Cara Mengubah Satuan Suhu di Excel Antara Celcius, Kelvin dan Fahrenheit

Cara Mengubah Satuan Suhu di Excel Antara Celcius, Kelvin dan Fahrenheit. Ketika anda mendapatkan tugas atau sebuah data suhu di Excel yang sangat banyak dan anda ingin mengolah data tersebut namun satuan suhu data tidak sesuai dengan satuan formula yang ingin anda gunakan. Misalnya saja satuan formula membutuhkan satuan suhu dalam satuan Kelvin bukan Celcius. Sehingga anda perlu mengubah satuan data suhu tertentu ke Kelvin.

Pertanyaan bagaimana cara mengubah satuan suhu di Excel. Tahukah anda bahwa Excel sejatinya telah menyediakan sebuah fungsi khusus yang digunakan untuk mengubah atau mengkonversi satuan. Dari satuan tertentu ke satuan lainnya. Nah, apa fungsi tersebut dan bagaimana cara menggunakan. Pada kesempatan kali ini akan saya jelaskan ke pada anda lengkap dengan langkah-langkah menggunakan satuan untuk konversi suhu di Excel. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya maka ikutilah pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Mengubah Satuan Suhu di Excel Antara Celcius, Kelvin dan Fahrenheit

Cara convert satuan dari satuan tertentu ke satuan lain di Excel sangat mudah. Karena Excel telah menyediakan sebuah fungsi yang namanya fungsi CONVERT yang dapat anda gunakan untuk mengkonversi satuan baik satuan berat, panjang, satuan suhu dan satuan lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan fokus membahas bagaimana cara menggunakan fungsi CONVERT di Excel untuk mengubah satu suhu seperti mengubah satuan suhu dari Celcius ke Kelvin, Celcius ke Fahrenheit, Fahrenheit ke Kelvin atau sebaliknya. Jika anda penasaran bagaimana caranya maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Rumus Fungsi Convert Satuan di Excel

=CONVERT(Nilai;Satuan_asal;Satuan_tujuan)

Ingat: pada versi Excel lain, pemisah antara variabel input adalah hanya menggunakan koma saja bukan titik koma seperti pada rumus diatas. Sehingga jika rumus diatas error maka coba ganti titik koma menjadi koma saja.

=CONVERT(Nilai,Satuan_asal,Satuan_tujuan)

Penjelasan rumus diatas:

  • Nilai, silahkan anda masukkan nilai suhu yang ingin anda convert.
  • Satuan_asal adalah satuan awal dari suhu yang ingin anda convert.
  • Satuan_tujuan adalah anda ingin convert satuannya ke satuan satu apa?.

Untuk langkah langkah menggunakan rumus CONVERT di Excel adalah sebagai berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan anda buka aplikasi Excel.
  2. Silahkan buat dua buah kolom yaitu kolom satuan asal dan satuan tujuan. Misalnya satuan asal adalah Celcius dan satuan tujuan adalah Fahrenheit.
  3. Masukkan data nilai suhu Celcius di Excel. Misalnya anda input nilai 30 derajat celsius di Cell A2.
  4. Kemudian anda ingin Convert ke fahrenheit di kolom B2.
  5. Silahkan tuliskan rumus berikut ini di kolom B2.
  6. =CONVERT(A2;"C";"F")
  7. Setelah itu silahkan tekan enter. Maka Excel akan memberikan nilai convert suhu dari Celcius ke Fahrenheit.
  8. Catatan yang perlu diingat.
  9. C adalah satuan untuk Celcius di Excel.
  10. F adalah satuan untuk Fahrenheit.
  11. K adalah satuan untuk Kelvin.

Dengan begitu maka anda akan dengan mudah mengubah atau convert nilai sahu dengan satuan apa saja di Excel. Karena anda telah mengetahui kode simbol untuk convert Suhu di Excel.

Cara Mengubah Satuan Suhu di Excel Antara Celcius, Kelvin dan Fahrenheit

Itulah artikel tentang Cara Mengubah Satuan Suhu di Excel Antara Celcius, Kelvin dan Fahrenheit. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara convert satuan suhu di Excel, baik dari satuan Celcius ke Kelvin, Fahrenheit dan Reamur atau sebaliknya. Jangan lupa juga untuk follow blog ini agar anda bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar Microsoft Excel. Mungkin itu saja pembahasan kali ini akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel