Cara Membuat Invoice di Excel Dengan Mudah

Cara Membuat Invoice di Excel Dengan Mudah. Invoice adalah sebuah dokumen yang memuat informasi mengenai detail transaksi jual beli yang dapat dijadikan sebagai bukti yang sah. Invoice memuat informasi mengenai detail barang, seperti nama barang, jumlah, harga satuan dan total harga pembelian. Dalam penggunaan dana penelitian, perusahaan, organisasi dan lainnya selalu akan diminta laporan pertanggungjawaban dimana pada laporan setiap transaksi penggunaan dana harus dilengkapi dengan kuitansi atau invoice pembelian barang atau jasa. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara membuat invoice. Terutama bagi perusahaan atau tokoh yang bertindak sebagai penjual.

Untuk membuat invoice, kita bisa menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan Word. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat invoice menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Kenapa saya menggunakan Excel, Karen Excel lebih fleksibel dan otomatis dalam menghitung jumlah total barang transaksi penjualan. Sehingga kita hanya perlu menginput nama barang, kode barang jumlah yang dibeli dan harga satuan untuk total barang Excel akan mengkalkulasinya secara otomatis. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Membuat Invoice di Excel Dengan Mudah

Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat invoice di Excel dengan mudah dan cepat. Selain itu, saya juga telah membagikan contoh invoice Excel yang dapat anda download dan langsung gunakan. Namun, ada baiknya anda memahami bagaimana cara membuat invoice terlalu dahulu agar lebih mudah memahaminya saat mengedit template invoice Excel yang saya bagikan. Untuk langkah-langkah membuat invoice silahkan ikuti dibawah ini.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi Microsoft Excel.
  2. Selanjutnya, silahkan masukkan data nama perusahaan, alamat, email, dan kontak perusahaan yang mengeluarkan invoice seperti pada gambar dibawah ini.
  3. Selanjutnya pada bagian kanan silahkan masukkan tanggal keluar invoice, nama penerima invoice atau costumer, alamat dan nomor costumer.
    Perhatikan gambar dibawah: Pada kolom tanggal Mataram, 22 Nov 2022 silahkan isi dengan rumus ="Mataram, " & TEXT(TODAY();"DD MMM YYYY"). Mataram adalah nama kota dan TEXT (Today()...) adalah rumus tanggal hari ini.
    Cara Membuat Invoice di Excel Dengan Mudah
  4. Selanjutnya pada bagian bawahnya adalah kolom data detail tentang barang seperti, kolom nomor, kode barang, nama barang, jumlah barang atau banyak barang, harga satuan dan sub total harga sepeda pada gambar dibawah ini.
  5. Selanjutnya silahkan rapikan tabel data tentang barang tersebut agar rapi. Seperti memberikan warna, mengganti font, ukuran, Border dan lainnya.
  6. Pada kolom sub total harga silahkan isikan dengan rumus "jumlah barang dikalikan dengan harga satuan". Misalnya jumlah barang berada pada Cell E14 dan Harga Satuan di Cell F14 maka rumus sub total harga pada Cell G14 adalah =E14*F14.
  7. Silahkan klik Cell G14 lalu tarik ujung Cell bagian kanan bawah agar rumus tersebut ter-copy secara otomatis di Cell bawahnya.
  8. Selanjutnya pada kolom bagian bawahnya silahkan buatkan kolom terbilang, total harga dan kolom tanda tangan seperti pada gambar diatas.
  9. Untuk membuat kolom terbingang secara otomatis silahkan baca artikel berikt ini: Cara Membuat Terbilang di Excel Menggunakan Add Ins.
  10. Untuk menambahakan simbol Rp di depan angka mata uang rupiah silahkan baca artikel berikut: Cara Membuat Rp di Excel.
  11. Jika anda tidak ingin repot membuat silahkan klik link berikut ini: Download Contoh Invoice Excel.

Itulah artikel tentang Cara Membuat Invoice di Excel Dengan Mudah. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan seputar microsoft excel, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui dasar-dasar menggunakan microsoft excel untuk pemula. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel