3 Teknik SEO Sederhana Agar Artikel Berada di Page One Google

3 Teknik SEO Sederhana Agar Artikel Berada di Page One Google

SEO adalah salah satu cara atau teknik agar artikel yang di buat dapat berada di halaman pertama Search Engine. Entah itu Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya. Teknik SEO sangat banyak dan beragam. Oleh karena itu Anda akan kebingungan jika ingin menguasai semuanya. Ditambah lagi Search Engine seperti Google selalu mengupdate algoritma dalam SEO.
3 Teknik SEO Sederhana Agar Artikel Berada di Page One Google

SEO (Search Engine Optimization) intinya adalah kita melakukan Optimasi pada artikel agar bisa muncul di halaman pertama Google. Oleh karena itu kita harus memikirkan cara agar Google dapat menemukan halaman artikel yang kita buat. Bagaimana caranya ? Caranya adalah dengan memberikan kata kunci pada artikel. Dengan adanya kata kunci atau Keyword maka Google akan mudah menemukan artikel tersebut.

Kata kunci-kata kunci tersebut kemudian dikumpulkan untuk dibuat sebagai ide dari setiap paragraf artikel. Dengan demikian setiap paragraf akan memiliki satu ide pokok (keyword yang ditanamkan pada paragraf).

Dengan demikian, artikel yang dibuat akan lebih tertata dan enak dibaca. Karena setiap paragraf artikel memiliki idenya masing-masing.

Bagaimana Cara Kerja SEO? Pertama Search Engine melakukan Crawling atau Perayapan. Crawling adalah suatu proses yang dilakukan oleh Crawler/Spider untuk melakukan proses scanning pada sebuah halaman atau artikel. Hal ini bertujuan agar Search Engine tahu apa isi dari halaman tersebut. Tahap kedua adalah tahap Indexing. Indexing adalah tahap dimana sebuah halaman di indeks dan disimpan pada Database Search Engine.

Selanjutnya adalah Processing tahap ini dimana seseorang USER melakukan pencarian pada Search Engine, seperti Google. Contohnya User Google.com mengetikkan kata kunci “teknik SEO Sederhana” maka Search Engine Google akan memproses kayword tersebut dan menyesuaikannya dengan database.

Setelah Search Engine memproses, tahap selanjutnya adalah melakukan Calculating Relevancy. Yang mana Search Engine akan menghitung jumlah kata kunci yang sesuai pada setiap halaman yang telah ter indeks. Tahap terakhir adalah Retrieving Result, tahap dimana Search Engine akan merekomendasikan sebuah halaman atau artikel pada pembaca berdasarkan kata kunci yang relevan. Atau kata kunci yang berada pada artikel sesuai dengan yang di cari.


3 Teknik SEO Sederhana Agar Artikel Berada di Page One Google


1. Fokus Pada Konten

Google memiliki sebuah algoritma yang namanya adalah Hummingbird. Algoritma ini sangat memberikan keuntungan bagi Anda yang selalu fokus pada satu pokok pembahasan atau konten. Misalnya Anda membuat sebuah blog tentang android maka Anda fokus membuat artikel yang membahas android. Anda bahas semuanya dari A sampai Z. Blog dengan konten ini tentu akan kaya dengan keyword Android maka Google akan memberikan label pada website Anda sebagai website tentang android. Kemudian Google akan merekomendasikan pada setiap orang yang mencari informasi tentang android. Fokus pada satu konten merupakan salah satu teknik seo yang digunakan oleh kebanyakan blogger yang memanfaatkan algoritma Hummingbird untuk meningkatkan visitor.

2. Optimasi Meta Judul dan Meta Deskripasi Konten

Anda pasti setuju ketika Anda melakukan Searching di Google hal yang pertama Anda perhatikan adalah judul dan deskripsi. Jika judul yang Anda cari sesuai maka selanjutnya Anda akan membaca kalimat singkat (deskripsi) pada bagian bawah judul. Kemudian ketika judul dan deskripsi sesuai maka Anda akan cenderung membuka halaman tersebut. Nah, hal ini membuktikan bahwa melakukan optimasi pada judul dan deskripsi adalah penting. Optimasi ini juga merupakan salah satu teknik SEO pada Search Engine agar Google lebih mudah menemukan artikel tersebut.

Ketika Anda membuat judul, maka hendaknya judul tersebut memuat kata kunci (keyword). Pada artikel sebelumnya saya telah membahas mengenai 5 Cara Riset Keyword Gratis dalam Membuat Judul dan Artikel Blog. Tidak hanya Judul, deskripsi juga demikian. Anda juga harus memasukkan kata kunci yang sesuai dengan judul.

3 Teknik SEO Sederhana Agar Artikel Berada di Page One Google

Coba Anda perhatikan gambar di atas. Pada gambar tersebut terlihat bahwa kata kunci pada judul sangat relevan dengan kata kunci pada deskripsi di bawahnya.

Sekarang coba Anda pikirkan jika kata kunci pada judul dan deskripsi tidak sinkron maka otomatis Anda juga tidak akan mau mengunjungi atau mengeklik artikel tersebut. demikian pula pengunjung pada blog Anda. Buatlah judul artikel dan deskripsi yang sinkron, serta deskripsi tersebut dapat menjelaskan isi artikel. Jika hal ini sudah Anda lakukan maka Anda telah melakukan salah satu teknik SEO pada Judul dan Deskripsi.

3. Gunakan Google Search Console

Teknik SEO Sederhana yang terakhir adalah mendaftarkan blog Anda ke Google Search Console. Search Console adalah sebuah Tools Gratis yang dibuat oleh Google agar artikel yang dibuat bisa di indeks oleh Google. Dengan mendaftarkan semua artikel Anda ke Google Search Console maka artikel tersebut akan masuk ke Database Google. Dengan demikian Google dapat mengakses artikel tersebut untuk dirayapi atau di scan. Jika Anda tidak mendaftar ke Google Search Console maka dapat di pastikan artikel Anda tidak akan pernah dapat ditemukan oleh orang lain. Namun jika Anda meluangkan waktu untuk melakukan pengindeksan maka sama artinya Anda memberikan peluang artikel tersebut untuk bersaing di halaman satu Google.

Itu adalah artikel tentang 3 Teknik SEO Sederhana Agar Artikel Berada di Page One Google. Kesimpulan dari artikel ini adalah fokus pada satu artikel, optimasi judul dan deskripsi artikel dan yang terakhir daftarkan blog Anda ke Google Search Console kemudian submit setiap artikel yang Anda buat. Demikian pembahasan kali ini, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali di artikel-artikel selanjutnya.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"