Cara Mengubah Radian ke Derajat di Microsoft Excel

Cara Mengubah Radian ke Derajat di Microsoft Excel. Jika anda bertanya “How to Convert Radians to Degrees in Microsoft Excel?” Maka jawabannya sangat mudah. Karena microsoft telah menyediakan sebuah fungsi khusus yang dapat anda gunakan baik untuk mengubah dari radian menjadi sudut atau derajat, anda juga bisa mengubah derajat ke radian di excel.

Fungsi yang dapat mengubah nilai radian yaitu mengubah dari radian menjadi derajat adalah DEGREES(). Dengan fungsi ini maka anda bisa mengubah nilai radian berapa saja yang anda inginkan menjadi nilai sudut. Misalkan anda ingin mengetahui nilai 2 radian dalam sudut berapa, 3 radian itu berapa derajat dan seterusnya.


Cara Mengubah Radian ke Derajat di Microsoft Excel

Nilai radians juga dapat menyatakan jumlah putaran, misalkan jika sebuah benda berputar 1 putaran penuh maka nilainya sama dengan 2*pi() radian. Maka 0.6 putaran adalah 0.6*2*pi() radian atau 1,2*pi() radian. Kemudan kita ingin mengetahui berapa sih nilai sudut yang dibentuk ketika sebuah benda hanya berputar sebesar 0.6 putaran saja atau 1,2*pi() radian. Nah, untuk mengetahuinya maka kita dapat menggunakan fungsi DEGREES() di excel.

Cara Mengubah Radian ke Derajat di Microsoft Excel

Perhatikan rumus Excel =DEGREES(angle), angle disini adalah nilai radian yang ingin anda convert menjadi sudut atau angle. Oleh karena itu, jika anda ingin mencari nilai sudut dari 2 radian maka rumus di excel menjadi =DEGREES(2), maka hasilnya adalah 114,5916 derajat.


Apa itu Radian?

Radian adalah sebuah satuan sudut dalam bidang yang dilambangkan dengan “rad”. Radian menyatakan nilai besarnya sudut yang dibentuk oleh dua buah jari-jari lingkaran dengan panjang R (wikipedia).

Misalkan seperti contoh pada gambar diatas, jika sudut yang dibentuk oleh dua buah jari-jari adalah 57,296 derajat maka dalam satuan radian besarnya adalah 1 rad. Atau sebaliknya, 1 rad sama dengan 1*180/pi() atau 57,296 derajat.

Sehingga ketika anda ingin mencari besar sudut dari nilai radian tertentu bisa menggunakan dua cara yaitu: =DEGREES(angle) atau =nilai_rad*180/pi().

Contohnya:

3 rad = .... derajat

Jawabannya:

=DEGREES(3) hasilnya adalah 171,887

Sama hasinya jika anda menggunakan rumus

=nilai_rad*180/pi()

=3*180/pi() hasilnya juga 171,887

Itulah artikel tentang Cara Mengubah Radian ke Derajat di Microsoft Excel. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman teman anda yang ingin tau cara convert radian ke derajat di excel dengan mudah.

Mohon bantuannya juga untuk follow blog ini agar saya bisa lebih semangat membuat artikel lainnya. Ingat Follow blog ini gratis, anda hanya perlu klik tombol ikuti blog, maka saya ucapkan terimakasih atas kebaikan anda dan telah berkunjung di artikel ini. Semoga kedepan kita bisa bertemu di artikel menarik lainnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


skincare sunblock

Iklan Tengah Artikel 2

Shopee Promo Gratis Ongkir

Iklan Bawah Artikel

Shopee Promo Gratis Ongkir

Kemeja Wanita Casual Polos Jumbo Lengan Panjang