2 Cara Mengubah Angka Ke Persen di Excel Dengan Mudah

2 Cara Mengubah Angka Ke Persen di Excel Dengan Mudah. Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang sangat populer digunakan untuk mengolah dan visualisasi data. Karena excel memiliki banyak fungsi dan operasi matematik yang bisa mempermudah proses pengolahan data. Format daya yang dimiliki excel juga sangat banyak seperti format data integer, desimal, persentasi, mata uang dan masih banyak lagi.

Namun, pertanyaanya bagaimana cara mengubah format data di excel. Atau bagaimana cara mengubah angka ke persen, desimal, persentasi, mata uang dan lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada anda tentang bagaimaka cara mengubah data ke persen di excel dengan mudah.

Ada dua cara mengubah data ke format persen (%) di excel yang saya tau. Namun, cara yang peling tepat adalah dengan mengubah format data menjadi persen menggunakan fitur yang telah disediakan. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya maka simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.


2 Cara Mengubah Angka Ke Persen di Excel Dengan Mudah

Mengubah nilai ke persen di excel sangat mudah dan simpel. Hal ini dikarenakan excel telah menyediakan fitur khusus bagi anda untuk mengubah format sebuah data. Baik mengubah ke dalam format mata uang, tanggal hingga persen juga tersedia.

Baca Juga: Cara Agar Tulisan Di Excel Tidak Memanjang Ke Samping

Oleh karena itu, anda tidak perlu lagi pusing-pusing mencari cara mengubah angka di excel menjadi bentuk persen. Karena di artikel ini saya akan membahasnya secara lengkap kepada anda beserta contoh kasusnya.


Cara 1. Mengubah Angka ke Persen Menggunakan Format Cell

Cara pertama untuk mengubah angka ke persen adalah menggunakan fitur format cell. Nah, bagaimana caranya, langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Langkah pertama silahkan olah data anda sesuai kebutuhan. Sebagai contoh saya mengolah data presentasi jumlah mahasiswa laki-laki dan peremuan di sebuah kelas.
  2. Rumus presentasi jumlah laki-laki  secara matematik adalah

Mengubah Angka ke Persen Menggunakan Format Cell

  1. Namun, di excel anda tidak perlu lagi di kali dengan 100%. Karena excel memiliki fitur yang berfungsi untuk mengubah format angka general ke format presentase.
  2. Caranya blok seluruh cell yang ingin diubah menjadi format persentase.
  3. kemudian klik kanan dan pilih format cell.
  4. Pada bagian format cell pilih percentage.
  5. Atur decimal place atau anggka di belekang koma menjadi 1,2,3 atau sebanyak yang anda inginkan.
  6. Jika sudah klik OK.
  7. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

2 Cara Mengubah Angka Ke Persen di Excel Dengan Mudah


Cara 2. Mengubah Angka ke Persen

Namun jika anda tetap ingin mengalikannya dengan 100%, maka anda bisa menggunakan kode dibawah ini agar di belakang angka tetap adalah lambang persen (%).

  1. =(B2/B4)*100 & "%" Atau =(Angka) & “%”
  2. Contoh Angka = 50, maka =(50) & “%” di excel menjadi 50%.
  3. Jika angka 50 ada di cell A1, maka =A1 & “%” di excel menjadi 50%.

Mengubah Angka ke Persen

Bahaya: Kelemahan cara kedua atau menggunakan rumus =(Angka) & “%” adalah data yang dihasilkan berupa data dengan format teks, sehingga ketika anda ingin menjumlahkan hasilnya Nol (0). Oleh karena itu, cara yang tepat adalah menggunakan cara yang pertama.

Baca Juga: 11 Cara Menghilangkan Rumus di Excel 100% Berhasil dan Mudah

Itulah artikel tentang Cara Mengubah Angka Ke Persen di Excel. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Dengan informasi ini maka anda bisa menggunakan excel untuk Menghitung Diskon di Excel dengan mudah.

Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda, agar mereka juga tau bagaimana cara mengubah nilai atau data di excel menjadi persen.

Jangan lupa juga untuk follow blog ini agar kami lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya.

Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih telah berkunjung ke gammafisblog.com dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


flash sale serba seribu shopee

Iklan Tengah Artikel 2

Shopee Promo Gratis Ongkir

Iklan Bawah Artikel

shopee.co.id

Kemeja Wanita Casual Polos Jumbo Lengan Panjang