Penyebab HP Layar Hitam dan Cara Memperbaiki Black Screen

Penyebab HP Layar Hitam dan Cara Memperbaiki Black Screen. Apa ekspresi anda jika hp anda satu-satunya layarnya menjadi hitam secara tiba-tiba. Anda mencoba otak-atik sana sini namun hasinya nihil. Hal ini tentu akan membuat anda sedikit merasa sedih.

Tahukah anda apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mebahas beberapa penyebab hp tiba-tiba layar menjadi hitam dan blank.


Tanda Layar HP Android Diakibatkan Oleh Masalah Sistem

Layar Hitam pada hp android dibagi menjadi dua penyebab, pertama disebabkan oleh kerusakan pada hardware (perangkat keras) sepert LCD dan Baterai. Kedua disebabkan oleh error pada sistem atau aplikasi yang terinstal di hp android anda.

Jika kerusakan pada hardware maka yang dapat anda lakukan adalah membawanya ketempat service. Karena anda harus menggati perangkat yang rusak tersebut.

Namun, jika kerusakan pada software seperti kegagalan sistem atau error akibat aplikasi maka anda bisa mencaoba untuk mengatasinya sendiri terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa hp anda mengalami layar hitam akibat kerusakan atau error pada sistem dan aplikasi:

  1. Lampu indikator pada hp anda dapat menyala atau berkedip, namun layar tetap hitam atau tidak berfungsi.
  2. Anda tetap dapat menggunakan hp tersebut dengan menekan menu atau aplikasi yang anda telah hafal tempatnya. Kemudian hal ini memberikan respon atau mendengar suara namun layar hp tetap hitam.
  3. Terdapat nada dering atau suara saat ada pemberitahuan atau telepon. Namun, layar hp tetap dalam kondisi gelap atau hitam.

Nah, jika anda mendapatkan salah satu dari tanda diatas, atau anda lainnya yang menandakan bahwa hp anda masih berfungsi normal. Maka ada kemungkinan kerusakan terjadi pada perangkat lunak atau koneksi lcd yang longgar. Berikut ini adalah beberapa penyebab layar hp anda menjadi hitam.


Penyebab HP Layar Hitam dan Cara Memperbaiki Black Screen

Penyebab HP Layar Hitam dan Cara Memperbaiki Black Screen

Sebelum mencari solusi untuk memperbaiki hp layar hitam maka terlebih dahulu anda mengetahui apa penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab hp android anda black screen (layar hitam).

  1. Penyebab pertama adalah kabel koneksi LCD hp anda kemungkinan longgar. Sehingga anda harus memastikkanya dan mengencangkannya.
  2. Penyebab berikutnya adalah terjadi kesalahan pada sistem hp anda. Solusinya adalah anda harus mencoba restar hp baik dengan cara biasa atau dengan cara paksa hingga mencoba untuk melepas baterai jika anda bisa melakukkanya tanpa merusak hp.
  3. Kesalahan dalam menginstal aplikasi, dimana anda telah meninstal aplikasi yang tidak kompetibel dan tidak sesuai dengan spesifikasi hp anda. Hal ini tentu akan memicu terjadinya error atau gagal pada sistem. Solusinya dengan mencoba untuk melakukan restert hp anda.
  4. Terlalu berlebihan dalam mengisi daya. Saat mengecas terlalu lama.
  5. Memori cache aplikasi yang anda jalankan dan mengakibatkan layar hp black screen kemungkina telah penuh.
  6. Anda menyimpan hp ditempat yang terkena panas yang berlebih sehingga membuat hp menjadi overheat. Sehingga hp akan langsung mati walaupun anda mencoba untuk menghidupkannya. Cobalah untuk membiarkan hp tersebut dingin terlebih dahulu, namun jangan menaruhnya ditempat pendingin. Cukup diruang suhu ruangan saja. Setelah suhu normal, cobalah untuk menghidupkan atau mematikan dengan paksa lalu hidupkan kembali.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel berikut ini: 10 Cara Memperbaiki HP Yang Layarnya Hitam Blank Tapi Hidup.

Itulah artikel tentang Penyebab HP Layar Hitam dan Cara Memperbaiki Black Screen. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda yang mengalami layar hitam pada hp android. Jangan lupa juga untuk follow blog ini untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih telah berkunjung ke gammafisblog.com dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel