Cara Membuat Diagram Lingkaran Di Excel Dengan Cepat

Cara Membuat Diagram Lingkaran Di Excel Dengan Cepat. Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk mengolah data serta menginterpretasikan data ke dalam bentuk diagram dan grafik. Salah satu jenis diagram yang bisa dibuat menggunakan aplikasi Microsoft Excel adalah diagram lingkaran. Diagram lingkaran adalah sebuah bentuk visual data ke dalam bentuk diagram dan berfungsi untuk menampilkan presentasi atau perbandingan sebuah data terhadap total keseluruhan data tersebut.

Dengan adanya diagram lingkaran maka orang yang membaca data kita akan lebih mudah memahami karena dalam diagram tersebut dapat memuat penjelasan yang detail tentang data dan pembaca bisa lebih jelas dalam menarik kesimpulan terhadap data tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat diagram lingkaran di Excel. Jika anda penasaran bagaimana caranya maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Membuat Diagram Lingkaran Di Excel Dengan Cepat

Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat diagram lingkaran di Excel menggunakan menu insert Pie-2D, Pie-3D or Doughnut. Untuk membuat diagram lingkaran umumnya kita membutuhkan satu deret kolom data atau dua kolom data. Misalnya kita memiliki data populasi dunia dimana kita memiliki dua buah kolom data yaitu kolom data negara dan kolom jumlah populasi. Dengan dua buah data tersebut maka kita bisa membuatnya ke dalam bentuk diagram lingkaran. Untuk langkah-langkah membuat diagram lingkaran silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi Microsoft Excel atau file data Excel yang ingin anda buatkan diagram lingkaran.
  2. Selanjutnya silahkan block seluruh data yang ingin anda jadikan sebagai data diagram lingkaran.
  3. Selanjutnya silahkan klik menu Insert.
  4. Pada menu insert pilih Insert Pie-2D, Pie-3D or Doughnut.
    Cara Membuat Diagram Lingkaran Di Excel Dengan Cepat
  5. Pada contoh kali ini saya contoh membuat diagram lingkaran Pie-2D. Maka klik Insert Pie-2D.
  6. Setelah itu maka akan muncul diagram lingkaran dua dimensi.
  7. Setelah itu ubah teta letak diagram lingkaran dengan cara klik diagram lingkaran tersebut lalu geser kearah yang anda inginkan.
  8. Memilih data yang yang ingin ditampilkan pada diagram lingkaran dengan cara klik kanan pada diagram lingkaran tersebut lalu pilih select data. Baca Juga: Cara Memasukan Gambar Pada Diagram Lingkaran Di Excel
    Select Data Diagram Lingkaran
  9. Pada bagian select data silahkan hilangkan centang pada data yang tidak ingin anda tampilkan dan biarkan tetap tercentang pada data yang ingin anda tampilkan.
  10. Untuk mengubah desain tampilan diagram lingkaran, silahkan klik diagram lingkaran tersebut lalu pilih Menu Design dan pilih Desian yang anda inginkan.
  11. Silahkan Save hasil diagram lingkaran yang telah anda buat.
Chart Design Untuk Mengubah Desain Diagram di Excel

Itulah artikel tentang Cara Membuat Diagram Lingkaran Di Excel Dengan Cepat. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan seputar microsoft excel, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui dasar-dasar menggunakan microsoft excel untuk pemula. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel