Cara Mengatasi Tidak Sengaja Mengklik Sendiri Iklan Google Adsense

Cara Mengatasi Tidak Sengaja Mengklik Sendiri Iklan Google Adsense

Kali ini saya akan berbagi pengalaman Bagaimana Cara Mengatasi Tidak Sengaja Mengklik Sendiri Iklan Google Adsense. Klik tidak disengaja atau biasa di sebut dengan istilah invalid clicks atau froud clicks. Google sangat melarang keras bagi publisher iklan Google Adsense untuk mengklik iklan sendiri dan memberikan sangsi yang sangat berat bagi yang mengklik iklannya sendiri. Entah apa pun itu alasannya kegiatan ini sangat tidak dibenarkan, maka dari itu publisher di anjurkan untuk berhati-hati agar kejadian ini tidak terjadi.
Cara Mengatasi Tidak Sengaja Mengklik Sendiri Iklan Google Adsense

Namun, setiap manusia pasti tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan. Jika ini terjadi pada Anda, maka jangan panik. Semalam saya pernah tidak sengaja mengklik iklan sendiri menyebabkan RKT menjadi 8,7%. Tentunya itu tidak baik jika tidak segera diatasi bahkan parahnya bisa di banned oleh Google.


Bagaimana Cara Mengatasi Tidak Sengaja Mengklik Sendiri Iklan Google Adsense?

Meskipun demikian, pihak Google tidak begitu saja mengambil keputusan untuk menonaktifkan akun Google Adsense Jika terjadi klik tidak valid. Tentunya pihak Google akan mencari tahu apa alasan klik tidak valid atau alasan Anda mengklik iklan sendiri. Jika terindikasi aktivitas tersebut dilakukan dengan sengaja maka akun akan dinonaktifkan. Namun, jika tidak disengaja maka Anda memiliki kesempatan untuk tetap menjadi publisher Google Adsense.

Google memberikan fasilitas bagi para publishernya untuk melaporkan aktivitas klik tidak disengaja melalui “Formulir Kontak Klik Tidak Valid”. Pada form ini Anda harus mengisi beberapa biodata dan alasan mengapa masalah ini bisa terjadi. Berikut adalah langkah-langkahnya :


Langkah-Langkah dalam Mengatasi Tidak Sengaja Mengklik Sendiri Iklan Google Adsense

1. Langkah pertama untuk solusi klik tidak sengaja pada iklan sendiri adalah dengan menghubungi pihak Google dan melaporkan kejadian klik tidak valid tersebut, melalui link berikut ini

https://support.google.com/adsense/contact/invalid_clicks_contact

2. Setelah Anda membuka link tersebut maka akan tampil “Formulir Kontak Klik Tidak Valid” yang harus Anda isi, seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Tidak Sengaja Mengklik Sendiri Iklan Google Adsense

  1. “Nama” – pada bagian ini Anda harus mengisi dengan nama yang sesuai dengan data pada email yang digunakan untuk mendaftarkan Adsense.
  2. “Email” – isikan alamat email yang digunakan untuk mendaftar Adsense (Wajib)
  3. “ID Penayang” Anda bisa mendapatkan IDE Penayang pada akun Google Adsense, kemudian klik akun -> informasi akun.
  4. “URL lokasi tampilan kode iklan” – pada bagian ini Anda isi alamat URL lokasi kode iklan yang tidak sengaja diklik. Karena saya tidak sengaja mengklik di halaman beranda maka saya gunakan alamat beranda. Tapi jika Anda tidak sengaja mengkliknya pada artikel maka URL artikel tersebut yang harus dimasukkan.


Cara Mengatasi Tidak Sengaja Mengklik Sendiri Iklan Google Adsense

  1. “Topik” – karena Anda melakukan klik tidak valid maka Anda pilih topik “Melaporkan aktivitas tidak biasa ada Account saya (Jika Anda menggunakan bahasa ingris, maka pilih : Reporting Unusual Activity on My Account)”
  2. “Tanggal dan Waktu Aktivitas Klik” – isikan tanggal kapan klik tidak sengaja itu terjadi dengan format tanggal/bulan/tahun. Contoh : 11/12/2018
  3. “Paragraf yang menjelaskan alasan tentang aktivitas klik yang menurut Anda tidak sah” – Pada bagian ini isikan penjelasan Anda tentang klik tidak sengaja dan kenapa bisa terjadi. Biar lebih cepat di tanggapi gunakan Bahasa Inggris (Jika tidak bisa bahasa inggris, gunakan Google translate). Jangan lupa menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan yang dilakukan.
  4. “Alamat IP” Pada bagian terakhir masukkan alamat IP perangkat yang digunakan saat klik tidak valid.
Cara mendapatkan alamat IP Anda bisa buka alamat https://locallhost.com/ (jika menggunakan HP).

Jika menggunakan Laptop maka Anda buka CMD dengan klik Windows + R dan ketik CMD

Cara Mengatasi Tidak Sengaja Mengklik Sendiri Iklan Google Adsense

Pada CMD – Tuliskan perintah “ipconfig” kemudian enter

Cara Mengatasi Tidak Sengaja Mengklik Sendiri Iklan Google Adsense

Untuk mencegah hal ini terjadi lagi, alangkah baiknya bagi Anda untuk menginstal aplikasi AdBlock di HP ataupun Laptop Anda. Pada artikel sebelumnya saya telah membahas mengenai Cara Tepat dan Aman Menghilangkan Iklan di HP Android Tanpa Root pada artikel ini Anda dapat melihat aplikasi AdBlock Terbaik untuk HP Android.


Itulah artikel Cara Mengatasi Tidak Sengaja Mengklik Sendiri Iklan Google Adsense. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua. Selamat mencoba dan semoga cepat di tanggapi oleh pihak Google.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"