6 Game Edukasi Anak Terbaik Di HP Android Untuk Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas

Edukasi adalah sebuah proses pembelajar yang bertujuan untuk mengembangkan potensi diri seseorang dengan cara mewujudkan suatu metode pembelajaran yang lebih baik. Saat ini metode pembelajaran telah banyak dikembangkan. Terutama dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pengembangan metode belajar. Android merupakan salah satu teknologi yang dimanfaatkan sebagai media belajar. Dengan cara membuat sebuah aplikasi Game yang dapat meningkatkan daya pikir anak. Aplikasi yang dikembangkan saat ini sangat beragam.

Baca Juga : 4 Aplikasi Download Video Di Facebook Dengan Mudah Dan Cara Menggunakannya
Game Edukasi Anak Terbaik

Saat ini Game berbasis edukasi telah banyak dikembangkan. Mulai dari Game Edukasi yang dapat dimanfaat sebagai media belajar baca, hitung, mengenal bangun datar, nama-nama hewan, buah dan masih banyak lagi. Game Edukasi ini dibuat sangat merik dan penuh warna sehingga anak-anak tidak akan bosan saat belajar. Selain itu anak-anak akan senang karena ia masih bisa bermain dan belajar saat bersamaan.

Metode belajar dengan permainan merupakan salah satu metode yang menurut saya cukup efektif. Karena dengan suasana hati seorang anak yang senang saat bermain dalam pembelajaran akan mampu di terima oleh anak. Dibandingkan dengan memaksa anak belajar tanpa di selingi permainan. Namanya anak-anak bermain itu seperti sebuah keharusan. Jadi mengapa tidak kita manfaatkan itu dengan memberikan permainan-permainan yang berbasis edukasi seperti dengan memanfaatkan Game Edukasi.

Pada kesempatan kali ini gammafisblog.com akan berbagi informasi mengenai apa saja sih Game Edukasi Anak Terbaik di Android. Nah jika Anda penasaran tentang hal ini maka mari simak pembahasan saya kali ini. Sebelum itu saya ingin memberitahukan bahwa aplikasi yang saya sebutkan hanya beberapa contoh saja. Namun saya rasa aplikasi ini sudah cukup untuk Anda manfaatkan sebagai media belajar anak. Silahkan pilih salah satu atau lebih dari aplikasi di bawah ini untuk di instalkan di HP android Anda.


6 Game Edukasi Anak Terbaik Di HP Android Untuk Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas


1. Game Edukasi Anak : All in 1


Game Edukasi Anak Terbaik

Game yang pertama adalah All ini 1. Game ini memiliki dua mode yaitu Mode Mengenal dan Pertanyaan. Dalam mode mengenal anak-anak akan di ajarkan atau di perkenalkan dengan suatu huruf, angka, benda ataupun nama buah sesuai dengan yang dipilih. Misalnya Anda ingin memilih belajar mengenal huruf maka aplikasi akan menyebutkan huruf dari A sampai Z (kapital dan tidak) satu persatu sesuai dengan yang dipilih dan ditekan. Kemudian dengan memilih Mode Pertanyaan maka aplikasi akan bertanya Misalkan dimanakan Huruf A. Ketika anak-anak menunjuk huruf yang benar maka aplikasi akan memberikan tanggapan bahwa Anda Benar. Demikian juga jika salah. Ada 13 pilihan pembelajaran yaitu : belajar mengenal Huruf, Angka, Warna, Bangun Datar, Nama Buah, Nama Buah, Nama Kendaraan, Hewan, Bagian Tubuh, Profesi, alat musik, Benda (seperti buku, tas dan Televisi), dan Operasi Matematika (Seperti tambah, kurang dan kali). Aplikasi ini telah di download lebih dari 1 Jt orang di Google Play Store.

2. Marbel Belajar Huruf Alfabet


Game Edukasi Anak Terbaik

Aplikasi Marbel Belajar Huruf Alfabet adalah aplikasi edukasi dengan metode pembelajaran bermain dan bernyanyi sambil belajar. Pada umumnya anak kecil paling suka sekali bernyanyi. Dengan metode ini tentu akan sangat menari bagi anak-anak. Dengan bernyanyi maka anak-anak akan cepat sekali menghafalkan apa saja materi yang diberikan. Karena di dalam pemikiran mereka sedang bermain. Namun sejatinya mereka sedang belajar dengan penuh kesenangan. Sesuai dengan namanya materi yang dapat dipelajari adalah mengenal Huruf-huruf alfabet. Mulai dari huruf besar, kecil dan nama benda yang dimulai dengan huruf alfabet misalnya A – Apel, B – Bola dan C – Cermin. Belajar dalam main yang ditawarkan aplikasi ini adalah Bermain tebak huruf, memecahkan balon dan gelembung dengan huruf yang di tanyakan, tebak bayangan dan gambar, tangkap huruf serta menyusun Puzzel. Nah yang lebih seru lagi aplikasi ini juga tersedia dalam bahasa inggris. Sehingga anak-anak akan belajar bahasa inggris sejak dini. Itu akan sangat bagus karena anak-anak akan cepat sekali menerima semua materi yang ia lihat dan dengarkan.

3. Marbel Muslim Kids


Game Edukasi Anak Terbaik

Marbel Muslim Kids adalah Game edukasi yang sangat cocok sekali bagi anak-anak untuk belajar mengenal Huruf-huruf Hijaiah dan dilengkapi dengan belajar harakat, tanwin dan IQRO. Permainan yang ditawarkan aplikasi ini adalah bermain cepat tepat. Dimana akan ada instruksi dari Game untuk memilih salah satu huruf Hijaiah. Kemudian anak akan diminta untuk menunjuk huruf yang diminta. Ketika jawaban benar maka aplikasi memberikan tanggapan benar. Ada permainan Puzzel yang mana anak-anak akan diminta menyusun Puzzel membentuk huruf Hijaiah. Permainan seru lainnya adalah menulis, tebak harakat dan memancing huruf Hijaiah. Aplikasi ini juga menyediakan 7 Doa anak Pilihan, yaitu doa sebelum-sesudah makan, sebelum tidur, sebelum belajar, masuk masjid, ketiak bersin dan meminta keselamatan dunia dan akhirat .  Masih banyak lagi keseruan yang bisa anak-anak dapatkan. Cobalah aplikasi ini agar anak-anak bisa belajar huruf hijaiah sambil bermain dan menyenangkan.

4. Game Pendidikan Anak-anak


Game Edukasi Anak Terbaik

Game yang satu ini juga memiliki keunikannya tersendiri. Game berbasis android yang menyediakan materi-materi edukasi anak sangat seru dan menyenangkan. Dengan mengedepankan pendidikan Game ini perlu Anda coba. Yang unik dari aplikasi ini adalah bahasa yang di gunakan adalah bahasa Inggris, Spanyol dan Portugis. Anda bisa memilih salah satu bahasa tersebut. Dengan memilih bahasa inggris maka anak-anak akan belajar bahasa inggris namun tetap menyenangkan. Game ini penuh dengan teka-teki, suara, piano dan labirin. Jadi di aplikasi ini anak-anak akan bisa belajar tentang nama dan suara hewan, memecahkan labirin, menggambar, belajar piano, Puzzel, mewarnai, belajar waktu dan masih banyak lagi. Aplikasi ini telah di download di Play Store lebih dari 5 Jt orang.

5. Game Anak Edukasi Hewan Laut


Game Edukasi Anak Terbaik

Game pengenalan dunia bahwa laut merupakan salah satu bentuk edukasi kepada anak-anak. Dengan menggunakan aplikasi ini anak-anak akan belajar tentang mengenal hewan laut. Bentuk permainan dalam belajar yang diberikan adalah anak diberikan suatu gambar yang harus disusun layaknya Puzzel. Dengan demikian akan-anak akan tahu nama dan bentuk dari hewan laut yang ia susun. Aplikasi ini juga dapat meningkatkan kreativitas anak dengan cara akan diberi kebebasan untuk mewarnai hewan laut sesuai dengan imajinasinya.

6. 100 Lagu Anak-anak Indonesia


Game Edukasi Anak Terbaik

Kita tahu Indonesia hampir jarang memproduksi lagi lagu anak-anak seperti di zaman dulu. Karena kita tahu bahwa anak-anak di zaman sekarang lebih suka lagu-lagu orang dewasa. Penyebabnya tentu banyak faktor. Salah satunya faktor mediasi lagu anak-anak dan minat. Untuk mengatasi itu kemudian terciptalah sebuah aplikasi 100 Lagu Anak-anak Indonesia. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk diperdengarkan kepada anak-anak Anda sekaligus Anda dapat melestarikan lagu anak-anak Indonesia. Semoga ke depannya akan aplikasi ini dapat memperbanyak koleksi lagu anak-anak diaplikasi ini. Agar anak-anak tetap dapat mendengarkan lagu sesuai dengan usianya saat ini.

Baca Juga : 5 Aplikasi Download Status WhatsApp Orang Lain Secara Mudah Dan Tanpa Iklan

Itulah artikel tentang Game Edukasi Anak Terbaik Di HP Android Untuk Pengembangan Potensi Diri. Saya baru menyebutkan beberapa aplikasi saja. Tentu masih banyak sekali aplikasi lainnya yang dapat memberikan edukasi merik bagi anak-anak. Jika Anda mengetahui beberapa aplikasi lainnya, maka Anda bisa berbagi kepada kami dan para pembaca artikel ini tentang aplikasi tersebut. Tuliskan aplikasi yang Anda tahu di kolom komentar. Saya harap informasi yang saya bagikan kali ini bisa bermanfaat untuk Anda. Sebagai orang tua tentu saja ingin memberikan banyak edukasi yang menyenangkan untuk anak-anak. Oke, akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel