Cara Memilih Jurusan Yang Tepat Jika Kamu Masih Bingung

Memilih jurusan yang tepat adalah salah satu problem yang akan dijumpai oleh setiap siswa yang telah lulus sekolah tingkat SMA. Sebagian orang telah mengetahui betul jurusan yang akan ia pilih. Namun sebagian lagi merasa bingung dalam memilih jurusan. Sehingga tidak jarang banyak yang hanya sekedar ikut-ikut teman ataupun salah jurusan. Ingat memilih jurusan kuliah yang tepat itu penting. Karena kita tahu proses perkuliahan itu tidak mudah terutama pada proses akhir yaitu skripsi. Memilih jurusan yang sesuai dengan yang Anda ingin kan akan sedikit meringankan beban dalam proses perkuliahan. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Tips tentang bagaimana Cara Memilih Jurusan Yang Tepat dan sesuai yang Anda inginkan.

Cara Memilih Jurusan Yang Tepat Jika Kamu Masih Bingung


Cara Memilih Jurusan Yang Tepat Jika Kamu Masih Bingung


Kenali Diri Sendiri

Hal yang pertama dan terutama adalah mengenal diri sendiri. Dengan mengenal diri sendiri maka kita akan tahu betul letak kekurangan dan kelebihan yang kita miliki. Hal ini tidak mudah untuk dilakukan, sehingga tidak jarang banyak orang yang merasa dirinya tidak punya kelebihan. Ingat! Setiap orang di ciptakan dengan kelebihannya masing-masing. Maka sudah merupakan kewajiban bagi kita untuk mencari tahu apa kelebihan kita. Orang yang ingin sukses dalam hidupnya pasti akan terus berusaha mencari jati dirinya.

Untuk memilih jurusan juga begitu. Dengan mengenal diri sendiri maka akan lebih mudah untuk memilih jurusan yang cocok untuk Anda. Bagaimana caranya, Anda bisa lakukan dengan membuat daftar apa saja kelebihan dan kelemahan Anda. Kemudian buatkan bobot atau poin terhadap setiap kelebihan yang Anda tuliskan. Jangan memaksakan sesuatu yang bukan kelebihan Anda. Tetapi mengasa potensi yang ada dalam diri itu lebih baik.

Apa Hobi dan Kesukaan Anda

Hobi dan kesukaan merupakan salah satu hal yang dapat Anda pertimbangkan ketika memilih sebuah jurusan. Misalkan ketika Anda hobi dan suka menulis, maka Anda akan menyempatkan waktu untuk menulis meskipun banyak tantangan. Tantangan tersebut justru akan membuat Anda semakin semangat. Dengan hobi menulis maka Anda bisa mencoba memilih jurusan sastra ataupun wartawan. Ingat proses perkuliahan tidak sama dengan proses belajar saat Anda masih di bangku sekolah. Saat kuliah Anda dituntut untuk mandiri. Mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang diberikan dosen dengan konsep berpikir Anda sendiri. Nah, bagi Anda yang hobi bermain dengan angka-angka maka Anda bisa memilih jurusan eksak seperti matematika dan fisika ataupun jurusan lainnya seperti akuntansi dan perpajakan. Apa pun hobi Anda, itu bisa Anda jadikan sebuah pertimbangan.

Jangan Ikut Orang Lain

Nah ini merupakan hal yang paling banyak dilakukan oleh orang yaitu ikut-ikut. Jika Anda ingin memilih jurusan yang tepat untuk Anda maka jangan pernah ikut-ikut. Alasannya yang paling banyak adalah ikut teman. Itu alasan yang salah menurut saya. Karena dengan memilih jurusan yang Anda suka justru akan memiliki dampak yang positif. Anda juga memiliki kesempatan untuk memperbanyak teman baru. Ketika Anda memilih jurusan karena ikut-ikut maka dampaknya adalah Anda akan malas-malasan dalam proses kuliah. Karena bukan keahlian dan kesukaan Anda. Al hasil Anda akan mendapatkan nilai mata kuliah yang kurang bagus.

Perhatikan Peluang Kerja Ke depan

Yang perlu Anda perhatikan berikutnya adalah peluang kerja ke depan. Apakah jurusan yang Anda pilih memiliki peluang kerja yang bagus untuk 4 sampai 5 tahun ke depan. Jika ia, maka silahkan pilih. Sedangkan jika tidak, maka cobalah untuk mempertimbangkannya kembali. Anda juga perlu memperhatikan tingkat kompetitor dari sebuah pekerjaan. Jika tingkat kompetitor lebih besar dari jumlah pekerja yang dibutuhkan maka peluang Anda akan semakin kecil. Karena kita tahu bahwa tujuan akhir dari semua itu adalah mendapatkan sebuah pekerjaan atau menciptakan sebuah lapangan pekerjaan. Serta mendapatkan penghasilan yang cukup.

Kesimpulan:

Ketika Anda ingin memilih sebuah jurusan yang tepat. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuan, hobi, kesukaan Anda dan jangan ikut-ikutan. Karena setiap hobi dan kesukaan akan di kerjakan dengan hati yang ikhlas. Serta perhatikan prospek atau peluang kerja ke depannya seperti apa. Karena tujuan akhir kita tentunya mencari pekerjaan yang baik dan memiliki gaji yang cukup.


Itulah artikel tentang Cara Memilih Jurusan Yang Tepat Jika Kamu Masih Bingung. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam proses pemilihan jurusan. Sekali lagi saya sarankan untuk Anda memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan kesukaan Anda. Karena proses perkuliahan akan terasa berat jika Anda terpaksa. Jika Anda memiliki saran lain silahkan tuliskan di kolom komentar agar nantinya orang yang mengunjung blog ini bisa membaca saran Anda. Jika ada kekurangan ataupun kesalahan mohon di maafkan dan terima kasih telah berkunjung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memilih Jurusan Yang Tepat Jika Kamu Masih Bingung"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel