Cara Melaporkan Artikel Yang Dicopas Ke Google DMCA Terbaru 2019

Cara Melaporkan Artikel Yang Dicopas Ke Google DMCA Terbaru 2019

Cara Melaporkan Artikel Yang Dicopas Ke Google DMCA. Pelanggaran pada dunia blogger memang sering terjadi dan terkadang menjadi hal yang lumrah. Salah satunya adalah pelanggaran hak cipta, tentang pencurian konten tanpa izin dan tanpa memberikan kredit link kepada pemilik artikel. Tentu ini akan membuat kita geram. Tidak tanggung-tanggung terkadang sang pencuri konten tidak mau berusaha. Sehingga artikel yang dicopas tanpa edit sedikit pun.
Cara Melaporkan Artikel Yang Dicopas Ke Google DMCA

Hal ini tentu akan merugikan pemegang hak cipta konten artikel tersebut. Kerugian ini memang memberikan dampak yang kecil untuk saat ini. Namun, untuk ke depannya tentu akan memberikan masalah yang besar dan merepotkan.

Salah satu kerugian yang bisa Anda per oleh secara langsung adalah tingkat kepercayaan pengunjung terhadap artikel yang Anda buat. Ketika ia melihat ada dua artikel yang sama maka ia akan bingung mana pemilik asli artikel ini. Bisa-bisa ia akan mengecap kedua blog tersebut sebagai blog yang copas.

Untuk permasalahan yang ditimbulkan akibat pencurian konten ke depannya, maka kemungkinan Search Engine akan membaca sebagai artikel yang duplikat. Atau ada dua artikel yang sama. Ini tentu saja akan merugikan blog Anda di Search Engine. Kemudian tidak jarang orang yang mencuri artikel menggunakan segala macam teknik dalam mengcopas.

Misalnya teknik AGC yang mana artikel secara otomatis dicopas dengan keyword tertentu. Kemudian artikel tersebut di publis dengan tanggal dan waktu sebelum Anda mempublis artikel. Artinya seolah olah bahwa dilah yang terlebih dahulu membuat artikel tersebut dan seolah olah dialah pemilik artikel. Baca Juga : Dikucilkan! Perilaku Seorang AGC Yang Membosankan

Untuk mengatasi masalah ini, Google memberikan ruang khusuk kepada pemilik artikel untuk mengajukan keluhan terhadap pencurian artikel (artikel yang dicopas). Pada halaman tersebut Anda akan diminta untuk mengisi sejumlah data dan mengisi keluhan terhadap blog si pencuri konten.

Halaman ini adalah halaman Google DMCA. DMCA (Digital Millenium Copyright Act) adalah sebuah fasilitas yang diberikan oleh Google untuk melindungi sebuah artikel atau pemilik konten asli dari sebuah blog/website dari tindakan pencurian artikel (Copy Paste Artikel). DMCA bertugas untuk menghapus blog atau website yang melakukan pelanggaran ini dari mesin pencarian. Atau Google akan menurunkan peringkat blog di mesin pencarian dan memberikan nilai yang buruk pada blog tersebut.

Nah, jika Anda adalah salah seorang yang mengalami hal ini maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melaporkan pelanggaran artikel copy paste (Copas). Mari simak pembahasan berikut ini.

Cara Melaporkan Artikel Yang Dicopas Ke Google DMCA


Masuk ke halaman Google DMCA. Pada halaman tersebut Anda diwajibkan untuk mengisi form biodata pelapor berupa data diri, tanda tangan, keluhan, URL artikel Anda yang dicopas dan URL artikel yang mencuri artikel Anda.

Isikan Informasi Kontak

Cara Melaporkan Artikel Yang Dicopas Ke Google DMCA


Keterangan Gambar :
  • Nama depan : Isi dengan Kata Pertama Nama Anda. Misalkan Nama Anda ada 3 kata “A B C”. Maka Nama depan adalah “A”
  • Nama Belakang : Isikan dengan satu atau dua kata terakhir. Jadi jika nama Anda “A B C” maka nama belakang di sisi dengan “B C”.
  • Nama Perusahaan : Silahkan Isi dengan Nama Blog Anda
  • Pemegang Hak Cipta yang Anda Wakili : Silahkan Pilih “Diri Sendiri” kemudian centang “saya mengkonfirmasi bahwa saya pemegang hak cipta”.
  • Alamat Email : Masukkan dengan email yang Anda daftarkan pada blog tersebut.
  • Negara/Kawasan : Indonesia.

Baca Juga : Cara Cek Artikel Original atau Copy Paste dengan Mudah

KARYA BERHAK CIPTA ANDA

Form ini berfungsi untuk mengkonfirmasi bahwa artikel Anda benar-benar milik Anda dan telah di curi oleh sebuah blog. Masukkan informasi yang sangat detail dan jangan sampai salah. karena nanti tidak akan ditinjau.

Ada 3 Kolom Pernyataan yang harus Anda isi (perhatikan gambar di bawah ini)

Cara Melaporkan Artikel Yang Dicopas Ke Google DMCA

Keterangan Gambar :
  • Pada Form Kotak Pertama : Isikan dengan Keluhan Anda dan maksimal 500 karakter termaksud spasi. Sebagai Contoh. Isikan dengan kata : “Artikel saya telah dicuri tanpa izin dari saya”. Anda bisa menggunakan bahasa inggris jika ingin lebih cepat ditinjau.
  • Pada Form Kotak Kedua : Isikan dengan URL artikel Anda yang dicuri pada blog Anda. Maksimal URL yang ditambahkan adalah 1000 baris. Jika terdapat lebih dari 1 URL maka taruh URL berikutnya tepat di bawah URL sebelumnya dengan klik Enter.
  • Pada Form Kotak Ketiga : Isikan URL artikel Blog pencuri. Ingat : Urutan URL artikel sesuai dengan kolom kotak kedua.


Contoh :

Kolom Kedua di Isi dengan
https://www.blog-anda.com/artikel-A.html
https://www.blog-anda.com/artikel-B.html
https://www.blog-anda.com/artikel-C.html
https://www.blog-anda.com/artikel-D.html

Kolom Kedua di Isi dengan
https://www.blog-pencuri.com/artikel-A.html
https://www.blog-pencuri.com/artikel-B.html
https://www.blog-pencuri.com/artikel-C.html
https://www.blog-pencuri.com/artikel-D.html

PERNYATAAN TERSUMPAH

Pada bagian ini adalah form pernyataan bahwa Anda benar-benar pemilik artikel yang sah dan ingin melaporkan pelanggaran pencurian artikel. Silahkan beri tanda centang dan tanda tangan Anda berupa tanggal pelaporan hari ini dan nama lengkap Anda.

Cara Melaporkan Artikel Yang Dicopas Ke Google DMCA

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Memasang Musik atau Lagu Otomatis di Blog

Itulah artikel tentang Cara Melaporkan Artikel Yang Dicopas Ke Google DMCA. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mengalami masalah artikel copas. Jangan ragu untuk melaporkannya jika pelanggaran yang di lakukan sanga berat. Misalnya hampir semua artikel Anda dicuri dan tanpa edit dan link sumber. Tentu ini akan sangat merugikan Anda di masa yang akan datang.

Jika artikel ini dapat memberikan solusi bagi Anda, maka jangan lupa share artikel ini ke akun media sosial Anda atau ke grup blogger yang Anda ikuti. Mari berbagi informasi bermanfaat kepada semua orang.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"