Cara Menghapus Teks Sebelum Atau Sesudah Karakter Tertentu di Excel

Cara Menghapus Teks Sebelum Atau Sesudah Karakter Tertentu di Excel. Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk mengolah data perkantoran administrasi bahkan data penelitian. Saat kita diberikan atau mendapatkan data tertentu, terkadang ada beberapa data yang harus dihilangkan, untuk tujuan tertentu. Namun, yang perlu diperhatikan adalah umumnya data yang di input ke dalam excel adalah data yang memiliki pola tertentu.

Contohnya data tersebut memiliki pola pemisah antara data yang satu dengan data lainnya menggunakan karakter koma, titik dua atau lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara menghilangkan atau menghapus data tertentu di excel dengan memperhatikan pola karakter pemisah data.

Misalnya saja data tersebut memiliki pola pemisah antara nama, profesi atau jabatan dengan karakter atau tanda koma. Kemudian kita diminta untuk menghapus data profesi dan jabatan untuk menyisakan data nama saja. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya, maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Menghapus Teks Sebelum Atau Sesudah Karakter Tertentu di Excel

Tahukah anda bahwa excel mampu menghapus sebagian teks dari sebuah data teks dengan memperhatikan karakter tertentu sebagai patokan. Misalnya saja kita ingin menghapus data setelah atau sebelum tanda koma, titik dua, tanda titik koma atau karakter pemisah lainnya seperti trip. Maka kita bisa menggunakan menu Find & Replace.

Untuk menghapus teks setelah karakter tertentu seperti koma, maka kita bisa menambahkan tanda bintang setelah karakter tersebut. Untuk menghapus teks karakter tertentu maka silahkan gunakan menu Find & Replace kemudian beri tanda bintang sebelum karakter tertentu. Untuk menghapus teks setelahnya silahkan beri tanda bintang pada setelah karakter tersebut. Untuk lebih lengkapnya silahkan perhatikan langkah-langkah dibawah ini.

  1. Langkah pertama buka aplikasi Microsoft Excel atau File Excel yang berisi data yang ingin di Edit.
  2. Selanjutnya, perhatikan pola data yang ingin anda hapus. Misalnya anda ingin menghapus teks setelah karakter tertentu seperti (koma, titik dua, bintang, titik dan lainnya). Contohnya saja tanda koma.
  3. Selanjutnya silahkan tekan tombol CTRL + H di keyboard.
  4. Pada bagian Find What: isi dengan karakter atau simbol yang telah anda tentukan, misalnya tanda koma. Setelah tanda koma dan bintang setelahnya. Silahkan isi Find What dengan karakter (,*).
  5. Jika sudah, silahkan klik Replace untuk satu persatu dan Replace ALL untuk semuanya sekaligus.

    Cara Menghapus Teks Sesudah Karakter Tertentu di Excel

  6. Nah, jika anda ingin menghapus teks sebelum angka koma maka silahkan ubah urutan tanda bintang terlebih dahulu. Isi pada bagian Find What dengan tanda (*,).
  7. Jika sudah, silahkan klik Replace untuk satu persatu dan Replace ALL untuk semuanya sekaligus.

Cara Menghapus Teks Sebelum Karakter Tertentu di Excel

Itulah artikel tentang Cara Menghapus Teks Sebelum Atau Sesudah Karakter Tertentu di Excel. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda agar mereka juga mengetahui bagaimana cara mengubah huruf di excel menjadi huruf besar atau kapital. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya. Baca artikel mengenai dasar-dasar excel di halaman berikut: Microsoft Excel.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel