Cara Menghitung Jumlah Kata di Excel Dengan Mudah

Cara Menghitung Jumlah Kata di Excel Dengan Mudah. Saat anda diberikan sebuah data teks, terkadang anda diminta untuk mengolah data tersebut untuk mendapatkan jumlah kata pada setia data teks. Misalnya saja anda ingin memisahkan data antara data nama dengan tidak kata dan dua kata bahkan satu kata. Maka anda harus mengetahui jumlah kata pada setiap nama tersebut.

Secara manual, tentu anda akan bisa melihat secara langsung jumlah katanya dan langsung bisa menginput jumlah kata tersebut. Namun, jika jumlah datanya sangat banyak tentu akan sangat melelahkan anda. Nah, bagaimana cara mengetahui jumlah kata di microsoft excel dengan sangat mudah dan cepat. Pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya kepada anda. Simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Menghitung Jumlah Kata di Excel Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengetahui jumlah kata pada sebuah data teks di excel. Untuk menghitung dan mengetahui jumlah kata pada teks di excel maka kita bisa menggunakan fungsi LEN. Seperti yang telah saya bahas pada artikel yang berjudul Cara Menghitung Jumlah Karakter Huruf Di Excel. Fungsi LEN digunakan untuk tugas tersebut. Namun, fungsi LENT saja tidak bisa kita gunakan untuk mengetahui jumlah kata di Excel, perlu fungsi dan rumus lain. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya, maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Cara Menghitung Jumlah Kata di Excel Dengan Mudah

Rumus LEN Untuk Menghitung Jumlah Kata di Excel

=LEN(A1)-LEN(SUBSTITUTE(A1;" ";""))+1

  1. Fungsi LEN adalah fungsi yang digunakan untuk menghitung jumlah huruf dan karakter di excel termaksud dengan karakter spasi.
  2. Fungsi SUBSTITUTE adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk mengganti kata atau karakter tertentu yang kita inginkan.
  3. Jadi, dengan menggabungkan fungsi LEN dan SUBSTITUTE maka kita bisa mendapatkan jumlah kata di excel dengan sangat mudah dan cepat.
  4. Dengan fungsi LEN maka kita bisa mendapatkan jumlah seluruh karakter. Kemudian, Fungsi SUBSTITUTE digunakan untuk mengganti atau menghapus karakter spasi dengan karakter kosong. Artinya semua spasi dalam data tersebut akan dihilangkan.
  5. Dengan begitu maka terdapat selisih antara jumlah karakter awal dengan jumlah karakter akhir setelah karakter spasi dihapus. Dengan data selisih tersebut maka kita bisa tahu bahwa jumlah kata dalam data teks adalah selisih ditambah 1. Kenapa ditambah 1, karena sebelum kata pertama tidak ada spasi. Maka dari itu kita harus menambah satu untuk mengikut sertakan kata pertama.

Baca Juga: Cara Memisahkan Nama Depan Tengah Dan Belakang Di Excel Menggunakan Fungsi LEN

Itulah artikel tentang Cara Menghitung Jumlah Kata di Excel Dengan Mudah. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda, agar mereka juga mengetahui apa yang anda ketahui. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya. Untuk pembahasan mengenai Microsoft Excel lainnya silahkan klik link tersebut.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel