Cara Memilih Universitas dan Fakultas yang Tepat Untuk Anda

Memilih suat Universitas merupakan salah satu problem yang akan dijumpai oleh sebagian siswa tingkat SMA yang baru lulus. Terkadang banyak siswa yang masih bingung mau kuliah dimana dan memilih jurusan apa. Sebelumnya saya telah membahas mengenai Cara Memilih Jurusan Yang Tepat Jika Kamu Masih Bingung. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagi tips tentang Cara Memilih Universitas dan Fakultas yang Tepat Untuk Anda. Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi saya sebelum dan sesudah lulus dari Universitas. Saya harap pengalaman ini bisa bermanfaat bagi Anda. Setiap orang pasti ingin kuliah di Universitas yang tepat. Karena Universitas dan Fakultas tersebut akan menjadi rumah Anda selama kurang lebih 4 tahun. Di sana Anda akan menggali ilmu sedalam-dalamnya. Untuk menggali ilmu maka Anda perlu sebuah Universitas dan Fakultas dengan Dosen serta Fasilitas terbaik untuk menuntun dan membantu Anda agar bisa berprestasi. Baik untuk mempersingkat waktu langsung saja kita mulai:

Cara Memilih Universitas dan Fakultas yang Tepat Untuk Anda

Cara Memilih Universitas dan Fakultas yang Tepat Untuk Anda


1. Lihat Peringkat Universitas

Setelah lulus sekolah tingkat SMA sebagian besar dari Anda akan memilih untuk kuliah. Kuliah di suatu Universitas favorit merupakan sebuah keinginan. Sebagian dari Anda mungkin sudah tahu ingin memilih Universitas apa setelah lulus. Namun sebagian lagi mungkin masih merasa kebingungan. Nah, bagi Anda yang masih belum tahu mau kuliah di Universitas apa. Maka di sini saya akan coba memberikan tips cara memilih Universitas yang tepat untuk Anda.

Tips pertama yang saya berikan adalah melihat peringkat dari suatu Universitas. Karena peringkat menunjukkan bahwa Universitas tersebut memiliki fasilitas, tenaga kerja dosen, dan lulusan yang bagus. Jika Anda ingin kuliah di Indonesia, maka carilah daftar dan peringkat universitas Se-Indonesia. Kemudian ketika universitas tersebut jauh dari kota tempat tinggal Anda. Maka Anda cukup melihatnya peringkat universitas terbaik di kota tempat Anda tinggal. Ingat! memilih Universitas terbaik itu penting dan jangan asal pilih. Masuk ke Universitas terbaik tidaklah mudah. Perlu kerja keras dan terus berdoa untuk bisa lolos. Maka teruslah belajar dan mempersiapkan diri adalah kuncinya.

2. Lihat Akreditasi dan Profil Universitas

Ketika Anda memilih suatu Universitas, maka cobalah melihat Akreditasi dari Universitas tersebut. Akreditasi menunjukkan bahwa Universitas bagus atau tidak. Jika perlu carilah Universitas dengan akreditasi A. Namun, jika itu sulit bagi Anda maka minimal mencari universitas dengan tingkat akreditasi B dengan Track Rekor Yang Baik. Kemudian cobalah untuk membaca profil dari Universitas tersebut. Caranya adalah buka website Universitas untuk membaca ulasan tentang Universitas tersebut. Selain itu Anda juga bisa bertanya kepada orang lain terkait Universitas tersebut. Jika akreditasi dan profilnya bagus maka Anda bisa masukkan Universitas tersebut ke dalam daftar pilihan.

3. Lihat Daftar Jurusan

Tips berikutnya adalah melihat Daftar Jurusan yang tersedia di Universitas tersebut. Carilah jurusan yang sesuai dengan bidang Anda. Setiap Universitas pasti memiliki daftar fakultas dan Jurusan yang ditawarkan. Jika tidak terdapat jurusan yang Anda suka maka cobalah mencari universitas yang lain atau coba mencari jurusan lain yang sesuai dengan Anda. Jika terdapat jurusan yang disukai maka masukkan Universitas tersebut ke dalam daftar pilihan Anda.

4. Lihat Akreditasi dan Profil Fakultas

Langkah selanjutnya adalah melihat Akreditasi dan Profil Fakultas. Tentunya Anda ingin kuliah di suatu Fakultas terbaik, maka pilih Fakultas dengan Tingkat Akreditasi yang baik. Setiap Fakultas pasti memiliki website. Kunjungi website fakultas untuk melihat profil Fakultas dan tenaga dosen yang mengajar di fakultas dan jurusan yang dipilih. Dengan demikian Anda akan tahu siapa saja dosen yang akan mengajar Anda nantinya. Semua informasi terkait fakultas dan dosen akan ada dapatkan melalui website tersebut. Selain itu informasi tentang beasiswa biasanya ada di website tersebut. Sempatkan diri Anda untuk membacanya.

5. Jangan Takut dengan Biaya Kuliah

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah biaya kuliah. Jika Anda ingin kuliah namun masih terkendala dengan biaya, maka tidak usah khawatir. Di zaman sekarang telah banyak beasiswa yang memberikan kesempatan kepada Anda untuk bisa kuliah. Salah satunya adalah beasiswa bidikmisi dan beasiswa untuk anak yang berprestasi. Beasiswa bidikmisi adalah beasiswa yang diberikan untuk Anda yang berprestasi namun memiliki kendala akan biaya kuliah. Ketika Anda mendapatkan beasiswa bidikmisi maka Anda akan bebas akan biaya kuliah (kuliah gratis) dan bahkan dan akan mendapatkan uang saku tiap tiga atau enam bulan sekali.


Itulah artikel tentang Cara Memilih Universitas dan Fakultas yang Tepat Untuk Anda. Semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat untuk Anda. Terutama bagi Anda yang masih bingung untuk memilih kuliah dimana dan masih takut akan biaya kuliah. Jangan takut dengan biaya kuliah, teruslah berprestasi maka peluang beasiswa akan semakin besar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memilih Universitas dan Fakultas yang Tepat Untuk Anda"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel