Cara Mengubah Derajat ke Radian di Microsoft Excel

Cara Mengubah Derajat ke Radian di Microsoft Excel. Jika anda bertanya “How to Convert Degrees to Radians in Microsoft Excel?” Maka jawabannya sangat mudah. Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang sangat populer digunakan untuk mengolah data.

Excel memiliki fungsi khusus untuk mengubah besar sudut derajat ke radian (rad). Fungsi yang dapat mengubah nilai derajat yaitu mengubah dari derajat menjadi radian adalah RADIANS(angle). Dengan fungsi tersebut maka anda bisa mengubah besaran sudut menjadi rad.

Contoh ketika anda ingin tau berapa nilai radian dari sudut 30 derajat. Maka anda bisa mengubahnya dengan rumus RADIANS(30) dan hasilnya 0,524 rad. Atau anda bisa mencarinya dengan rumus besar sudut dikali pi() dan dibagi dengan 180, maka untuk sudut 30 derajat hasilnya akan sama yaitu 0,524 rad.


Cara Mengubah Derajat ke Radian di Microsoft Excel

Ketika sekolah, baik saat SMP atau SMA tentu anda akan bertemu dengan istilah derajat dan radian. Dimana anda akan belajar bagaimana cara mengubah satuan derajat ke radian atau sebaliknya dari radian menjadi sudut. Berikut ini adaah rumus matematik dan rumus di excel untuk mengubah besaran sudut menjadi radian.

Cara Mengubah Derajat ke Radian di Microsoft Excel

Dari dua rumus diatas maka anda bisa mencari atau mengubah satuan derajat menjadi rasian. Baik menggunakan rumus matematika yaitu dengan mengalikan besar sudut dengan pi()/180 atau dengan menggunakan fungsi di excel radians(angle). Hasilnya akan tetapi sama. Namun, cara kedua akan lebih simpel dibadingkan dengan cara kedua. Kalau menurut anda bagaimana?

Baca Juga: Cara Mengubah Radian ke Derajat di Microsoft Excel

Satuan sudut dalam pelajaran gerak melingkar biasanya menggunakan satuan radian.  Sehingga ketika kita ingin mencari kecepatan sudut, percepatan sudut dan posisi sudut umumnya besaran sudut dalam satuan radian (rad).


Contoh Mengubah Derajat ke Radian di Excel

Ubah satuan sudut derajat ke radian di excel.

45 derajat = ... Rad

Jawab:

Cara 1: Menggunakan rumus =RADIANS(angle)

=RADIANS(45) hasilnya adalah 0,785 rad


Cara 2: Menggunakan rumus =sudut*pi()/180

=45*pi()/180 hasilnya juga sama yaitu 0,785 rad


Ingat ketika anda mengubah satuan sudut dari derajat menjadi radian maka jangan lupa untuk menaruh satuan rad. Misalkan mengubah sudut 45 derajat diatas. 45 derajat = 0,785 rad.

Untuk menambahakan satuan rad di hasil perhtingan tersebut maka anda bisa mebaca artikel saya sebelumnya yang berjudul “Cara Menambahkan Satuan Juta, Ribu, CM, KG, JAM Di Angka Excel”. Dari artikel itu, ubah kata juta menjadi rad. Maka di excel nantinya secara otomatis akan muncul satuan rad.

Itulah artikel tentang Cara Mengubah Derajat ke Radian di Microsoft Excel. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman teman anda yang ingin tau cara convert derajat ke radian di excel dengan mudah.

Mohon bantuannya juga untuk follow blog ini agar saya bisa lebih semangat membuat artikel lainnya. Ingat Follow blog ini gratis, anda hanya perlu klik tombol ikuti blog, maka saya ucapkan terimakasih atas kebaikan anda dan telah berkunjung di artikel www.gammafisblog.com. Semoga kedepan kita bisa bertemu di artikel menarik lainnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


skincare sunblock

Iklan Tengah Artikel 2

Shopee Promo Gratis Ongkir

Iklan Bawah Artikel

Shopee Promo Gratis Ongkir

Kemeja Wanita Casual Polos Jumbo Lengan Panjang