Cara Membuat Link URL Yang Panjang Menjadi Sangat Pendek

Cara Membuat Link URL Yang Panjang Menjadi Sangat Pendek. Link URL adalah sebuah tautan yang bertujuan untuk mengarahkan seseorang menuju ke sebuah halaman blog atau website. Contoh pada blog ini, pada bagian atas menu saya menyimpan Link yang menuju ke halaman about, kontak, daftar isi dan lain-lain. Dengan demikian maka akan memudahkan orang untuk mengakses halaman tersebut.
Cara Membuat Link URL Yang Panjang Menjadi Sangat Pendek

Sebuah Link terkadang dapat kita buat sendiri sehingga dapat diatur panjang dan pendek dari Link tersebut. Contohnya Link ketika kita membuat sebuah artikel pada postingan blog. Namun, ada juga sebuah Link terbuat secara otomatis dan tidak dapat kita atau panjang pendek Link tersebut. Contohnya ketika Anda ingin share link file dari Google Drive. Link yang panjang tentu saja membuat orang lain sulit untuk membaca apalagi mengingatnya.

Baca Juga : Cara Membuat Watermark Pada Foto/Gambar Menggunakan Word

Contohnya :
https://drive.google.com/file/d/1MQlSbkyW2vnwjBz-Rod2FeAkeFSc-TdT/view?usp=sharing

Selain itu link yang panjang juga sangat tidak menarik dan kurang elegan. Coba Anda bayangkan ketika ingin mengikuti sebuah pendaftaran yang infonya ada per oleh dari sebuah brosur. Kemudian Anda diminta untuk mengakses Link di atas untuk mendaftar. Tentu saja Anda merasa malas dan cape ketika mengetik. Oleh karena itu penting untuk kita mengubah Link panjang menjadi pendek.

Bagaimana Cara Membuat Link URL Yang Panjang Menjadi Sangat Pendek agar lebih mudah diingat dan diakses?. Caranya sangat mudah Anda bisa memanfaatkan sebuah situs atau website untuk memendekkan link. Caranya akan saya jelaskan secara lengkap di bawah ini. Simak pembahasan dan ikuti setiap langkahnya.

Cara Membuat Link URL Yang Panjang Menjadi Sangat Pendek

  1. Siapkan Link URL yang ingin diubah menjadi lebih pendek. Link apa saja, bisa berupa Link artikel, Link Share File melalu Google Drive dan Link URL lainnya.
  2. Masuk ke halaman website “bitly.com”.
  3. Cari kolom menu bertulisan “Shorten You Link”.
  4. Copy dan Paste Link URL yang ingin dipendekkan pada kolom tersebut.
  5. Kemudian klik “Shorten”.
  6. Copy Link URL yang telah di Shorten.
  7. URL siap Untuk digunakan.
Cara Membuat Link URL Yang Panjang Menjadi Pendek

Contoh Cara Membuat Link URL menjadi Pendek

Misalkan saya memiliki Link URL sebagai berikut :

https://drive.google.com/file/d/1MQlSbkyW2vnwjBz-Rod2FeAkeFSc-TdT/view?usp=sharing

Tentu saja Link tersebut sangat panjang dan sangat sulit untuk di ingat. Jangankan ingat mengetiknya pun malas. Setelah di Shorten menggunakan bitly.com maka URL tersebut menjadi lebih pendek, yaitu : https://bit.ly/30bMDkD

Dengan demikian URL yang awalnya panjang akan menjadi sangat pendek dan lebih mudah di ingat. Selain itu tampilan setelah di Shorten lebih menarik dan enak dilihat dari pada sebelum di Shorten.

5 Kumpulan Situs Pembuat Link URL yang panjang menjadi pendek

  • Adf.ly
  • TinyURL
  • Firebase Dinamic Links (FDL)
  • Ow.ly
  • Is.gd
Kelima situs di atas bisa Anda jadikan sebagai alternatif dari bitly.com. Ataupun Anda bisa mencoba kelima situs tersebut satu-persatu dan mana yang menarik perhatian Anda. Kalau saran dari saya mungkin Anda bisa mencoba menggunakan Adf.ly untuk memendekkan URL.

Itulah artikel tentang Cara Membuat Link URL Yang Panjang Menjadi Sangat Pendek. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Ini adalah salah satu cara termudah untuk buat Link URL yang panjang menjadi pendek. Saya yakin Anda tidak akan kebingungan untuk mencobanya sendiri.

Jangan lupa luangkan waktunya untuk share artikel bermanfaat ini kepada teman-teman Anda. Mari kita berbagi pengetahuan agar pengetahuan kita akan semakin bertambah. Siapa tahu dengan Anda share link ini maka ada orang yang terbantu karena ada. Tentu itu adalah sebuah nilai kebaikan.

Baca Juga : Tips Membuat Email Agar Aman Bagi Yang Suka Lupa Password

Oh Ia, jangan lupa juga ikuti dan Subcribe blog ini agar Anda tidak ketinggalan informasi-informasi menarik lainnya seputar teknologi dan pendidikan. Dengan Subcribe maka Anda akan mendapatkan artikel secara gratis yang akan dikirim melalui email yang Anda daftarkan. Dan jangan lupa untuk konfirmasi setelah Anda Subcribe.

Mungkin itu saja pembahasan kali ini. Saya sebagai admin mengucapkan terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali di lain kesempatan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel