Tips Membuat Email Agar Aman Bagi Yang Suka Lupa Password

Email adalah sebuah surat elektronik yang digunakan untuk mengirim pesan secara Online. Email sangat penting bagi semua orang di zaman modern seperti sekarang ini. Mengapa demikian ?. Di zaman sekarang email tidak hanya digunakan untuk mengirim surat elektronik saja namun lebih dari pada itu.
Tips Membuat Email Agar Aman Bagi Yang Suka Lupa Password

Ketika Anda mendaftar sebuah perguruan tinggi maka Anda akan diminta memasukkan alamat email untuk konfirmasi akun. Selain itu email sangat bermanfaat untuk Anda yang sukan membuat akun media sosial atau akun lainnya. Email menjadi salah satu metode yang digunakan untun login.

Baca Juga : 5 Aplikasi Email Terbaik, Aman dan Terpercaya Untuk Smartphone Android Anda

Bukan hanya itu, ketika Anda ingin melakukan belanja Online maka Anda akan diminta untuk membuat akun pada situs tersebut dan memasukkan alamat email. Maka dari itu, email sangat penting bagi semua orang di zaman sekarang.

Membuat email sangat mudah, sehingga tidak jarang satu orang memiliki lebih dari satu alamat email. Namun, terkadang ketika kita membuat sebuah email dalam beberapa bulan ke depan kita lupa dengan password yang digunakan untuk login.

Hal ini tentu saja membuat Anda khawatir dan tidak ingin kehilangan email tersebut. Nah, untuk mengantisipasi hal ini terjadi dimasa yang akan datang. Maka pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips kepada Anda tentang cara membuat password email agar tidak cepat lupa dan cara memulihkan akun ketika Anda lupa password.

Tips Membuat Email Agar Aman Bagi Yang Suka Lupa Password


1. Tambahkan Email Recovery atau Email Pemulihan

Ketika kita membuat sebuah password email menggunakan layanan @gmail.com. Maka pihak Gmail tentu akan meminta Anda memasukkan sebuah alat email. Yang mana email ini akan dijadikan sebagai email pemulihan ketika Anda lupa password atau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Seperti email Anda di Hack atau di retas.

Email pemulihan berfungsi sebagai email untuk mengonfirmasi bahwa email tersebut adalah milik Anda. misalkan Anda memiliki email A dan email B sebagai email pemulihan. Maka ketika Anda lupa password email A, Anda bisa menggunakan layanan lupa password untuk mengganti password lama (yang lupa dengan password baru).

Layanan lupa password tidak begitu saja bisa Anda gunakan. Layanan ini perlu mengkonfirmasi apakah email A tersebut milik Anda. Nah, di sinilah fungsi dari email B sebagai email pemulihan. Ketika Anda mengeklik lupa password maka Google akan meminta Anda memasukkan email pemulihan, yaitu email B.

Kemudian Google akan mengirim kode konfirmasi bahwa email B benar-benar merupakan email Anda. Setelah Anda mendapatkan konde konfirmasi, maka silahkan masukkan kode tersebut untuk mengkonfirmasi penggantian Password. Dengan demikian maka akun email A bisa Anda dapatkan dan gunakan kembali seperti biasa.

Baca Juga : 2 Cara Mengganti Username Facebook Terbaru 2019

2. Tambahkan Nomor Telepon

Nomor telepon juga memiliki tugas dan fungsi yang sama dengan email pemulihan, yaitu untuk mengkonfirmasi kepemilikan dari akun email tersebut ketika lupa password atau di Hack. Metode kedua ini sangat bermanfaat bagi Anda yang beru pertama kali membuat akun email. Karena Anda belum memiliki email akun email untuk dijadikan sebagai email pemulihan.

Pada umumnya Google akan meminta Anda menambahkan nomor telepon pada proses pembuatan akun sebagai nomor konfirmasi pembuatan akun gmail. Namun, terkadang suatu hal yang tidak di inginkan terjadi. Yaitu Anda kehilangan nomor tersebut atau nomor tersebut telah di blokir.

Jika terjadi demikian maka Anda harus segera mengganti nomor telepon yang ada di email dengan nomor yang barus. Hal ini di takutkan akun Anda akan diambil alih oleh orang yang menemukan nomor telepon Anda. Jika sampai itu terjadi, maka otomatis Anda akan kehilangan akun email.

3. Gunakan Password yang Kuat, Unik dan Berkesan

Maksudnya adalah Anda harus membuat sebuah password dengan sebuah kata yang akan Anda ingat dengan mudah. Hal ini tentu saja merupakan sesuatu hal yang berkesan atau suatu kejadian yang sulit untuk dilupakan. Anda juga bisa menggunakan Hobi Anda sebagai Password. Dengan demikian maka dijamin Anda tidak akan pernah mengalami kejadian lupa Password.

Namun, membuat password menggunakan kata-kata yang unik saja kurang tepat. Karena hal ini akan rawan di bobol oleh orang lain. Maka Anda juga perlu membuat sebuah Password yang kuat. Membuat password yang kuat tentu saja terdiri dari kata-kata yang panjang, merupakan kombinasi huruf besar, kecil, angka dan simbol.

Baca Juga : Tips Membuat Password yang Unik, Sulit Ditebak, Tapi Mudah di Ingat

Itulah artikel tentang Tips Membuat Email Agar Aman Bagi Yang Suka Lupa Password. Semoga dengan artikel ini bisa membantu Anda dalam memulihkan akun email ketika Anda lupa password. Serta dapat membantu Anda dalam membuat password yang kuat, unik dan berkesan.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada siapa saja, kapa saja dan dimana saja. Dengan berbagi tips ini maka Anda telah membantu banyak orang ketika ia suka lupa akan password email. Dengan 3 tips sederhana ini, Anda juga akan dapat mengatasi ketika email Anda di hack oleh orang lain.

Akhir kata saya mengajak Anda untuk ikuti blog ini untuk memperoleh informasi seutas teknologi dan pendidikan. Serta saya ucapkan terima kasih karena telah mau mengeklik artikel ini. semoga Anda suka dengan penjelasan saya dan jangan lupa untuk datang kembali di lain kesempatan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel