Cara Mengubah Derajat Desimal Menjadi Derajat Menit Detik Di Excel

Cara Mengubah Derajat Desimal Menjadi Derajat Menit Detik Di Excel. Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan nilai sudut baik dalam bilangan bulat atau desimal contohnya 45,50 derajat. Namun, bagaimana jika anda diminta untuk menulis nilai derajat desimal dalam bentuk derajat menit detik. Atau anda diminta untuk convert nilai tersebut ke derajat menit detik.

Sejatinya di excel belum ada fungsi untuk mengbuah nilai derajat desimak ke bentuk derajat menit detik seperti mengubah derajat ke radian atau dari radian ke derajat. Lalu bagaimana cara mengubahnya ke dalam bentuk derajat menit detik. Contoh mengubah nilai 40,21° dalam bentuk derajat menit detik adalah 40° 12' 36''.

Untuk mengubah menjadi derajat menit detik perlu sedikit trik, yaitu kita menggunakan fungsi INT() dan ROUND() di excel untuk membedakan nilai derajat menit dan detik. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya, simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Mengubah Derajat Desimal Menjadi Derajat Menit Detik Di Excel

Cara mengubah satuan derajat desimal menjadi satuan derajat menit detik di excel sangat mudah. Disini saya menggunakan beberapa fungsi di excel yang sangat berguna untuk memisahkan antara bagian derajat, menit dan detik menggunakan selisih antara nilai desimal dengan nilai integer dari nilai itu sendiri. Maka dari itu fungsi yang digunakan adalah fungsi INT(), ROUND() di excel dan operasi pengurangan, sangat simpel bukan?.

Fungsi ROUND adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk membulatkan nilai di excel. Berbeda dengan fungsi INT yang hanya mengambil nilai integer dari sebuah bilangan desimal, fungsi round akan membulatkan nilai ke atas atau kebawah sesuai dengan kaidah pembuatan.

Contoh perbedaan fungsi INT dan Round adalah sebuah bilangan 3,9 akan menghasilan nilai 3 jika menggunakan INT(3,9) sedangkan jika menggunakan ROUND(3,9;0) akan dibulankan menjai 4, hal ini sesuai dengan kaidah pembulatan. Titik koma nol (;0) pada fungsi ROUNT(...;0) artinya dibulatkan dengan nol angka dibelakang koma atau dibuatkan menjadi bilangan bulat.

Artinya fungsi INT hanya mengabil nilai integer dari sebuah bilangan desimal tanpa memperhatikan nilai dibelakang koma, sedangkan ROUND akan membulatkan nilai desimal ke atas atau kebawah menggunakan aturan pembulatan.

Selanjutnya kita juga membutuhkan lambang & untuk menggabungkan antara nilai derajat menit dan detik serta lambang derajat dan tanda petik satu-dua untuk satuan derajat menit dan detik. Nah, jika anda penasaran bagaimana rumusnya, simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Convert Derajat Desimal Menjadi Derajat Menit Detik Di Excel

Berikut adalah rumus untuk mengubah derajat desimal ke derajat menit detik di excel.

Contohnya nilai derajat desimal berada di CELL A3. Jika di C4 maka ganti A3 menjadi C4.

=INT(A3)&"° "&INT(60*(A3-INT(A3)))&"' "&ROUND(((((A3-INT(A3))*60)-INT((A3-INT(A3))*60))*60);0)&"''"

Awas ERROR Perhatikan rumus ROUND bagian akhir ada pemisah yaitu titik koma ROUND(...;0). Saya menggunakan excel 2016 dan pemisahnya adalah titik koma (;) untuk excel versi lainnya pemisahnya ada yang menggunakan koma saja (,) jadi rumusnya ROUND(...,0).

ROUND(((((A3-INT(A3))*60)-INT((A3-INT(A3))*60))*60),0)

Maka rumusnya menjadi:

=INT(A3)&"° "&INT(60*(A3-INT(A3)))&"' "&ROUND(((((A3-INT(A3))*60)-INT((A3-INT(A3))*60))*60),0)&"''"


Atau anda bisa download file excelnya untuk mencobanya sendiri. Download Derajat Menit Detik Di Excel.

Cara Mengubah Derajat Desimal Menjadi Derajat Menit Detik Di Excel


Berikut adalah beberapa informasi pentiny yang harus anda pelajari di excel.

  1. Cara Membuat Derajat Di Excel Menggunakan Superscript
  2. Cara Menambahkan Satuan Juta, Ribu, CM, KG, JAM Di Angka Excel dengan begitu maka anda bisa menambah satuan atau tanda petik satu dan dua untuk satuan menit dan detik pada gambar diatas. Dengan artikel tersebut maka anda bisa menggunakan custom format cell dengan kode 0"''" untuk satuan detik seperti pada gambar diatas dan kode #.###"'" untuk satuan menit, untuk satuan derajat #.##0,00"°". Untuk lebih paham klik link artikel kedua diatas.


Rumus-Rumus Convert Derajat Menit Detik

Contohnya nilai derajat desimal berada di CELL A3. Jika di C4 maka ganti A3 menjadi C4.

  1. =INT(A3) untuk mencari nilai derajat
  2. =INT((A3-INT(A3))*60) untuk mencari nilai menit
  3. =ROUND(((((A3-INT(A3))*60)-INT((A3-INT(A3))*60))*60);0) untuk mencari nilai detik.

Itulah artikel tentang Cara Mengubah Derajat Desimal Menjadi Derajat Menit Detik Di Excel. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman teman anda yang ingin tau cara convert derajat desimal menjadi derajat menit detik.

Mohon bantuannya juga untuk follow blog ini agar saya bisa lebih semangat membuat artikel lainnya. Ingat Follow blog ini gratis, anda hanya perlu klik tombol ikuti blog, maka saya ucapkan terimakasih atas kebaikan anda dan telah berkunjung di artikel www.gammafisblog.com. Semoga kedepan kita bisa bertemu di artikel menarik lainnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


skincare sunblock

Iklan Tengah Artikel 2

Shopee Promo Gratis Ongkir

Iklan Bawah Artikel

Shopee Promo Gratis Ongkir

Kemeja Wanita Casual Polos Jumbo Lengan Panjang