2 Cara Menyembunyikan File dan Folder di HP Dengan Mudah

2 Cara Menyembunyikan File dan Folder di HP Dengan Mudah. Setiap orang tentu memiliki sesuatu yang sifatnya privasi, dimana kita tidak ingin orang lain tahu atau kepo. Diantaranya adalah file-file di hp atau laptop yang sifatnya pribadi, privasi dan rahasia. Sehingga anda memikirkan bagaimana cara agar file tersebut dapat disembunyikan.

Dengan perkembangan dunia teknologi smartphone saat ini, banyak sekali pengembangan program yang dapat kita gunakan untuk menyembunyikan file-file dan folder di hp. Agar tidak dapat diakses oleh orang lain kecuali anda sendiri.

Selain itu, beberapa hp juga memiliki program dasar untuk menyembunyikan file dan aplikasi sehingga anda tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. Namun, ada beberapa hp yang tidak memilikinya. Untuk mengakali hal tersebut, maka kita bisa menginstall aplikasi tambahan, yaitu aplikasi Folder Lock.

Nah, jika anda ingin tahu bagaimana cara menyembunyikan file di hp baik menggunakan program default atau menginstall aplikasi pihak ketiga, maka simak pembahasan selengkapnya.


2 Cara Menyembunyikan File dan Folder di HP Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang cara menyembunyikan folder di hp berserta filenya dengan dua cara. Caranya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

2 Cara Menyembunyikan File dan Folder di HP Dengan Mudah


1. Cara Menyembunyikan Folder di HP Dengan Menambah Titik

Secara umum, semua hp memiliki file atau folder tersembunyi masing-masing. Hal ini dapat kita lihat saat mengaktifkan pengaturan “tampilkan file tersembunyi” maka seluruh file dan folder akan terlihat dan biasanya tampilannya sedikit transparan namun tetap terlihat.

Jika anda perhatikan pada seluruh file dan folder tersembunyi tersebut, maka anda akan melihat sebuah kesamaan yang membuat mereka menjadi  tersembunyi. Ya, jika dilihat dari nama seluruh file dan folder tersembunyi tersebut maka akan jelas terlihat semua namanya diawali dengan tanda “Titik”.

Misalkan nama file atau folder adalah “.Anime” di depat nama tersebut ada tanda titik maka program hp akan membaca titik di awal nama file dan folder sebagai perintah untuk menyembunyikannya.

Oleh karena itu, saat anda ingin menyembunyikan file dan folder secara mudah dan cepat adalah dengan menambahkan tanda titik di depan nama folder atau file tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah langkah menyembunyikan folder di hp beriku ini.

  1. Langkah pertama silahkan buka File Manager atau Memori Penyimpanan anda.
  2. Cari folder yang ingin di sembunyikan.
  3. Klik tahan folder tersebut, maka akan muncul banyak pilihan.
  4. Silahkan pilih “Ganti Nama” atau Rename. Setiap hp mungkin caranya ada sedikit berbeda, namun anda sesuaikan saja. Intinya anda lakukan sebagaimana anda ingin mengubah nama folder atau file tersebut.
  5. Misalkan nama file adalah Anime.mp4 dan nama folder adalah Anime.
  6. Ubah nama dengan menambahkan tanda titik diawal nama file dan folder tersebut.
  7. Jadinya seperti ini nama file menjadi .Anime.mp4 dan nama folder menjadi .Anime
  8. Entah apapun nama file dan folder yang ingin anda sembunyikan silahkan tambahkan tanda titik didepannya.
  9. Kemudian jangan lupa untuk menonaktifkan pengaturan “Tampilkan File Tersembunyi”. Karena jika pengaturan tetap aktif maka file dan folder tersebut akan tetap terlihat.


2. Cara Menyembunyikan File di HP Menggunakan Aplikasi

Untuk cara pertama, secara umum bisa diterapkan hampir diseluruh jenis hp. Namun, ada saja beberapa hp tidak mendukung fitur tersebut atau memerlukan pengaturan yang ribet untuk menyembunyikan file dan folder.

Maka dari itu, solusi cerdas untuk menyembunyikan folder di hp android dan lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi Pihak Ketiga. Saat ini ada banyak sekali aplikasi pengunci folder, file dan galeri sehingga tidak ada yang bisa mengakses folder tersebut kecuali anda.

Kali ini saya akan memberikan salah satu aplikasi yang saya gunakan untuk menyembunyikan file dan folder di hp. Anda juga bisa menggunakan aplikasi lainnya, karena ada banyak sekali aplikasi kunci folder dan file yang dapat di download secara gratis di google play store.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi google play store.
  2. Searching dengan kata kunci “Folder Lock” maka akan muncul semua aplikasi pengunci folder dan file yang dapat anda install.
  3. Namun, disini saya memilih untuk menginstall aplikasi bernama “Folder, File & Gallery Locker” buatan FolderVault.
  4. Langkah selanjutnya install aplikasi Folder Lock. Jika sudah, buka aplikasi tersebut.
  5. Langkah selanjutnya silahkan beri izin jika diminta dan mengatur PIN folder lock anda.
  6. Klik tanda tambah untuk mencari  folder yang filenya ingin di sembunyikan.
  7. Klik Lock Folder dan cari folder yang ingin dikunci.
  8. Jika sudah temukan, pada bagian bawah aplikasi silahkan klik LOCK “Nama Folder” Anda.
  9. Jika setuju ingin disembunyikan klik OK, maka secara otomatis seluruh file dalam folder tersebut akan disembunyikan.

Itulah artikel tentang 2 Cara Menyembunyikan Folder di HP Dengan Mudah. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda yang bingung mencari cara menyembunyikan file di hp android dan hp lainnya. Mungkin itu saja pembahasan dari saya, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali diartikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


skincare sunblock

Iklan Tengah Artikel 2

Shopee Promo Gratis Ongkir

Iklan Bawah Artikel

Shopee Promo Gratis Ongkir

Kemeja Wanita Casual Polos Jumbo Lengan Panjang