Cara Membuat Favicon Blog dan Panduan Lengkap Pemasangannya

Cara Membuat Favicon Blog dan Panduan Lengkap Pemasangannya

Gammafisblog.com - Favicon atau favorite icon adalah sebuah logo yang digunakan oleh sebuah blog untuk memberikan ciri atau identitas dari blog tersebut. Banyak sekali para blogger yang membuat icon untuk blog miliknya. Hal ini tentu bertujuan untuk brand kepada blog tersebut, sehingga ketika orang melihat logo tersebut maka ia langsung teringat dengan sebuah blog. Ada banyak cara membuat Favicon untuk dipasangkan di blog, Anda bisa membuat menggunakan aplikasi offline ataupun menggunakan aplikasi online yang disediakan oleh banyak situs, seperti genfavicon.com dan favicon.cc. Untuk aplikasi offline seperti aplikasi Photoshop, Corel Draw dan Paint dapat Anda manfaatkan dalam pembuatan Logo.

Cara Membuat Favicon Blog dan Cara Memasangnya

Selain menjadi ciri atau identitas sebuah blog, Favicon juga berfungsi untuk memperbagus tampilan blog dan membuat blog Anda lebih profesional. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini gammafisblog.com akan berbagi tutorial kepada dan tantang cara membuat dan memasang Favicon di blog. Caranya sangat mudah, ikutilah setiap langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Cara Membuat Favicon Untuk Logo Blog

  1. Buatlah Gambar dengan format PNG atau JPG menggunakan aplikasi Photoshop ataupun Corel Draw. Saran saya menggunakan Format PNG, karena background PNG akan transparan sehingga lebih bagus.
  2. Buat gambar semenarik mungkin untuk logo blog Anda.
  3. Atur ukuran gambar persegi dengan ukuran 100 x 100 Pixel.
  4. Maksimalkan ukuran logo, sehingga tidak banyak ruang yang kosong pada bagian kiri, kanan, atas dan bawah gambar. Hal ini juga bertujuan agar logo tersebut berukuran maksimum dan tampak lebih besar serta jelas. 
  5. Jika gambar sudah jadi, maka Eksport gambar tersebut dengan ukuran file kurang dari 100 Kb (Wajib)

Cara Memasang Favicon di Blog

  1. Masuk ke menu Daskboard blog Anda melalui blogger.com
  2. Klik Menu Tata Letak
  3. Cari menu Favicon kemudian klik Edit. Letanya pada bagian paling atas pada menu Tata Letak.
  4. Klik Choose File kemudian cari File gambar PNG yang telah Anda siapkan sebelumnya.
  5. Jika terdapat error (umumnya error gambar yang tidak persegi dan ukuran file melebihi 100 kb) maka Anda harus mengedit kembali gambar tersebut.
  6. Jika tidak ada Error maka silahkan klik Simpan.
  7. Tunggu beberapa menit, sampai logo favicon blog Anda berubah sesuai yang Anda Upload.


Itulah artikel tentang Cara Membuat Favicon Blog dan Panduan Lengkap Pemasangannya. Bagaimana? Sangat mudah bukan. Anda bisa mencobanya sendiri dan ikuti setiap langkah di atas. Anda bisa menggunakan aplikasi apa saja untuk mengedit dan membuat logo. Yang penting logo tersebut memenuhi syarat & ketentuan blog, yaitu gambar harus persegi dan ukuran file kurang dari 100 Kb. Namun, saran saya gunakan aplikasi desain yang bagus agar kualitas gambar yang dihasilkan akan bagus. Oke mungkin itu saja penjelasan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda. Saya ucapkan terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung dan sampai jumpa kembali dilain kesempatan.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"