Cara Agar Tulisan Di Excel Tidak Memanjang Ke Samping

Cara Agar Tulisan Di Excel Tidak Memanjang Ke Samping. Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk mengolah data serta memvisualisasikan data tersebut dalam bentuk grafik atau diagram. Saat membuat dan mengolah data di excel, biasanya kita menulis teks sebagai judul kolom data. Tidak jarang judul kolom data tersebut terlalu ter lalu panjang sehingga akan tidak terlihat dan terpotong saat ada data di kolom sebelahnya.

Melebarkan lebar cell merupakan salah satu solusi untuk teks yang panjang. Akan tetapi jika tulisan tersebut terlalu panjang maka kolom data tersebut akan tampak kurang bagus. Lantas bagaimana cara agar tulisan di Microsoft Excel tidak melebar ke samping. Aplikasi Microsoft Excel pada dasarnya telah menyediakan fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengatur tulisan sesuai dengan lebar cell yang Anda inginkan.

Fitur ini tentu saja sangat bermanfaat untuk Anda agar tulisan di excel tidak melebar ke samping. Namun, pertanyaan berikutnya adalah fitur apa yang bisa Anda gunakan agar tulisan tidak melebar ke samping di excel. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi informasi tersebut kepada Anda. Jika Anda penasaran bagaimana caranya simak pembahasan lengkap berikut ini.

Baca Juga: Cara Membuat Tulisan ke Bawah di Excel dengan Mudah


Cara Agar Tulisan Di Excel Tidak Memanjang Ke Samping

Saat menulis teks di microsoft excel terkadang tulisan tersebut terlalu panjang ke samping dan tidak bagus dilihat jika kita melebarkan lebar cell sesuai dengan panjang tulisan. Sehingga Anda perlu mengatur tulisan tersebut agar tidak memanjang ke samping atau dalam artikel membuat tulisan melebar ke bawah.

Microsoft Excel telah menyediakan salah satu fitur yang dapat Anda gunakan agar tulisan lebar ke bawah. Wrap Text merupakan fitur yang dapat Anda gunakan agar tulisan di excel menjadi alinea baru saat melebihi lebar cell. Saat Anda mengaktifkan fitur tersebut pada sebuah cell maka secara otomatis tulisan atau teks dalam cell akan menyesuaikan lebar cell dan akan memang ke bawah. Nah, bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut dan dimana lokasinya simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan tulis kata atau teks pada salah satu cell yang Anda inginkan.
  2. Atur lebar cell sesuai yang Anda inginkan.
  3. Langkah selanjutnya block cell tersebut.
  4. Pada menu home silahkan Anda klik fitur “Wrap Text”. Maka secara otomatis semua tulisan yang memanjang ke samping akan ke bawah menyesuaikan lebar cell yang telah Anda atur pada langkah 2. Lakukan hal yang sama untuk tulisan lainnya.
  5. Selanjutnya Anda bisa mengatur jenis dan ukuran font serta rata tengah, kiri, kanan atau keduanya. Anda juga bisa menambahkan border pada cell jika diperlukan.
  6. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini.
Cara Agar Tulisan Di Excel Tidak Memanjang Ke Samping


Manfaat Fitur Wrap Text

Wrap Text adalah salah satu fitur yang sangat bermanfaat di Microsoft Excel. Berikut adalah beberapa manfaat dari fitur tersebut.

  1. Membuat tulisan tidak melebar ke samping.
  2. Membuat tulisan pas sesuai lebar teks.
  3. Membuat tulisan menjadi rapi dan tidak terlalu memanjang, serta menyesuaikan dengan lebar data. 

Baca Juga: Cara Memisahkan Isi Sel Menjadi Beberapa Baris di Excel

Itulah artikel tentang Cara Agar Tulisan Di Excel Tidak Memanjang Ke Samping. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan seputar microsoft excel, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui dasar-dasar menggunakan microsoft excel untuk pemula. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Agar Tulisan Di Excel Tidak Memanjang Ke Samping"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel