3 Cara Menghitung Umur Dalam Bulan Di Excel

3 Cara Menghitung Umur Dalam Bulan Di Excel. Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas bagaimana 2 Cara Menghitung Umur Di Excel Tahun Dan Bulan dimana anda bisa mengetahui umur seseorang hanya dengan memasukkan tanggal lahir lengkap dengan berapa bulan lebih umumnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar microsoft excel. Dimana fokus pembahasan adalah bagaimana menentukan rumus seseorang di excel dalam satuan bulan. Misalnya anda ingin mengetahui berapa bulan umur anda saat ini.

Untuk mengetahui umur dalam satuan bulan kita bisa menggunakan rumus atau fungsi yang telah disediakan. Apa saja fungsi atau rumus tersebut, simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


3 Cara Menghitung Umur Dalam Bulan Di Excel

Ada tiga cara yang dapat anda lakukan untuk menghitung umur seseorang dalam satuan bulan, yaitu menggunakan rumus DATEDIF, DAYS360 dan VALUE. Dengan ketiga rumus tersebut maka kita bisa mengetahui jumlah bulan dari saat lahir hingga saat ini atau tahun yang anda inginkan.

Cara Menghitung Umur Dalam Bulan Di Excel

Nah, apa rumus untuk menentukan umur di excel dan bagaimana cara menggunakannya, simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


1. Cara Menghitung Umur Dalam Bulan Di Excel Menggunakan DATEDIF

DATEDIF tersusun atas dua kata yaitu DATE yang artinya tanggal dan DIF singkatan dari DIFFERENT yang artinya perbedaan atau selisih. Sehingga, DATEDIF adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk melihat selisih antara dua tanggal tertentu yang kita input ke dalam fungsi tersebut.


1.1. Rumus DATEDIF di Excel

Cara menggunakan rumus DATEDIF adalah sebagai berikut:

  1. =DATEDIF(Star_date;End_Date;Perintah)
  2. =DATEDIF(Star_date,End_Date,Perintah)

Penjelasan Rumus:

  1. Bedanya kedua rumus diatas terletak pada pemisah perintah input. Yang pertama menggunakan titik koma dan yang kedua menggunakan koma saja. Hal ini bergantung pada versi Excel. Jika tidak bisa menggunakan rumus yang titik koma maka gunakan yang koma saja.
  2. Star Date: isi dengan tanggal lahir dalam format bulan/tanggal/tahun contoh: (1/25/1996) atau tanggal/bulan/tahun (25/1/1996). Untuk mengetahui format mana yang excel anda gunakan silahkan tulis rumus =TODAY() di salah satu cell dan enter, kemudian lihat format penulisan tanggal lahir yang diberikan.
  3. End Date: isi dengan tanggal hari ini atau tanggal tertentu yang anda inginkan. Jika ingin tahu umur dari saat lahir hingga tanggal saat ini maka isi End Date dengan fungsi TODAY().
  4. Perintah: pada bagian ini maksudnya adalah anda ingin mengetahui umur dalam satuan Bulan maka Isi dengan "M". Umur dalam satuan Tahun isi dengan "Y" dan jika ingin tahu beda tanggal bulan lahir hingga bulan saat ini isi dengan "YM".


1.2. Cara Menggunakan Rumus DATEDIF di Excel

Cara menggunakan rumus DATEDIF di excel sangat mudah, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Ingat rumus Dasar: =DATEDIF(Star_date;End_Date;Perintah)
  2. Misalkan anda ingin mengisi tanggal lahir di CELL A1 adalah 25 Januari 1995 yang ditulis dalam format 1/25/1995. Atau disesuaikan dengan format penulisan tanggal di Excel anda. Cara tahu format nya silahkan cek dengan menulis rumus =TODAY() di cell mana saja. Ikuti penulisan format tanggal yang diberikan.
  3. Kemudian pada CELL B2 isi dengan rumus =DATEDIF(A1;TODAY();"M"). Maka hasilnya adalah 331.
  4. Jika anda ingin ada satuan bulan maka ubah rumus-nya menjadi:
    =DATEDIF(A1;TODAY();"M") & " Bulan".
    Atau anda bisa menambahkan satuan bulan dengan cara mengubah format CELL. Baca artikel selengkapnya: Cara Menambahkan Satuan di Angka Excel


2. Cara Menghitung Umur Dalam Bulan Di Excel Menggunakan DAYS360

DAYS360 adalah rumus yang digunakan untuk menghitung selisih jumlah hari dari tanggal awal dan akhir yang di input.

=DAYS360(start_date;end_date;[method]).

Artinya kita membutuhkan tanggal awal (start_date), tanggal akhir (end_date) dan metode di isi dengan FALSE.

  1. Contoh data tanggal lahir ada di CELL A1. Penjelasan lengkap baca di cara pertama.
  2. Maka rumus-nya adalah
  3. =INT(DAYS360(A1;TODAY();FALSE)/30)
  4. Kenapa menggunakan rumus INT. Karena kita ingin melihat nilai bulan dalam bilangan bulat. Bukan dalam bilangan desimal atau koma pecahan.
  5. Kenapa dibagi dengan 30. Karena DAYS360 adalah fungsi untuk melihat selisih hari. Dan 1 bulan ada 30 hari maka untuk mengkonversi hari ke bulan dibagi dengan 30.
  6. Hasilnya adalah 331.
  7. Gunakan rumus:
    =INT(DAYS360(A1;TODAY();FALSE)/30) & " Bulan"
    Maka hasilnya ada satuan dalam bulan atau 331 Bulan.


3. Cara Menghitung Umur Di Excel Menggunakan VALUE

Value adalah fungsi yang digunakan untuk melihat nilai. Jadi jika kita menggunakan fungsi Value(tanggal_tertentu) maka akan memberikan hasil jumlah tanggal tersebut dalam hari.

Dengan melihat selisih jumlah hari tanggal hari ini terhadap jumlah hari pada tanggal lahir maka akan memberikan informasi umur seseorang dalam hari.

Untuk mengubahnya menjadi dalam satuan bulan maka kita harus mengkonversinya ke dalam satuan bulan. Bagaimana caranya, simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

=INT((VALUE(TODAY())-VALUE(C13))/30,42)

Dengan rumus diatas maka hasilnya adalah 331 Bulan.

Kenapa di bagi dengan 30,42. Nilai ini saya peroleh dari nilai rata-rata jumlah hari pada setiap bulannya: yaitu dengan menjumlahkan 5 bulan yang jumlah harinya 30 dan 6 bulan yang 31 serta 1 bulan yang 29 hari dibagi 12 diperoleh rata-rata 30,42.

Terus kenapa pada rumus DAYS360 hanya dibagi dengan 30 saja. Karena rumus DAYS360 melihat rata-rata jumlah hari dalam 1 bulan adalah 30 bisa dilihat dari 30 x 12 hasilnya 360 sehingga rumus nya adalah DAYS360.


Kesimpulan

Untuk menghitung jumlah umur dalam satuan bulan kita dapat menggunakan rumus DATEDIF, DAYS360 dan VALUE. Dimana rumus DATEDIF dapat secara langsung memberikan informasi umur dalam satuan bulan. Sedangkan rumus DAYS360 dan VALUE informasi yang diberikan adalah jumlah hari yang perlu konversi kembali ke satuan bulan dengan membagi jumlah umur dalam hari dengan jumlah rata-rata hari dalam satu bulan.

Itulah artikel tentang 3 Cara Menghitung Umur Dalam Bulan Di Excel. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda, agar mereka juga tau bagaimana cara mengetahui jumlah umur kita saat ini di microsoft excel dengan mudah dan cepat. Silahkan follow blog ini untuk mendapatkan informasi seputar Microsoft Excel secara lengkap. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


skincare sunblock

Iklan Tengah Artikel 2

Shopee Promo Gratis Ongkir

Iklan Bawah Artikel

Shopee Promo Gratis Ongkir

Kemeja Wanita Casual Polos Jumbo Lengan Panjang