Cara Mengubah Jam ke Menit di Excel Dengan Mudah

Cara Mengubah Jam ke Menit di Excel Dengan Mudah. Jika anda memiliki ribuan data waktu dan anda diminta untuk mengubah data waktu tersebut ke satuan menit semuanya maka anda bisa melakukannya di excel. Karena excel merupakan aplikasi yang terdiri atas matriks kolom dan baris dan mampu menduplikasi rumus pada setiap cell secara dinamis.

Hal ini tentu anda membuat olah data di excel menjadi lebih efisien dan cepat. Anda hanya perlu menuliskan satu rumus dan menarik atau mencopy rumus ke seluruh cell maka semua data waktu dalam menit akan anda dapatkan.

Anda bisa mengolah kembali data waktu tersebut sesuai kebutuhan anda, anda juga bisa menginterpretasikan data ke dalam bentuk grafik, tabel atau diagram. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara convert jam ke menit di excel.

Hal ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang ingin tahu berapa meni waktu tempuh dari titik satu ke titik lainnya atau seberapa cepat sebuah objek menempuh jarak tertentu. Nah, jika anda penasaran bagaimana cara mengubah waktu jam ke menit, simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Mengubah Jam ke Menit di Excel Dengan Mudah

Untuk mengubah satuan jam ke menit di excel sangat mudah. Karena excel memiliki fungsi yang sangat lengkap dalam melakukan operasi matematik termaksud mengkonversi dari jam ke menit. Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang tiga fungsi penting dalam mengolah waktu di excel, yaitu fungsi HOUR, MINUTE dan SECOND.

Fungsi Hour adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil hanya nilai jam saja dari sebuah data waktu di excel, sedangkan MINUTE untuk mengambil menit dan SECOND untuk detik. Dengan memanfaatkan ketiga fungsi tersebut maka kita bisa mengubah satuan jam ke menit.

  1. Misalnya saja anda ingin mengetahui selisih perjalanan dari kota A ke kota B, jika perjalanan dimulai pukul 07:12:02 dan sampai pada pukul 21:15:20. Mungkin anda bisa melihat perbedaan dengan sangat mudah, namun dalam satuan menit dan detik akan sangat merepotkan jika harus hitung manual. Oleh karena itu anda bisa menghitung-nya menggunakan excel, terlebih lagi jika datanya sangat banyak.
  2. Langkah pertama silahkan masukkan data jam mulai perjalanan di salah satu cell, misalnya CELL A2, dan waktu sampai di Cell B2.
  3. Kemudian di Cell C2 anda bisa menulis rumus =B2-A2 untuk melihat selisih waktu.
  4. Selanjutnya convert selisih waktu pada cell C2 menjadi satuan menit di cell D2.
  5. Tuliskan rumus berikut ini di cell D2.

    =((HOUR(C2)*60)+MINUTE(C2)+(SECOND(C2)/60))

  6. Maka hasilnya adalah 843,3 Menit.

Cara Mengubah Jam ke Menit di Excel Dengan Mudah

Jika anda hanya ingin sampai pada satuan menit tanpa memperhitungkan detik maka rumusnya adalah =((HOUR(C2)*60)+MINUTE(C2). Itulah artikel tentang Cara Mengubah Jam ke Menit di Excel Dengan Mudah. Semoga apa yang saya bahas pada artikel kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Mohon bantuannya untuk share artikel ini, agar saya lebih semangat membuat artikel bermanfaat lainnya seputar Microsoft Excel. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel