah tertarik untuk klik iklan tersebut, dikarenakan ia butuh informasi yang ditawarkan pada iklan tersebut.

Berbeda halnya jika anda membuat blog gado-gado, maka biasanya artikel dan iklan yang ditampilkan tidak relevan. Sehingga kebutuhan informasi pembaca saat mengunjungi artikel anda tidak sama dengan iklan yang ditampilkan. Hal ini tentu membuat pembaca tidak memiliki niat untuk mengetahui mengenai materi iklan yang ditayangkan pada blog anda dan membuat mereka tidak mau klik.

Misalnya saja anda membuat blog gado-gado yang membahas tentang android, traveler, pendidikan, internet marketing. Dari keempat topik tersebut tidak ada yang sejalur, sehingga iklan yang akan tampil akan tidak relevan. Berbeda jika anda membuat artikel dengan satu topik yang berhubungan, misalnya topik tentang website, hosting dan domain. Maka iklan yang akan tampil akan relevan, yaitu seputar website, hosting dan domain juga. Karena memang semua topik tersebut memiliki satu hubungan dimana website tentu membutuhkan hosting dan domain.


5. Blog Mudah Mendapatkan Rangkin

Google sering memberikan rangking pada sebuah blog, hal ini menunjukan kualitas blog dan seberapa lengkap informasi yang dimiliki blog tersebut. Oleh karena itu, blog yang membahas satu topik akan lebih mudah berada pada halaman pertama google dibandingkan dengan blog gado-gado. Misalkan anda membuat sebuah blog fokus membahas mengenai website, hosting dan domain. Kemudian mempublish artikel tentang Cara Membuat Website dan ada blog gado-gado membuat artikel yang sama. Tentu google akan lebih menyarankan artikel anda dibandingkan blog gado-gado, karena google menilai artikel anda lebih lengkap dan membuat pembaca akan mendapatkan banyak informasi lainya mengenai website, hosting dan domain.

Itulah artikel tentang 5 Alasan Mengapa Seorang Blogger Harus Memiliki Topik Sesuai Niche. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman anda agar mereka juga tau apa manfaat dari membuat blog niche dibandingkan gado-gado. Untuk mendapatkan informasi lainnya dari kami maka jangan lupa untuk follow blog ini, akan anda akan mendapatkan notifikasi setiap kali kami update artikel terbaru. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


flash sale serba seribu shopee

Iklan Tengah Artikel 2

Shopee Promo Gratis Ongkir

Iklan Bawah Artikel

shopee.co.id

Kemeja Wanita Casual Polos Jumbo Lengan Panjang