8 Manfaat Belajar Ilmu Matematika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

8 Manfaat Belajar Ilmu Matematika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Gammafis.blogspot.com - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai manfaat dalam mempelajari ilmu Matematika. Apa saja Manfaat Belajar Matematika, langsung saja kita mulai.


8 Manfaat Belajar Ilmu Matematika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Menguasai ilmu Matematika merupakan suatu kebanggaan tersendiri yang dapat dirasakan oleh para pelajar. Mengapa tidak, bagi sebagian pelajar Matematika merupakan salah satu pelajaran yang penuh tantangan dan perlu kerja keras serta sungguh-sungguh dalam berlatih. Semua pelajar bisa Matematika asalkan memiliki semangat dalam mengerjakan contoh soal dan latihan. Belum semua pelajar memiliki semangat itu, karena sebagian pelajar lebih memilih bermain dari pada mencoba berlatih. Dan sisanya mungkin lebih berminat kepada mata pelajaran yang lain.

Matematika merupakan salah satu ilmu dasar bagi ilmu yang lain. Dalam ilmu fisika, matematika merupakan suatu bahasa yang digunakan untuk menjelaskan fenomena alam. Matematika merupakan ilmu yang menyajikan data dalam bentuk angka yang tidak akan lepas dari kehidupan kita. Matematika juga merupakan ilmu yang dapat mengasa kemampuan otak kita. Sehingga tidak jarang orang mengatakan bahwa matematika adalah bahasa matematis yang dapat menjelaskan ilmu pengetahuan lain dalam bentuk data.

Tidak jarang bagi siswa di sekolah-sekolah yang menguasai matematika dicap sebagai orang yang pintar dan memiliki intelektual yang lebih dibandingkan yang lain. Ada banyak sekali manfaat bagi para pelajar yang menguasai ilmu matematika di antaranya adalah memiliki nalar yang kuat dalam menghadapi suatu kasus, mampu memecahkan permasalahan yang rumit (sebagai Problem Solver) dan mampu mengaitkan suatu kasus dengan kasus yang lain. Baik untuk lebih jelas, apa saja manfaat dalam mempelajari ilmu matematika.


Berikut adalah 9 Manfaat Belajar Matematika



1. Manfaat Belajar Matematika – Melatih Penalaran

8 Manfaat Belajar Ilmu Matematika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penalaran adalah proses berpikir yang berasal dari pengamatan secara empirik atau pengamatan indra dan memberikan hasil berupa konsep dan pengertian. Dalam menyelesaikan soal matematika yang sulit maka kita dituntut untuk memahami betul persoalan yang diberikan. Untuk memahami ini dibutuhkan nalar yang kuat sehingga kita dapat menyelesaikan soal-soal yang sulit tersebut. Jadi, ketika kita menguasai ilmu matematika dan mampu memecahkan kasus-kasus yang sulit berarti dengan secara tidak sengaja penalaran Anda terlatih.


2. Mampu Berkomunikasi dengan Baik



8 Manfaat Belajar Ilmu Matematika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Matematika ilmu yang penuh dengan gagasan dan hasilnya berupa data yang singkat, padat, dan bermakna tunggal. Selain memecahkan kasus-kasus dalam bentuk data atau angka, seorang matematikawan juga harus dapat mengkomunikasikan hasil yang telah diperoleh agar orang lain dapat memahami dan dapat diterima secara nalar. Baik dikomunikasikan secara lisan melalui seminar, karya tulis (jurnal atau buku) ataupun dikomunikasikan melalui visual. Sehingga orang yang menguasai matematika memiliki kemampuan komunikasi yang baik.


3. Mampu Menyelesaikan Permasalahan Rumit.



8 Manfaat Belajar Ilmu Matematika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Seorang matematikawan adalah problem solver atau orang yang dapat memberikan solusi untuk setiap masalah. Matematika memecahkan masalah secara efektif dan efisien yang didasarkan pada kemampuan membaca dan kemampuan bernalar. Seorang matematikawan menyelesaikan sebuah permasalahan yang rumit yang dimulai dengan mengumpulkan informasi apa saja yang diketahui, mencari dan memberikan gagasan atas permasalahan, serta merumuskan gagasan atau membuat formulasi dalam bentuk persamaan sebagai solusi yang dapat menjelaskan atau menafsirkan permasalahan secara rinci. Sehingga para pelajar yang gemar matematika dan giat berlatih akan memiliki kemampuan dalam menganalisis dan merumuskan masalah serta mampu memberikan solusi terhadap masalah. 


