Cara Menghapus Data di EXCEL Tanpa Menghapus Rumus Dengan Mudah Cepat

Cara Menghapus Data di EXCEL Tanpa Menghapus Rumus Dengan Mudah dan Cepat. Saat kita diminta untuk mengupdate data di Excel secara input manual dengan data yang baru terkadang kita sering keliru mana data yang sudah di update mana yang belum. Oleh karena itu, cara yang paling tepat untuk mengupdate data yang di input manual adalah dengan menghapus terlebih dahulu seluruh data tersebut agar lebih jelas. Karena cell yang belum di input kembali dengan data terupdate tentu akan terlihat kosong dan anda bisa dengan mudah mengetahuinya.

Saat kita ingin menghapus seluruh data di Excel, tentu saja kita tidak dapat melakukan nya dengan cara clear konten, karena cara ini tidak saja menghapus data namun juga akan menghapus seluruh rumus yang ada. Nah, pertanyaan bagaimana cara menghapus data di Excel tanpa harus menghapus rumus yang ada. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi caranya kepada anda dengan sangat mudah.


Cara Menghapus Data di EXCEL Tanpa Menghapus Rumus Dengan Mudah dan Cepat

Microsoft Excel telah menyediakan sebuah menu khusus yang dapat kita gunakan untuk menyeleksi cell data tertentu. Misalnya kita ingin menyeleksi cell yang format datanya number saja, teks saja atau Cell dengan format tertentu. Nama menu tersebut adalah Go To Special. Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan menu Go To Special untuk menghapus data di Excel tanpa menghapus rumus. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya silahkan simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi Microsoft Excel atau file yang ingin anda hapus datanya.
  2. Selanjutnya silahkan block seluruh Cell dengan klik tombol CTRL + A.
  3. Setelah itu, silahkan klik CTRL+G di keyboard lalu Klik Special, maka anda akan diarahkan ke halaman Go To Special.
  4. Pada halaman Go To Special, silahkan klik perintah atau menu Special dan hilangkan tanda centang pada Text. Perhatikan gambar dibawah ini.
  5. Klik OK, maka Excel akan menyeleksi selalu data nilai yang akan dihapus.
  6. Setelah itu klik tombol delete maka seluruh data akan terhapus namun rumusnya akan tetap ada.

Cara Menghapus Data di EXCEL Tanpa Menghapus Rumus Dengan Mudah dan Cepat


Fungsi Menu Go To Special

Fungsi lain dari menu Go To Special adalah untuk memisahkan data teks dan angka yang bercampur di satu kolom yang sama atau dalam satu baris. Dengan menu Go To Special maka kita bisa menyeleksi hanya data angka saja atau data huruf saja. Setelah kita bisa mengcopy data yang telah di seleksi ke kolom atau baris yang berbeda. Untuk pembahasan lengkapnya silahkan baca artikel berikut ini Cara Memisahkan Teks Dan Angka Di Excel Dalam Satu Kolom atau Baris.

Itulah artikel tentang Cara Menghapus Data di EXCEL Tanpa Menghapus Rumus Dengan Mudah dan Cepat. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara menghapus data yang telah di input di Excel tanpa harus menghapus rumusnya. Jangan lupa juga untuk follow blog ini agar anda bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar Microsoft Excel. Mungkin itu saja pembahasan kali ini akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel