Keyword dan Cara Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

Cara riset keyword? - riset keyword merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam blogger. Bagaimana tidak teman-teman, dalam sebuah artikel haruslah memiliki kata kunci ini bertujuan agar mesin pencari google dapat dengan mudah menemukan artikel teman-teman, artinya bahwa jika artikel teman-teman memiliki banyak kata kunci yang berkualitas maka bisa di jamin artikel teman-teman akan menjadi super SEO dan bahkan bisa menduduki rangking #1 yang menduduki tempat pertama di halaman pencarian google.
Keyword dan Cara Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner
Cara Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner
Sebaliknya jika artikel teman-teman memiliki sedikit kata kunci dan tidak berkualitas, lebih parahnya lagi jika artikel teman-teman sama sekali tidak memiliki kata kunci apapun maka bisa dijamin artikel atau konten teman-teman tidak akan muncul di halaman pertama google, bahkan akan berada ke posisi terakhir. Bagaimana teman-teman sungguh malang bukan, jika artikel teman-teman tidak berada di halaman depan google. Memiliki kata kunci dalam sebuah artikel atau konten merupakan salah satu cara meningkatkan pengunjung blog atau website teman-teman.

Nah bagi teman-teman yang ingin blog atau websitenya ramai didatangi oleh pengunjung, maka saya sarankan untuk lanjutkan membaca artikel Ini dan izinkan saya untuk menjelaskan sedikit mengenai apa itu riset keyword, bagaimana cara riset keyword dan  bagaimana bisa itu sangatlah penting diketahui oleh para blogger.

Cara riset keyword merupakan salah satu metode yang paling populer di dunia blogger, bagaimana tidak teman-teman riset keyword bertujuan untuk mengetahui tentang tingkat popularitas kata kunci yang akan kita taruh di dalam sebuah artikel atau konten. Mulai dari berapa banyak pengunjung mengetikkan kata kunci tersebut di google sampai bagaimana tingkat persaingan atau tingkat kompetisi dari kata kunci yang kita gunakan, karena setiap kata kunci memiliki tingkat persaingannya masing-masing, riset keyword juga bertujuan untuk mengetahui berapa estimasi biaya yang akan kita dapatkan jika kita telah menjadi publishere google adsense.

Jadi masih mengatakan kalau riset keyword itu tidak penting, sadarlah teman-teman. Bahkan ada yang mengatakan bahwa riset keyword merupakan kewajiban bagi para blogger. Walaupun artikel ini mengatakan dan banyak artikel lainnya menjelaskan hal yang sama tentang pentingnya teman-teman mengetahui cara riset keyword, tetapi patut di sayangkan bahwa banyak para blogger pemula yang tidak mau melakukannya. Sekali lagi saya secara pribadi, melalui artikel ini menyarankan teman-teman untuk melakukan riset keyword sebelum membuat sebuah artikel.

Cara riset keyword itu ada berbagai macam cara. Tetapi yang paling terkenal adalah riset keyword dengan google planner atau google AdWords. Google Keyword Planner adalah salah satu produk unggulan google yang dibuat khusus untuk melakukan riset keyword. Produk google yang satu ini memiliki banyak sekali keunggulan dan sangatlah informatif.

Google Keyword Planner memberikan informasi yang sangat rinci mengenai kata kunci, seperti informasi mengenai jumlah penelusuran rata-rata tiap bulannya artinya teman-teman bisa tahu bahwa sebenarnya seberapa besar pengunjung blog atau website yang mencari artikel tersebut. Informasi mengenai tingkat kompetisi kata kunci yang kita gunakan, artinya teman-teman bisa tahu sebenarnya tingkat kompetisi kata kunci yang kita gunakan itu rendah, sedang ataukah tinggi.

Saya sarankan gunakan kata kunci yang tingkat kompetisinya rendah atau sedang jika teman-teman masih status sebagai blogger pemula. Yang terakhir teman-teman bisa peroleh informasi mengenai seberapa besar estimasi dana yang kita peroleh dari kata kunci tersebut jika memang teman-teman sudah terdaftar sebagai publishere adsense.

Cara Riset Keyword dengan Ubersuggest's

Sebelum kita mengunakan google keyword planner untuk melakukan riset keyword, anda dapa menggunakan ubersuggest's terlebih dahulu untuk mencari ide tentang kata kunci. Caranya terbilang mudah teman teman hanya perlu pergi ke halaman https://ubersuggest.io/ atau bisa ketikkan di google "Ubersuggest's". Setelah anda masuk kehalaman Ubersuggest's maka anda setting dalam mode Web, bahas tergantung yang anda ingin cari disini saya menggunakan bahasa indonesia terakhir klik Suggest untuk lebih lengkapnya lihat gembar berikut.

Keyword dan Cara Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

Untuk mengambil keyword tersebut klik "View As Text", kemudian copy semua kewyord dan pastekan ke google keyword planner pada bagian "isikan kata kunci".

Langkah Selanjutnya Riset Keyword dengan Google Keyword Planner.

Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner

Fungsi Google Keyword Planner memiliki banyak fungsi diantaranya adalah kita dapat mengetahui frese yang baik untuk dijadikan tema artikel dan juga dapat digunakan untuk menyusun kata pada judul tulisan yang akan ijadikan artikel agar artikel tersebut mudah terindeks dan mudah di SERP serta  Google Keyword Planner  dapat digunakan untuk mencari keywoard turunan agar artikel kita lebih optimal di serach engine. Berikut adalah Cara Riset Keyword dengan Adword Keyword Planner.

1. Kunjungai Halaman Google Keyword Planner https://adwords.google.com/KeywordPlanner  kemudia login mengunakan akun Gmail anda. Setelah berhasil login maka anda akan dibawah masuk kedalam halaman google AdWord seperti pada gambar dibawah ini. Anda bisa mengisi URL website atau blog anda pada halam ini. Tetapi saya hanya menggunakan Google Keyword Planner untuk melakuan riset keyword maka saya langsung klik “tidak usah menggunakan akun terpadu ini” Lihat gambar untuk lebih jelas.

Keyword dan Cara Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

Setelah berhasil login maka anda akan di minta mengisi email, negara, zona waktu dan mata uang. setelah semua data di isi kemudian klik simpan dan lanjutkan.

Keyword dan Cara Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

2. Jika anda dibawa masuk kehalaman Google AdWord maka anda tidak perlu khawatir. Untuk melakukan riset keyword menggunakan Google Keyword Planner anda langsung saja mengklik icon tiga titik pada bagian kanan atas seperti pada gambar berikit.

Keyword dan Cara Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

3. Kemudian akan tampil halaman seperti pada gambar di bawah ini, kemudian klik ‘Alat’ atau “Tools”, lalu klik menu “Perencana Kata Kunci” atau “Keyword Planner”. Seperti gambar berikut:

Keyword dan Cara Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

4. kemudian lakukan riset keyword dengan mengklik “Telusuri kata kunci baru menggunakan frase...”

Keyword dan Cara Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner


5. Isi 3 kolom berikut, silahkan isi kolom pertama dengan keyword yang kamu targetkan.
Keyword dan Cara Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

Keterangan:
  1. Kolomg pertama yang ada tulisan “isi kata kunci di sini” silahkan kamu isi dengan keyword yang akan kamu riset, bisa satu kata atau lebih.
  2. Kolom kedua dan ketiga abaikan saja dan tidak perlu diisi, kecuali untuk keperluan toko online bisa juga memilih spesifikasi kategori yang tepat pda kolom ketiga di bawah.
  3. Penargetan : Pada menu ini ada beberapa pilihan yang harus kita pilih, yakni penargetan bahasa, negara, mesin pencari dan juga kata yang negatif atau tidak ingin disertakan di dalamnya. Tapi jika tidak ingin repot silahkan ikuti saja sesuai yang terlihat di gambar, caranya tinggal klik tulisannya, misalnya tertera tulisan “Bahasa Inggris” untuk bahasa pencariannya maka tinggal tekan saja dan pilih bahasa sesuai yang kamu inginkan.
  4. Terakhir, tinggal tekan tombol “Dapatkan Ide” yang berwarna biru yang berada persis di bawah halaman tersebut.

5. Setelah masuk di halaman yang menampilkan grafik pencarian yang berwarna biru, nah pilih dulu menu “Ide Kata Kunci” yang ada di bawah grafik warna biru. Tujuannya, agar kata kunci yang tampil berdasarkan kalimat yang sering diketik, bukan berdasarkan pengelompokan pencariannya.

Keyword dan Cara Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

6. Setelah itu, anda sudah masuk pada tampilah deretan kata kunci yang terkait dengan kata yang ingin kamu riset. Nah, untuk menampilkan secara berurut maka diperlukan beberapa pengaturan ringan lagi. Lihat keterangan di bawah gambar.

Keyword dan Cara Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

Keterangan:
“Penelusuran Bulanan Rata-rata” :  klik menu ini untuk mengetahui jumlah pengunjung dari paling tinggi ke paling rendah. Ingat klik hanya sekali jika dua kali maka sebaliknya dari rendah ke tinggi.
  1. Lingkaran 1 ; Adalah deretan keyword yang sudah bisa kamu pilih untuk dijadikan judul dan pembahasan dalam artikel blogmu. Agar lebih sempurna bisa dengan menggabungkan dengan beberapa kalimat.
  2. Linkaran 2: adalah jumlah pencarian rata-rata tiap bulannya di Google. Artinya, dari angka yang ditampilkan, misalnya 50.000 maka itu artinya keyword tersebut diketik di google sebanyak 50ribu kali dalam sebulan. Jadi bisa dirata-ratakan kurang lebih 1.600 kali pencarian tiap harinya. Ini termasuk jumlah yang besar sekali.
  3. Lingkaran 3: merupakan harga iklan per kliknya, ini bisa digunakan untuk riset juga agar penghasilan dari per klik iklan di blogmu juga tinggi. Artinya dengan menulis atau menjadikan judul pada frase tersebut maka kira2 harga iklan per klik yang kamu dapat sekian

Itulah langkah langkah dalam menlakukan Riset KeyWord atau riset kata kunci. Saya berharap teman-teman bisa memahami bagaimana cara melakukan riset keyword menggunakan google keyword planner. Cara melakukan riset keyword terbilang sangat mudah tetapi kebanyakan blogger pemula enelakukannya, semoga anda tidak termaksud itu. Lakukanlah cara riset keyword karena dengan melakukan riset keyword sebelum membuat ikel dapat meningkatkan trafik blog. Semoga artikel ini bermanfaat terimakasih telah berkunjunga.

Baca Juga :
Cara Menulis Artikel yang Baik dan Menarik Minat Pembaca
Cara Membuat Blog Gratis di blogger.com Dilengkapi Dengan Gambar dan Panduan Blog

Kesimpulan :

  1. Riset keyword dapat membuat artikel kita banyak dikunjungi.
  2. Riset keyword adalah salah satu cara untuk menaikkan trafik blog.
  3. Riset keywor salah satu cara agar artikel bisa page one.
  4. Riset keyword adalah langkah utama dalam membuat artikel SEO.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel