Cara Membuat Password Laptop Windows 8, 8.1 dan 10 dengan Mudah

Cara Membuat Password Laptop Windows 8, 8.1 dan 10 dengan Mudah

Melindungi laptop menggunakan Password atau kata sandi terkadang perlu kita lakukan. Hal ini karena pentingnya kita untuk menjaga privasi. Terlebih lagi jika file-file di dalam laptop tersebut sangat penting dan rahasia. Tentu saja kita tidak ingin orang lain sampai mencuri file tersebut. Disinilah pentingnya kita menggunakan password pada laptop.
Cara Membuat Password Laptop

Ada dua cara kita melindungi file di dalam laptop. Yang pertama kita menggunakan password pada Windows dan yang kedua menggunakan kunci folder tertentu dengan aplikasi atau sembunyi aktifkan fitur file.

Baca Juga : Cara Mengunci Folder Di Laptop Menggunakan Password Agar Aman

Melindungi file dengan password Windows artinya Anda mengunci semua file dan isi yang ada di laptop. Dengan cara ini maka setiap kali Anda atau orang lain ingin membuka atau menghidupkan laptop harus masukkan password.

Jika Anda menggunakan kunci folder atau sembunyi file maka Anda bisa memilih beberapa file atau folder yang ingin di Password. Sedangkan file lain yang tidak Anda kunci dengan password dapat di akses oleh Anda dan orang lain.

Artinya, pilihan Anda ditangan Anda. Hal ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda merasa ingin mengunci semua isi laptop sampai-sampai orang tidak dapat masuk tanpa sandi. Maka Anda bisa gunakan cara pertama. Atau Anda hanya mengunci folder-folder yang berisikan file penting maka gunakan cara kedua.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial kepada Anda tentang cara mengunci folder dengan cara pertama, yaitu mengunci seluruh isi laptop. Nah, untuk lebih jelas tentang langkah-langkahnya maka simak penjelasan berikut ini.

Cara Membuat Password Windows 8 dan 8.1 dengan Mudah

  1. Masuk ke menu Setting. Caranya sangat mudah arahkan kursor ke bagian pojok kanan atas desktop. Maka akan muncul menu bar seperti pada gambar di bawah ini. Klik icon roda gir (Setting/Pengaturan)
Cara Membuat Password Windows 8
  1. Klik Change PC Setting pada bagian kiri bawah. 
  2. Setelah itu Anda akan masuk ke jendela PC Setting. Selanjutnya klik “Accounts >> Sing-in-Options
  3. Langkah selanjutnya klik “ADD” pada menu Password.
Cara Membuat Password Windows 8.1
  1. Maka Anda akan di bawah ke halaman “Create a Password
  2. Pada New Password Isikan dengan Password yang ingin Anda gunakan. Kemudian masukkan Password yang sama pada Reenter Password untuk konfirmasi ulang password.
  3. Pada bagian “Password Hint” silahkan isikan dengan kata apa saja. Yang bisa memberikan Anda klu tentang password Anda jika lupa. Anda juga bisa di isi dengan kata “PASSWORD” juga boleh. Karena itu tidak akan mempengaruhi Anda untuk login.
  4. Terakhir klik Next dan Finis.
Cara Buat Password Windows 8.1


Cara Menghapus Password Windows

Bagi Anda yang ingin menghapus password atau tidak mau lagi menggunakan password pada laptop Anda. Maka caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti cara atau langkah membuat password di atas. kemudian, nanti kata ADD telah berubah jadi Chage karena laptop telah di password. Klik Change >> masukkan password dan biarkan kosong Create a Password.

Kesimpulan dan Penutup

Untuk mengunci file penting yang ada di laptop ada dua cara, yaitu dengan menggunakan password Windows dan yang kedua menggunakan aplikasi kunci folder/file. Hal ini di sesuaikan dengan tujuan Anda. Jika semua file penting maka saya sarankan untuk mengunci Windows Anda dengan password. Sedangkan jika hanya beberapa file saja yang ingin di kunci maka Anda gunakan aplikasi kunci folder.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan File di Laptop Tanpa Aplikasi dan Tetap Aman

Itulah artikel tentang Cara Membuat Password Laptop Windows 8, 8.1 dan 10 dengan Mudah. Semoga dengan adanya artikel ini maka bisa mempermudah Anda dalam membuat password. Pada artikel ini telah saya jelaskan secara rinci dan di lengkapi dengan gambar untuk mempermudah Anda.

Pada intinya cara membuat password Windows dan cara menghapus password, caranya adalah sama. Hanya saja kalau Anda membuat password maka Anda ADD password. Kalau untuk menghapus maka kosongkan kolom password.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"