Cara Mempercepat Loading Iklan Adsense Pada Blog Menggunakan Lazy Load

Cara Mempercepat Loading Iklan Adsense Pada Blog Menggunakan Lazy Load

Cara Mempercepat Loading Blog Menggunakan Lazy Load. Lazy Load adalah teknik yang digunakan oleh para blogger untuk menunda pemuatan halaman yang tidak penting. Lazy Load pada awalnya hanya bekerja pada Platform  WordPress. Namun saat ini Lazy Load sudah jauh berkembang dan dapat di terapkan pada Platform Blogger.
Cara Mempercepat Loading Iklan Adsense Pada Blog Menggunakan Lazy Load

Salah satu hal yang menyebabkan Loading Blog Lambat adalah Iklan Google Adsense. Pada setiap iklan Google Adsense terdapat kode Javascript yang dimuat bersamaan pada sebuah halaman. Artinya semakin banyak iklan yang Anda pasang maka akan semakin banyak pula kode Javascript yang harus dimuat pada halaman tersebut. Lantas Apa yang harus kita lakukan?. Salah satu caranya adalah menggunakan teknik Lazy Load.

Baca Juga : Cara Melaporkan Artikel Yang Dicopas Ke Google DMCA Terbaru 2019

Lazy Load dapat mempercepat Loading Blog. Hal ini dikarenakan kita bisa menggunakan teknik ini untuk menunda pemuatan halaman yang tidak penting dan menjalakan terlebih dahulu halaman blog atau artikel yang di muat. Salah satu penyebab sebuah blog menjadi lebih lambat atau bahkan sangat lambat adalah pemuatan kode iklan yang mengandung Javascript. Oleh karena itu kita harus mengurangi kode ini menggunakan Lazy Load agar lebih efisien.

Pertanyaannya Bagaimana Cara Mempercepat Loading Iklan Adsense Pada Blog Menggunakan Lazy Load ?. Caranya adalah dengan menghapus kode Javascript yang memperlambat loading dalam hal ini Kode Javascript Google Adsense dan menggantinya dengan kode modifikasi Javascript Lazy Load.

Lazy Load hanya bertugas menunda halaman tertentu dimuat dan akan halaman yang ditunda tersebut akan tampil setelah loading halaman artikel tampil. Hal ini akan terlihat halaman iklan sebagai halaman kotak kosong namun tetap akan tampil nantinya. Proses penundaan ini sampai pengunjung Scroll halaman blog atau artikel yang dibaca. Nah, setelah itu barulah iklan akan tampil dan tampil lebih sempurna dibandingkan tanpa Lazy Load.

Pada kesempatan ini gammafisblog.com akan membahas tutorial tentang Cara Mempercepat Loading Iklan Adsense Pada Blog Menggunakan Lazy Load. Jika Anda ingin menggunakan teknik ini pada blog Anda. Maka perhatikan penjelasan berikut ini dan ikuti langkah demi langkah. Jika ada yang tidak mengeti maka segera bertanya melalui kolom komentar.


Cara Mempercepat Loading Blog Menggunakan Lazy Load


Dalam menerapkan teknik Lazy Load pada iklan Google Adsense, maka ada dua tahapan yang harus Anda lakukan. Tahap pertama adalah Anda harus menghapus semua kode Javascript pada iklan Google Adsense. Untuk mengganti kode Javascript tersebut maka Anda harus menambahkan kode Lazy Load tepat di atas </body> atau &lt;/body&gt;

Pada tutorial kali ini saya menggunakan template Kompi Flexible. Jika Anda menggunakan template yang lain maka silahkan di sesuaikan. Karena kode ini bisa dipasang pada semua template atau dapat bekerja dengan baik pada Platform blogger.

Menghapus Kode Javascript Iklan Google Adsense

  1. Langkah pertama login ke akun blogger Anda, melalui blogger.com.
  2. Masuk ke menu edit HTML dengan cara Klik Tema >> Edit HTML
  3. Cari Kode dan hapus kode Javascript Adsense : Contoh kodenya adalah sebagai berikut : <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>. Gunakan CTRL + F untuk mempermudah pencarian. Jika tidak di temukan maka untuk mempermudah, cukup mencari kode “pagead2.googlesyndication.com”.
  4. Ingat : kode Javascript Adsense yang harus dihapus adalah Semua kode Javascript tersebut baik pada iklan Adsense yang Anda tambahkan ataupun kode iklan otomatis (SEMUANYA).

Catatan Penting : Terkadang Kode Javascript pada langkah 3 telah di parse menjadi : &lt;script async src=&quot;https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js&quot;&gt;&lt;/script&gt; Kedua kode tersebut adalah sama. Anda harus menghapusnya jika ada.

Contoh 1 : Menghapus Kode Javascript Iklan Adsense

Kode Iklan Adsense Sebelum Kode Javascript Dihapus
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- Iklan-Bawah-Responsive -->
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-12345678910111213"
     data-ad-slot="1234567890"
     data-ad-format="auto"
     data-full-width-responsive="true"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Kode Iklan Adsense Setelah Kode Javascript Dihapus
<!-- Iklan-Bawah-Responsive -->
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-12345678910111213"
     data-ad-slot="1234567890"
     data-ad-format="auto"
     data-full-width-responsive="true"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Contoh 2 : Menghapus Kode Javascript Iklan Adsense Otomatis

Kode Sebelum Dihapus
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({ google_ad_client: "ca-pub-1234567890111213", enable_page_level_ads: true }); </script>

Kode Setelah Dihapus
<script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({ google_ad_client: "ca-pub-1234567890111213", enable_page_level_ads: true }); </script>

Mengganti Kode Javascript yang telah Dihapus

Setelah kode Javascript tersebut dihapus, maka Anda harus menambahkan satu kode yang telah dimodifikasi berikut ini untuk menggantikan kode Javascript tersebut. Kode ini adalah kode yang aman digunakan untuk Google Adsense. Hal ini karena Google lebih menyukai sebuah blog dengan loading yang cepat. Banyak para blogger yang telah menggunakan trik ini untuk mempercepat loading.

Cara Menggunakan Kode Lazy Load Google Adsense.

  • Anda bisa mendownload kode tersebut melalui link berikut ini : https://bit.ly/30bMDkD (Copy Link Tersebut)
  • Tambahkan kode Lazy Load yang Anda download tepat di atas </body> atau &lt;/body&gt;
  • Klik Save Template

Ingat : Kode tersebut adalah kode Lazy Google Adsense. Kode tersebut akan membuat iklan Adsense tampil setelah halaman Blog atau Artikel Anda tampil. Iklan Adsense tampil setelah Anda scroll halaman tersebut. Jadi, iklan Adsense tidak akan tampil sebelum pengunjung tepat saat ingin Scroll halaman artikel blog.

Cara Mempercepat Loading Blog
Gambar bagian atas adalah sebelum ditambahkan kode Lazy Load dan bagian bawah setelah ditambahkan Lazy Load (Gtmetrix.com).


Manfaat Kode Lazy Google Adsense

  • Dengan teknik ini maka, loading halaman blog akan menjadi cepat. Hal ini dikarenakan halaman blog Anda tidak lagi di muat bersamaan dengan iklan.
  • Iklan Adsense akan tampil dengan sempurna dan bahkan semua tempat yang Anda pasang iklan akan tampil dengan sempurna.
  • Membuat pengunjung senang karena tidak perlu menunggu lama untuk bisa membaca artikel tersebut.
  • Memangkas Kode Javascript yang berulang pada halaman ketika dimuat.
Baca Juga : Cara Mengetahui Keyword yang Ada di Blog Kompetitor Terbaru 2019

Itulah artikel tentang Cara Mempercepat Loading Iklan Adsense Pada Blog Menggunakan Lazy Load. Semoga dengan mengikuti tutorial di atas makan loading blog Anda menjadi lebih cepat. Hal ini telah saya buktikan menggunakan tools PageSpeed Insights dan GTmetrix. Anda juga dapat menggunakan tools tersebut untuk mengecek kecepatan loading blog sebelum dan sesudah mengikuti tutorial ini.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"