Besaran dan Satuan - Pengertian Besaran Pokok dan Turunan Lengkap Beserta Dimensi dan Satuan

Besaran dan Satuan - Pengertian Besaran Pokok dan Turunan Lengkap Beserta Dimensi dan Satuan

Besaran dan Satuan - Helloo Sahabat Gamma. Pada kesempatan kali ini saya akan coba berbagi kepada sahabat sekalian mengenai “Pengukuran”. Di antaranya besaran dan satuan, dimensi, serta pengertian besaran pokok dan turunan. kita akan mempelajari apa itu besaran dan apa itu satuan. Baik untuk mempersingkat waktu langsung saja kita mulai.

Besaran dan Satuan

A. Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Pengukuran merupakan salah satu kegiatan yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Pengukuran adalah kegiatan membandingkan suatu besaran yang diukur dengan besaran standar atau alat ukur yang digunakan sebagai satuan. Misalnya, ketika mengukur panjang buku menggunakan mistar, berarti kita membandingkan panjang buku dengan panjang mistar. Ketika kita mengukur massa sebuah benda dengan anak timbangan (sebagai alat ukur standar), artinya kita melakukan kegiatan membandingkan massa sebuah benda tersebut dengan massa anak timbangan. Kemudian hasil pengukuran tersebut kita nyatakan dalam nilai (angka) serta besaran dan satuan yang sesuai dengan alat ukur standar yang kita gunakan. Apa itu besaran dan satuan?

1. Besaran

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur atau dihitung dan dapat dinyatakan dengan angka serta mempunyai satuan. Berdasarkan satuannya, besaran dibagi menjadi dua yaitu; besaran pokok dan besaran turunan.

a. Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran yang berdiri sendiri dan satuannya tidak bergantung pada satuan dari besaran lain. Besaran pokok merupakan besaran yang dijadikan dasar bagi besaran yang lain, dan dapat diukur secara langsung. Besaran-besaran pokok tersebut mempunyai lambang (atau yang dikenal dengan dimensi) yang berbeda beda dan satuan yang berbeda-beda pula. Besaran-besaran pokok tersebut dapat dinyatakan dengan satuan pokok atau satuan dasar. Berikut adalah besaran-besaran pokok.

Besaran dan Satuan

Pada tabel di atas menunjukkan 7 besaran pokok yang memiliki satuan dan dimensi yang berbeda-beda. Satuan dan dimensi yang dimiliki besaran tersebut adalah ciri khas dari besaran pokok tersebut. Contohnya panjang memiliki dimensi L dan satuan m (meter), sedangkan massa memiliki dimensi M dan satuan Kg (kilogram). Keduanya memiliki dimensi dan satuannya masing-masing. Bagaimana dengan satuan dan lambang untuk besaran turunan?

b. Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang tersusun dari lebih dari satu besaran pokok. Berikut adalah beberapa contoh besaran turunan.

Besaran dan Satuan

Seperti yang telah dijelaskan bahwa besaran turunan diperoleh dari dua atau lebih besaran pokok. Contoh:

a. Kelajuan
Kelajuan adalah besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok panjang dan waktu. Di mana, kelajuan suatu benda didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh oleh benda (s) tiap satuan waktu (t).

Besaran dan Satuan

Jadi, kelajuan merupakan satuan turunan yang memiliki satuan m/s.

b. Massa Jenis
Massa Jenis adalah besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok massa dan besaran turunan volume. Di mana, massa jenis suatu benda didefinisikan sebagai massa benda (m) per satuan volum (V).

Besaran dan Satuan

Jadi, Massa Jenis merupakan besaran turunan yang memiliki satuan kg/m^3

c. Gaya
Gaya adalah besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok massa dan besaran turunan percepatan. Di mana, gaya didefinisikan sebagai massa suatu benda (m) dikalikan percepatan (a) atau seberapa cepat suatu benda bergerak.

Besaran dan Satuan

Jadi, Gaya merupakan besaran turunan yang memiliki satuan kg.m/s^2

Baca Juga :

B. Sistem Satuan Internasional

Mengapa Harus Satuan Internasional ?
Satuan internasional atau yang disingkat SI, merupakan satuan standar yang digunakan dan diakui oleh seluruh dunia. Satuan internasional bertujuan untuk menyamakan hasil pengukuran di seluruh dunia. Di Indonesia satuan panjang adalah meter (m) sedangkan di Inggris dan Amerika Serikat masih digunakan satuan kaki (feet). Karena 1 m tidak sama dengan 1 feet maka satuan tersebut perlu dikonversi ke satuan internasional. Sistem Internasional (SI) dibagi menjadi dua sistem, yaitu sistem MKS dan CGS.

1. Sistem MKS (meter, kilogram, sekon) yaitu cara menyatakan besaran dengan memakai satuan meter, kilogram, dan sekon.
2. Sistem CGS (centimeter, gram, sekon) yaitu cara menyatakan besaran dengan memakai satuan centimeter, gram, dan sekon.

1. Satuan Panjang

Dalam  SI, standar yang digunakan untuk satuan panjang adalah meter.

1 meter standar = panjang gelombang yang dihasilkan oleh gas Kripton berwarna merah jingga untuk bergetar 1.650.763,73 kali.

2. Satuan Massa

Satuan SI untuk massa adalah gram. Standar satuan massa adalah sebuah silinder platina iridium yang disimpan di Lembaga Berat dan Ukuran Internasional, dan sebagai perjanjian internasional disebut sebagai massa sebesar 1 kilogram. Standar sekunder dikirimkan ke laboratorium standar di berbagai negara yang massanya telah ditentukan dengan menggunakan teknik neraca berlengan sama.

Dalam skala atomik, kita memiliki standar massa kedua. Standar massa ini adalah massa atom C^12 yang diberikan harga tepat sebesar 12 satuan massa atom terpadu (unified atomic mass unit) disingkat u dengan 1 u = 1,667 × 10^-27 kg.

3. Satuan Waktu

Satuan SI untuk waktu adalah sekon. 1 sekon didefinisikan sebagai waktu yang diperlukan atom cesium-133 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali.

C. Dimensi

Satuan dari suatu besaran yang sudah ditetapkan dalam sistem satuan internasional adalah  ciri khas dari besaran tersebut. Setiap besaran memiliki satuan yang berbeda-beda antara satu dan yang lainnya. Selain satuan, ciri khas lain dari suatu besaran pokok dan besaran turunan adalah dimensi. Dimensi adalah cara suatu besaran tersusun atas besaran-besaran pokok. Dalam ilmu fisika, dimensi suatu satuan ditulis dengan huruf-huruf tertentu di dalam tanda kurung siku seusai dengan besaran pokok yang terdapat dalam satuan. Berikut adalah tabel dimensi suatu besaran pokok.

Besaran dan Satuan

Dimensi  dari suatu besaran turunan dapat diperoleh dari rumus besaran turunan yang dinyatakan dalam  besaran pokok. Perhatikan contoh berikut.

Contoh Soal Dimensi

Tentukan dimensi dari besaran turunan kecepatan, percepatan dan muatan listrik.
Penyelesaian:

1. Kecepatan adalah perpindahan suatu benda tiap satuan waktu

Besaran dan Satuan

Satuan dari perpindahan adalah meter (m) dan m berdimensi [L]. Satuan dari waktu adalah sekon (s) dan s berdimensi [T]. Maka dimensi kecepatan adalah :

Besaran dan Satuan

2. Percepatan adalah perubahan kecepatan tiap satuan waktu

Besaran dan Satuan

Satuan dari kecepatan adalah m/s dan m berdimensi [L] sedangkan s berdimensi [T]. Maka dimensi dari percepatan adalah

Besaran dan Satuan

Kalau kalian sudah paham tentukan dimensi dari muatan listrik dan tuliskan jawaban kalian di kolom komentar.


Pembuktian kesetaraan dua besaran fisis

Besaran dan Satuan

Penentuan suatu persamaan yang memiliki kemungkinan salah atau benar

Besaran dan Satuan

Untuk Lebih Lengkapnya Download Filenya melalui link dibawah ini




Mungkin sampai disitu saja untuk hari ini dan saya berterimakasih kepada kalian semua yang telah berkunjung. ayo dukung blog ini dengan cara terus berkunjung dan klik like, share serta follow agar saya tetap semangat dalam membuat artikel-artikel bermanfaat lainya. mohon berikan kritik dan sarannya, jika ada kekurangan ataupun kesalahan dalam pembahasan saya.  Sekali lagi terimakasih telah berkunjung. Salam sahabat Gamma.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"