Dua Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat Untuk Pemula

Dua Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat Untuk Pemula

Perkembangan teknologi dalam dunia internet semakin canggih. Hal ini membuat semua orang diberikan kemudahan dalam berinternet. Salah satu perkembangan dunia internet adalah kemudahan dalam membuat sebuah website. Jika dulu Anda membuat sebuah website yang profesional harus paham kode HTLM, MSQL, CSS dan lainya. Maka sekarang hanya tinggal drag and drop saja sebuah website bisa Anda buat.
Dua Cara Membuat Website

Tidak hanya itu, membuat website juga bisa Anda lakukan dengan cukup mengisntal saja dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Untuk membuat sebuah website ada dua hal yang perlu Anda persiapkan, yaitu domain dan hosting. Domain gunanya untuk memberikan alamat dan hosting sebagai rumah atau server untuk menampun semua halaman-halaman website.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Nama Penulis Artikel dan Waktu Postingan di Blog

Apa manfaat membuat website?. Tentu saja banyak sekali manfaat yang dapat Anda per oleh. Hal ini terkhusus untuk Anda yang ingin berbisnis dalam dunia internet. Manfaat website dalam segi finansial adalah terciptanya sebuah lahan bisnis berbasis internet. Tentu saja kita tahu internet dapat menjangkau semua orang di seluruh dunia.

Memanfaatkan website sebagai strategi bisnis adalah pilihan terbaik. Karena saat ini sebuah perusahaan harus memiliki sebuah website untuk menjangkau pasar dalam dunia internet. Kita tidak dapat pungkiri lagi, peminat pasar Online melalukan pembelian secara Online sangat besar. Hal ini dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk miliknya.

Selain itu perilaku pembeli yang lebih suka melihat-lihat terlebih dahulu sebelum membeli adalah salah satu alasan mengapa pentingnya mempromosikan produk secara online. Dengan demikian pembeli dapat melihat dan memilih apa yang ia suka dengan banyak varian pilihan.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini gammafisblog.com akan memberikan informasi tentang 2 cara membuat website dengan mudah. Dua cara tersebut akan saya jelaskan secara lengkap di bawah ini. Simak penjelasan lengkapnya dengan baik.

Catatan :
Pada artikel ini saya hanya memberitahukan kepada Anda tentang dua cara membuat website. Bukan bagaimana cara membuat website. Artikel ini bermaksud agar Anda tahu betapa mudahnya membuat website dengan cara ini.

Cara Membuat Website Menggunakan XAMPP

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan aplikasi XAMPP. Aplikasi ini akan membantu Anda membuat sebuah server untuk menampung website. XAMPP tersedia secara gratis dan cara penginstalannya sangat mudah.

XAMPP berfungsi sebagai sebuah server yang dapat berdiri sendiri (localhost) yang tersusun atas kumpulan program MySQL database, Apache HTTP Server dan penerjemah bahasa pemrograman yang ditulis dengan bahasa PHP dan Perl.

XAMPP berlisensi GNU General Public License and Free, yang merupakan sebuah web server dan dapat dengan mudah menampilkan halaman web yang dinamis. Anda bisa mendownload aplikasi ini melalui situs resmi atau Anda tulis saja di Google “Download XAMPP”.

Untuk cara pembuatannya telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, yaitu Cara Membuat Website Menggunakan Platform Wordpress Dengan XAMPP. Pada artikel tersebut website yang saya buat belum Online namun Anda masih bisa mengaksesnya secara Offline melalui localhost.

Cara membuat website tersebut Online dan dapat di akses oleh semua orang. Maka Anda harus membeli sebuah layanan domain dan hosting. Domain ini berfungsi memberikan sebuah alamat pada website Anda dan hosting sebagai rumah untuk menampung semua hal yang ingin Anda masukkan ke website.

Ada banyak layanan domain dan hosting yang bisa Anda gunakan. Namun Anda harus benar-benar cari tahu terlebih dahulu tentang berapa kapasitas hosting yang harus Anda beli. Jika untuk sebuah website yang mampung informasi maka dengan 1 GB saja menurut saya sudah cukup. Tidak hanya itu Anda juga harus tahu berapa kecepatan akses data dari hosting tersebut. Baca Juga : Tips Membeli Domain dan Hosting Murah, Bagus dan Terbaik


Untuk proses setting Online maka Anda bisa meminta bantuan pihak penyedia layanan domain dan hosting untuk membantu Anda. Silahkan hubungi mereka melalui layanan Live Chat. Mereka Anda membantu dan menjawab semua kesulitan Anda dalam menggunakan domain dan hosting. Mereka Anda membimbing Anda sampai selesai.

Untuk membuat website pada umumnya Anda harus mengeluarkan dana minimal 500Rb untuk satu tahun penggunaan. Apakah nilai tersebut sangat besar menurut Anda. Menurut saya tidak, jika kita membagi 500Rb dalam setahun (365 hari) menjadi per hari maka dalam satu hari Anda hanya mengeluarkan 1000 – 1500.

Saya rasa jika Anda membuat sebuah website dengan tujuan bisnis maka modal ini masih terlalu kecil. Karena setiap bisnis tentu harus mengeluarkan modal. Membuat website dengan domain dan hosting sendiri maka Anda memiliki kendali dan kontrol penuh terhadap sebuah website tersebut. Selain itu hal ini akan membuat bisnis Anda menjadi lebih profesional dan akan meningkatkan kepercayaan pengunjung.

Cara Membuat Website Menggunakan Layanan Domain dan Hosting

Saat ini Anda tidak perlu lagi merasa kesulitan dalam membuat sebuah website. Karena para penyedia layanan domain dan hosting telah memberikan Anda kemudahan membuat website dengan platform WordPrees. Caranya pun sangat mudah Anda hanya perlu klik instal maka dalam hitungan menit website Anda akan jadi.

Namun terlebih dahulu Anda membeli domain dan hosting pada penyedia layanan, contohnya Rumahweb.com. Jika Anda merasa bingung untuk membeli domain dan hosting. Maka jangan malu untuk bertanya, manfaatkan layanan Live Chat. Mereka akan senang membantu Anda.

Untuk membeli domain dan Hosting di rumahweb.com atau pada situs lainya. Langah pertama adalah Anda harus mendaftarkan diri Anda menggunakan alamat email. Isikan data diri Anda dengan lengkap dan sesuai KTP. Agar jika terjadi masalah maka Anda bisa mengkonfirmasi kepemilikan menggunakan KTP.

Berikut adalah Screenshot layanan Wordpress Hosting dan Website pada rumahweb.com. Caranya sangat mudah Anda hanya diminta pilih template, edit tampilan menu dan klik Publish. Untuk menuju layanan ini maka Anda bisa login ke Rumahweb.com. Masuk rumah web kemudian klik Hosting dan pilih WordPress Hosting.

Cara Membuat Website Menggunakan XAMPP

Langkah selanjutnya Anda akan diminta memasukkan nama domain yang ingin Anda gunakan dan lengkapi semua data dan metode transfer. Setelah dilengkapi silahkan klik Order dan bayar sesuai dengan harga yang di tentukan. Jangan lupa untuk simpan bukti transfer Anda.

Kesimpulan dan Penutup

Itulah artikel tentang Dua Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat. Semoga informasi yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat memberikan kemudahan kepada Anda dalam membuat sebuah website.

Kesimpulannya adalah jika Anda ingin membuat sebuah website yang lebih profesional maka Anda harus mengeluarkan uang yang cukup besar di awal saja. Namun, setelah berjalan waktu dan website Anda telah mampu menghasilkan uang untuk Anda maka Anda tidak akan risau lagi untuk memperpanjangnya.

Jangan lupa untuk bagikan informasi bermanfaat ini kepada teman-teman Anda agar mereka bisa mengetahui apa yang Anda ketahui. Siap tahu di antara teman Anda ada yang ingin membuat sebuah website namun bingung memulainya dari mana. Maka dengan membagikan artikel ini akan memberikan solusi pada banyak orang.

Jangan lupa juga untuk ikuti blog ini, karena kami akan berbagi informasi menarik setiap harinya seputar teknologi, informasi terbaru dan unik, media sosial, tips internet dan tutorial membangun usaha dengan blogger.

Anda juga akan mendapatkan artikel secara gratis melalui email. Caranya cukup mudah Subscribe blog ini menggunakan alamat email Anda dan jangan lupa konfirmasi email Anda.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"