10 Cara Memperbaiki HP Yang Layarnya Hitam Blank Tapi Hidup

10 Cara Memperbaiki HP Yang Layarnya Hitam Blank Tapi Hidup. Pernakah anda mengalami hal yang menjenkelkan seperti layar hp secara tiba-tiba menjadi hitam atau blank.

Hal ini tentu membuat anda kesal, ditampah lagi jika situasinya sedang genting atau lagi ada tugas penting. Fenomena ini sering disebut sebagai Black Screen.

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang 26 Cara Memperbaiki Black Screen. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memfokuskan pembahasan pada kasus hp android.

Penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki layar hitam (Black Screen) pada hp android anda. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya, simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Namun sebelum ini, berikut ini adalah beberapa penyebab yang mungkin mengakibatkan layar hp anda menjadi black screen. Kabel koneksi layar LCD yang mungkin longgar, terjadi kesalahan sistem, anda baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompetibel, mengisi daya terlalu berlebihan, cache aplikasi yang penuh dan perlu dibersihkan, hingga hp anda terkena panas yang ekstrem (seperti meninggalkannya di dalam mobil yang panas.

Mengetahui penyebab layar hitam akan sangat penting, karena anda bisa tahu bahwa hp anda black screen karena kesalahan sistem buka kerusakan LCD atau Baterai, sehingga solusi dibawah ini dapat diterapkan.


10 Cara Memperbaiki HP Yang Layarnya Hitam Blank Tapi Hidup

Tahukah anda bahwa ada beberapa solusi yang dapat anda coba untuk meperbaiki hp yang layarnya hitam atau dikenal dengan black screen. Nah, kebetulah sekali pada kesempatan kali ini saya telah merangkum 10 solusi yang dapat anda coba untuk mengatasi layar hitam pada hp android.

10 Cara Memperbaiki HP Yang Layarnya Hitam Blank Tapi Hidup

Beberapa solusi dibawah ini berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa lainnya saya dapat dari sumber-sumber terpercaya di internet. Oleh kerana itu, jika anda tidak memiliki kemampuan untuk melakukan beberapa solusi dibawah ini, maka serahkan kepada ahlinya atau tempat service.

Catatan: Solusi ini hanya dapat mengatasi hp anda yang mengalami black screen akibat gagal sistem atau error pada aplikasi dan perangkat lunak lainnya. Buka diakibatkan oleh kerusakan perangkat kerat seperti kerusakan LCD atau baterai hp. Jika terjadi kerusakan pada LCD atau Baterai maka anda hanya bisa menyerahkan ke ahlinya saja atau tempat service.

Jika penyebab layar hitam atau black screen adalah kesalahan sistem maka anda bisa mengikuti beberapa solusi dibawah ini untuk mengatasinya. Semoga solusi ini dapat membantu, terimakasih.


1. Cek Keadaan Tombol

Langkah pertama adalah anda harus memastika tombol pada hp anda tidak macet, terutama tombol power. Pastikan semua tombol tersebut tidak tertutup oleh kotoran atau lainnya hal ini dapat membuat tombol-tombol tersebut menjadi macet atau tidak maksimal saat ditekan.

Caranya dengan coba menekan tombol tersebut, jika tombol-tombol tersebut saat ditekan dan dilapas tombol bebas bergerak maka tidak menjadi masalah.

Jika ditekan dan dilapas, tombol tetap diam, maka kemungkinan tombol macet yang membuat tetap dalam kondisi ditekan sehingga mengakibatkan layar menjadi terlihat hitam.

Bersihkan tombol yang macet dengan hati-hati, kemudian restart hp anda untuk memulihkan seluruih kondisi hp.


2. Cek Dan Bersihkan Port Pengisian Daya

Dalam beberapa kasus, Layar Hitam (Black Screen) pada layar hp android disebabkan oleh daya baterai yang benar-benar kosong. Hal ini disebabkan oleh hp anda yang tidak dapat mengisi daya saat dicas.

Debu dan kotoran yang menempel di port pengisian daya, lama kelamaan membuat port tersebut membuat hp anda tidak bisa di cas atau tampak mengisi namun tidak optimal. Sehingga penting bagi anda untuk memeriksa dan membersigkan port tersebut.

Anda bisa membersihkan debu dan kotoran pada port pengisian daya dengan cara meniup atau membersihkan secara perlahan dan hati-hati menggunakan tusuk gigi.

Cobalah untuk mengeluar kotoran dan debu apapun yang menempel disana. Setelah anda benar-benar membersihkan port tersebut, silahkan anda mulai cas hp anda selama kurang lebih 10 menit. Jika daya sudah cukup silhakan hidupkan hp anda.


3. Tunggu Baterai Benar-Benar Habis dan HP Mati

Layar HP yang hitam bisa disebabkan oleh program yang sedang berjalan namun sedang loading ditempat atau error. Sehingga cara mengatasinya adalah dengan menunggu baterai benar-benar habis sehingga hp akan mati, setelah itu cas hp anda minimal 10 menu dan pastikan daya hp cukup. Kemudian hidupkan kembali hp anda sabagaimana biasanya.


4. Mematikan Paska HP

Penyebabnya hampir sama dengan yang ketiga dimana terdapat kesalahan pada sistem yang membuat hp anda tetap dalam keadan loading yang berkepanjangan dan menyebabkan layar hp tetap dalam keadaan blank bahkan hitam.

Cara mengatasinya dengan mematikan paksa hp tersebut dengan benar dan hati-hati. Hal ini perna saya alami sebelumnya dimana hp blank dan layar hp hitam. Dengan menekan tombol dan tahan tombol power (atau mati paksa) sehingga hp otomatis mati dan hudup ulang.


5. Menekan Layar LCD dengan Lembut

Layar hitam pada LCD hp android juga dapat disebabkan oleh koneksi yang longgar. Terutama jika anda melihat ada bagian LCD yang terangkat, bisa diakibatkan oleh jatuh dan lainnya. Oleh karena itu, cobalah untuk menekan dengan lembut layar LCD agar bisa kembali rapat. Dengan terhubungnya koneksi LCD secara normal maka dapat mengembalikan fungsi LCD anda sehingga menampilkan gambar seperti biasanya.


6. Daya HP Benar-Benar Kosong

Kejadian berikutnya saya penar alami, dimana saya bermain hp hingga daya baterai benar-benar habis. Saat saya mengecas, layar hp tetap blank hitam dan tidak menunjukkan kalau hp sedang di cas. Hal ini tentu saja membuat saiapa saja akan merasa panik dan heran.

Kemudian saya tidak tau harus melakukan apa, saya biarkan hp tersebut di cas selama kurang lebih 1 jaman. Hasilnya layar hp kembali menujukkan proses pengisi baterai ditandai dengan munculnya icon pengisian daya.

Kemungkinan hal ini bisa terjadi di hp anda, maka dari itu cobalah untuk menggunakan cara ini.


7. Cabut Baterai

Jika baterai hp anda dapat dicabut dan bukan baterai tanam, maka anda bisa mencoba untuk mencabut baterai tersebut. Namun, jika anda tidak bisa atau tidak tau cara mencabutnya maka silahkan minta orang yang profesional atau tempat service. Karena jika salah mencabut dan terlalu kasar maka bisa berakibat fatal. Setelah mencabutnya, silahkan tunggu 1 menit atau lebih dan pasang kembali. Jika tidak ingin mencabutnya silahkan anda coba untuk merestart paksa hp tersebut agar di muat ulang.


8. Jika Anda Menggunakan HPSamsung

Tahukan anda bahwa hp samsung memiliki sebuah layanan samsung smart switch. Dengan memanfaatkan layanan tersebut maka anda bisa menghubungkan hp samsung ke laptop arau komputer. Setelah berhasil terhubung maka anda bisa dengan leluasa mendapatkan akses, melakukan reboot atau bahkan mencadangkan hp anda.


9. Hidupkan HP Anda dan Masuk ke Safe Mode

Dengan masuk ke hp menggunakan safe mode maka anda bisa mengarahkan hp anda untuk melakkan restar, menghapus cache dan lainnya yang dapat membantu anda dalam memperbaiki masalah hp Blank Layar Hitam.


10. Reset Data Pabrik

Jika memungkin anda untuk melakukan Reset Data Pabrik melalui Safe Mode atau lainnya saat layar hp Blank Hitam. Maka anda bisa mencoba untuk melakukan Reset Data Pubrik. Hal ini akan mengembalikan fungsi hp anda ke settingan pubrik sehingga semua error atau masalah pada hp akan teratasi. Namun, yang penting sebelum melakukan reset data pubrik adalah backup atau mencadangkan terlebih dahulu hp anda, agar semua data penting bisa aman.

Itulah artikel tentang 10 Cara Memperbaiki HP Yang Layarnya Hitam Blank Tapi Hidup. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda yang mengalami layar hitam pada hp android. Jangan lupa juga untuk follow blog ini untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih telah berkunjung ke gammafisblog.com dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel