Dampak Mengganti Domain blogspot.com menjadi TLD Dan Solusinya

Dampak Mengganti Domain blogspot.com menjadi TLD Dan Solusinya

Gammafisblog.com - Dampak Mengganti Domain blogspot.com menjadi Top Level Domain Dan Solusinya

Domain adalah Nama unik yang diberikan pada sebuah blog/website untuk mengidentifikasi alamat (IP Address) blog tersebut pada server komputer. Dengan adanya domain maka pengguna internet diberikan kemudahan untuk mengingat alamat berupa (kumpulan huruf atau nama) dari pada mengingat alamat berupa IP Address (Kumpulan Angka) dari sebuah website. Contohnya sebuah blog dengan nama “gammafisblog.com” kemudian IP Address “123.239.36.35” tentu saka akan lebih mudah mengingatnya dengan nama gammafisblog.com. Nah, itulah fungsi dari sebuah domain pada sebuah website.
Dampak Mengganti Domain blogspot.com menjadi Top Level Domain Dan Solusinya

Ada dua jenis domain, yaitu domain gratis dan domain berbayar. Domain gratis adalah domain yang diberikan oleh penyedia domain secara gratis untuk Anda gunakan. Contoh domain .blogspot.com yang diberikan oleh Google dan domain wordpress.com yang diberikan pada pengguna Wordpress.com. Domain berbayar adalah jenis Domain TLD (Top Level Domain) yang Anda dapatkan dengan cara membelinya pada penyedia domain seperti Rumahweb.com. Contoh domain TLD adalah domain .com, .net, dan .id, serta masih banyak lagi. Domain TLD merupakan domain Profesional dan mampu bersaing dengan baik pada mesin pencarian. Sebuah website terkenal akan tentunya menggunakan domain TLD untuk memberikan brand pada website mereka. Akan banyak sekali manfaat yang akan Anda per oleh ketika menggunakan domain TLD. Sehingga, banyak pula blogger yang ingin mengupgrade domain milik mereka ke doamain TLD.

Baca Juga : Pengalaman Mengganti Domain Dari Blogspot Menjadi TLD (Dot Com)

Dampak Mengganti Domain Secara Umum

Namun, banyak para blogger yang telah lama (bertahun-tahun) menggunakan domain gratis (.blogspot.com) takut untuk mengupgrade domain mereka menjadi TLD. Hal ini merupakan reaksi yang wajar, karena mengganti domain yang telah digunakan bertahun-tahun memiliki dampak negatif yang besar bagi blog tersebut. Salah satu Dampak Buruknya adalah turunnya Rank Alexa, DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority), kehilangan banyak Backlink dan masih banyak lagi. Hal ini dikarenakan ketika kita mengganti domain sama saja kita membuat blog baru. Nah, oleh karena itu mengganti domain merupakan keputusan yang cukup berat. Namun, ada cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Solusi Mengganti Domain

Hal ini pernah saya lakukan ketika ingin mengganti domain lama gammafisblog.blogspot.com menjadi gammafisblog.com. Dampak yang saya rasakan saat itu adalah artikel saya yang berada di Page One menjadi turun ke posisi 3 Halaman 1 Google. Tentu ini memicu penurunan trafik dari blog saya. Sempat ada perasaan menyesal saat itu, akan tetapi saya coba untuk bersabar. Karena saat itu blog saya menggunakan tempalate Rasponsive “Template Kompi Flexibel” dan saya mencoba mengupdate artikel bermanfaat (Original) setiap hari. Dalam satu minggu trafik blog saya kembali lagi dan artikel saya yang sempat turun dari Page One kembali lagi ke posisi tersebut.

Intinya ketika Anda ingin mengganti domain maka yang perlu Anda lakukan adalah
  1. Gunakan Template Yang Responsive
  2. Update Minimal 1 Artikel Original setiap Hari
  3. Jangan Lupa untuk mendaftarkan kembali blog ke Google Search Console dan Google Analitik
  4. Submit Artikel lama semampunya untuk memaksimalkan Penyerapan dan Pengindeksan Google. Saya melakukannya 10 artikel lama tiap hari untuk di Submit ulang. Tentu ini melelahkan tapi harus.

Dampak dan Solusi Ganti Domain Untuk Google Adsense

Menurut beberapa artikel yang saya baca. Dampak Lain dari mengganti domain bagi Publisher Google Adsense adalah terancamnya akun Dibanned. Setelah saya mengganti domain akun Adsense saya tetap aman dan masih berjalan sampai saat ini. Namun, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, yaitu dengan cara mengaktifkan otoritas situs atau ads.txt pada blog. Cara Memasang Ads.txt Google Adsense Di Blog Dengan Mudah. Setelah itu, jangan lupa menambahkan alamat blog Anda yang baru pada akun Google Adsense untuk di verifikasi kembali.

Pengalaman saya pada blog ini adalah dibutuhkan waktu 2 minggu untuk di Upprove Oleh Google. Setelah 2 minggu ternyata Google mendeteksi error Robot.txt pada halaman statis seperti label. Kemudian pada Robot.txt di Search Console saya menghapus “Disallow: /search” dan mengaktifkan Robot.txt pada dasboard blog di halaman pengaturan > Preferensi Penelusuran > Robot.txt. Setelah saya lakukan itu kemudian saya kembali mengajukan alamat blog saya yang baru dan akhirnya Google Upprove blog tersebut. Saya tidak tahu apa yang saya lakukan benar atau salah, yang pasti saya melakukan hal itu dan berhasil berdasarkan pengalaman yang saya alami. Mungkin ini bisa menjadi referensi Anda ketika mengalami kendala atau keraguan saat ingin mengganti domain. Jika Google menerima (Upprove) artinya status akun Adsense Anda berubah dari Hosted menjadi Non-Hosted.

Kesimpulan

Mengganti domain memang memiliki dampak negatif terhadap blog jika tidak dilakukan dengan prosedur yang benar. Jika dilakukan dengan benar maka mengganti domain bisa memberikan dampak postif terhadap blog. Karena blog akan memiliki performa yang baik di mesin pencarian. Lakukan Update artikel setiap hari untuk mengembalikan performa blog di Mesin penelusuran.

Itulah artikel tentang Dampak Mengganti Domain blogspot.com menjadi Top Level Domain Dan Solusinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. jika ada hal yang kurang dipahami dari penjelasan saya di atas maka Anda bisa bertanya melalui kolom komentar. Kemudian, jika dan mengalami masalah saat mengganti domain silahkan bertanya ke kami, kami akan mencoba membantu menyelesaikannya bersama-sama. Mungkin itu saja hari ini. Terima kasih telah berkunjung dan Sampai Jumpa kembali.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"