Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Dapat Menerima Pesan Masuk dan Mengirim Pesan ke Luar

Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Dapat Menerima Pesan Masuk dan Mengirim Pesan ke Luar

Gammafisblog.com - WhatsApp adalah aplikasi media sosial yang paling sering digunakan. Aplikasi ini dapat mengirim pesan, melakukan panggilan, video call dan mengirim story atau status. Dengan tampilan sederhana dan mampu melakukan banyak hal menjadi daya tarik aplikasi ini. Selain itu aplikasi ini juga tidak membutuhkan paket internet yang banyak hanya beberapa MB saja Anda bisa menggunakannya seharian penuh. Dalam setiap penggunaan Aplikasi apa pun itu tentu kita akan selalu bertemu dengan permasalahan. Begitu juga dengan aplikasi WhatsApp, terkadang masalah tersebut sederhana dan juga begitu rumit. Namun, langkah apa yang harus Anda lakukan. Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah kenali permasalahannya terlebih dahulu kemudian cari solusinya di internet. Kebetulan pada kesempatan kali ini gammafisblog.com akan membahas sebuah masalah yang terkadang terjadi pada aplikasi WhatsApp, yaitu Anda tidak dapat menerima pesan masuk ataupun melakukan pengiriman pesan.

Baca Juga : 5 Aplikasi Download Status WhatsApp Orang Lain Secara Mudah Dan Tanpa Iklan
Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Dapat Menerima Pesan Masuk dan Mengirim Pesan

Sebelum saya membahas caranya, ada baiknya saya menjelaskan terlebih dahulu apa saja penyebab hal ini bisa terjadi. Agar ke depannya mungkin bisa Anda atas sebelum masalah ini terjadi. Salah satu penyebab ini terjadi adalah karena Anda membuka terlalu banyak aplikasi secara bersamaan. Sehingga membuat aplikasi WhatsApp menjadi sedikit non responding. Akibatnya semua pesan baik yang dikirim ataupun yang diterima tidak data masuk ke kotak pesan. Sehingga Anda berpikir bahwa teman Anda belum mengirim pesan atau teman Anda sedang tidak aktif. Jadi, jangan terlalu banyak membuka aplikasi yang berat secara bersamaan. Karena dapat menurunkan kinerja dari HP tersebut dan membuatnya menjadi cepat panas.

Namun, masalah ini masih terbilang sangat sederhana. Karena Anda masih dapat mengatasinya dengan cepat dan mudah. Intinya adalah Anda harus memaksakan berhenti aplikasi tersebut. cara ini dapat Anda lakukan melalui menu setting kemudian masuk ke menu info aplikasi. Untuk lebih jelasnya mungkin Anda bisa simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mengatasi WhatsApp yang tidak dapat menerima pesan Masuk

  1. Periksa paket data internet Anda.
  2. Tes jaringan internet dengan mencoba membuka browser atau dengan cara Googling. Hal ini dilakukan untuk mengetes apakah yang bermasalah adalah aplikasi WhatsApp, Paket Internet atau jaringan Anda.
  3. Jika kuota internet dan jaringan stabil, artinya aplikasi WhatsApp Anda sedang bermasalah.
  4. Tutup terlebih dahulu Aplikasi WhatsApp.
  5. Langkah selanjutnya adalah masuk pada menu info aplikasi. Ada dua cara, yaitu melalui menu setting atau dengan cara mengeklik tahan aplikasi WhatsApp kemudian klik icon huruf “i”. Di sini saya menggunakan HP Asus Zenfone 4 Max. Jika ada perbedaan silahkan disesuaikan saja.
  6. Masuk ke menu setting >> Aplikasi & Notifikasi >> Info Aplikasi >> Cari dan Klik aplikasi WhatsApp.
  7. Kemudian akan ada dua pilihan, yaitu Copot pemasangan dan Paksa Berhenti.
  8. Klik Paksa Berhenti.
  9. Buka kembali Aplikasi WhatsApp. Maka semua pesan yang awalnya tidak dapat masuk akan masuk dan semua pesan yang tertunda akan terkirim semua.
Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Dapat Menerima Pesan Masuk dan Mengirim Pesan

Manfaat dari Memaksa Aplikasi

Selain itu menu ini memiliki manfaat tertentu, yaitu Anda bisa menutup sebuah aplikasi ketika aplikasi tersebut tidak dapat di tutup atau diberhentikan. Dengan menu ini maka secara otomatis aplikasi tersebut akan berhenti atau tertutup. Selain itu aplikasi ini juga berfungsi untuk merefresh aplikasi. Dengan demikian maka kinerja dari aplikasi tersebut kembali prima. Kesimpulannya adalah ketika sebuah pesan yang dikirim oleh teman Anda tidak bisa masuk atau Anda tidak dapat menerima pesan artinya aplikasi Anda sedang not-responding. Hal ini terlepas dari permasalahan kehabisan kuota dan masalah jaringan lainnya. Solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan memaksa aplikasi tersebut untuk berhenti. Dengan demikian maka aplikasi WhatsApp Anda akan kembali normal dan bisa melakukan tugas dan fungsi seperti biasanya.
Itulah artikel tentang Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Dapat Menerima Pesan Masuk dan Mengirim Pesan. Cara ini tentu saja bisa Anda coba sendiri dengan mudah. Cara ini terbukti berhasil dan telah saya buktikan sendiri ketika dalam seharian tidak ada pesan yang masuk. Kemudian saya pun curiga dan mencoba mencari solusi permasalahan ini. Akhirnya setelah saya menemukan salah satu solusinya yaitu dengan memaksakan aplikasi tersebut untuk berhenti. Nah, semoga apa yang saya tuliskan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda. Jika Anda mengalami permasalahan yang lain terkait WhatsApp maka Anda bisa bertanya kepada kami melalui kolom komentar. Kami akan segera merespon pertanyaan Anda dan membantu Anda menemukan solusinya. Oke, mungkin itu saja hari ini terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"