4. Memahami Konsep



8 Manfaat Belajar Ilmu Matematika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam menyelesaikan permasalahan Matematika, maka diperlukan konsep dasar atau teori-teori dasar dalam memberikan solusi. Konsep dasar ini digunakan agar solusi yang diberikan mudah dipahami dan dimengerti oleh semua orang. Pemahaman akan konsep itu penting, sehingga dengan pemahaman konsep dasar yang kuat maka persoalan jenis apa pun akan mudah dimengerti dan diselesaikan. Artinya dengan mempelajari ilmu matematika kita akan memahami persoalan hidup secara konsep.


5. Melatih Diri Untuk Menjadi Pribadi Yang Penuh Akan Ketelitian, Cermat, Dan Sabar



8 Manfaat Belajar Ilmu Matematika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Matematika adalah salah satu pelajaran yang penuh tantangan. Tantangan yang paling sering dijumpai oleh para pelajar adalah menyelesaikan soal-soal yang begitu rumit dan panjang. Untuk menyelesaikannya tentu dibutuhkan Ketelitian dan Cermat dalam proses memahami serta mencari sebuah solusi. Karena kurangnya ketelitian akan memberikan solusi yang salah, terlebih lagi jika kurang cermat dalam memahami permasalahan. Tidak hanya membutuhkan ketelitian dan cermat dalam menyelesaikan soal, tetapi juga membutuhkan kesabaran. Terutama dalam proses menyelesaikan soal yang rumit dan panjang. Terlebih lagi jika terjadi sedikit kesalahan, sehingga kita harus bersabar dan memulainya dari awal lagi. Dengan demikian belajar Matematika akan melatih diri kita menjadi pribadi yang Teliti, Cermat dan Sabar.


6. Belajar Matematika Dapat Memudahkan Kita Untuk Memahami Ilmu Lain



8 Manfaat Belajar Ilmu Matematika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Matematika merupakan dasar suatu ilmu matematis, maksudnya adalah dasar ilmu yang membutuhkan perhitungan matematis dalam mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data. Contoh ilmu yang membutuhkan dasar matematis yang kuat adalah ilmu ekonomi, akuntansi, fisika, kimia, dan bahkan di pelajaran biologi pun membutuhkan dasar-dasar matematika serta ilmu lainya yang membutuhkan proses berhitung. Sehingga dengan memahami matematika dan memiliki dasar-dasar matematika yang kuat kita akan dengan mudah untuk pelajari ilmu tersebut.

Baca Juga : 8 Manfaat Belajar Ilmu Fisika Dalam Kehidupan Sehari-Hari


7. Belajar Matematika akan Melatih Cara Berpikir



8 Manfaat Belajar Ilmu Matematika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam mempelajari ilmu Matematika tentunya membutuhkan pemikiran yang ekstra. Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menyelesaikan masalah. Namun, matematika akan membentuk cara berpikir kita yang lebih teliti dan beruntun (sistematis). Matematika bukan ilmu yang pasti, maksudnya adalah dalam menyelesaikan permasalahan matematika memiliki banyak cara dan fleksibel namun hasilnya dalam nilai atau angka yang pasti dan valid. Contohnya dalam menyelesaikan sistem persamaan dua variabel atau lebih, ada banyak cara yang dapat dilakukan yaitu menggunakan solusi eliminasi, substitusi dan yang lebih keren lagi adalah dengan cara Matriks. Dengan belajar matematika para pelajar akan membentuk pola pikir yang melihat masalah dari satu sisi saja melainkan dapat melihatnya melali sisi lain.


8. Membangun Konsentrasi



8 Manfaat Belajar Ilmu Matematika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Bagaimana tidak, soal matematika begitu sulit jika kita dalam kondisi yang kurang konsentrasi. Untuk menyelesaikannya diperlukan konsentrasi yang baik agar kita tidak salah dalam memahami permasalahan. Konsentrasi dibutuhkan dalam mencari informasi terkait permasalahan dan apa yang ditanyakan serta solusi apa yang tepat nantinya. Sedikit saja kita tidak berkonsentrasi maka berakibat fatal pada hasil akhir. Jadi dengan belajar matematika secara serius akan meningkatkan konsentrasi pelajar.

Itulah "8 Manfaat Belajar Ilmu Matematika Dalam Kehidupan Sehari-Hari" Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan terimakasih telah berkuntung.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"