Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi Dan Komunikasi Online Saat Ini

Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi Dan Komunikasi Online Saat Ini

Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi Dan Komunikasi Online. Dunia internet merupakan salah satu media tersebarnya sebuah informasi secara cepat. Selain itu dengan internet seseorang dapat melakukan komunikasi lebih mudah lagi dan cepat. Ada banyak hal positif yang bisa Anda per oleh di internet, namun dibalik itu dampak negatif dari internet juga ada.
Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Dampak positif dan Negatif dari internet tergantung dari setiap individu. Ketika individu tersebut dapat menggunakan internet dengan sangat bijak dan terarah maka ia akan mendapatkan manfaat dampak positif internet. Sebaliknya jika digunakan dengan tidak bijak, maka akan menimbulkan dampak negatif bagi darinya dan orang lain.

Baca Juga : 5 Penyebab WhatsApp Web Sulit Terkoneksi dengan Smartphone dan Cara Mengatasinya

Ada banyak sekali Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi Dan Komunikasi Internet. Pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya secara lengkap tentang kedua hal tersebut. Untuk tidak memperpanjang kata mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi


Perkembangan teknologi dalam dunia informasi dan komunikasi tentu saja memiliki dampak yang positif bagi kehidupan manusia. Perkembangan teknologi ini dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia yang dulunya begitu lama. Contohnya saja dampak teknologi dalam media penyampaian pesan (Surat). Dengan surat berbasis elektronik orang dapat mengirim surat kapan saja dan dimana saja. Berikut ini penjelasan lengkapnya tentang dampak positif perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

1. Mempermudah Orang Untuk Mendapat Informasi Yang Cepat

Dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, saat ini setiap individu manusia dapat memperoleh informasi dengan cepat. Melalui telepon genggam yang terkoneksi dengan internet maka akses informasi dan penyebaran informasi dapat dilakukan hanya memerlukan waktu beberapa detik saja. Semua informasi mengenai pendidikan, suasana politik saat ini, teknologi terbaru, masalah & solusi semua tersedia di internet.

Internet adalah salah satu media penyebar informasi dan komunikasi yang sangat cepat. Perkembangan teknologi berbasis Online ini membuat setiap orang mudah mendapatkan informasi. Jika dulu seorang anak ingin mengirim surat ke ibunya atau sebaliknya, maka membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk bisa sampai.

Namun, tidak untuk saat ini. Anda bisa mengirim, mengetahui dan memberi kabar kepada orang tua Anda secara cepat. Bahkan Anda bisa mendengar suara dan melihat wajahnya secara langsung. Media sosial adalah salah satu media yang menjembatani penyebaran pesan berupa informasi ini.

Ingat ketika Anda di kelas atau memiliki sebuah komunitas, setiap kali ada informasi terbaru yang penting untuk grup tersebut maka Anda bisa menyebarkan dengan sangat cepat melalui grup WA, FB, Line dan yang lainnya. Contohnya saja saat ini informasi mengenai pekerjaan dan beasiswa sering sekali saya per oleh dengan mudah dari grup WA. Selain itu grup tersebut sering sekali digunakan oleh pelajar untuk sharing materi dan diskusi.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat Anda bisa memperoleh informasi mengenai sebuah materi tertentu terkait pendidikan. Dengan memanfaatkan mesin pencarian Anda bisa mencari informasi apa saja yang Anda inginkan bisa diperoleh dengan mudah. Anda bisa memperoleh informasi tersebut melalui jurnal, video pembahasan di Youtube dan grup belajar Online.

Nah, dengan perkembangan teknologi dan komunikasi berbasis Online saat ini membuat orang mudah dan cepat untuk memperoleh informasi. Entah melalui sharing grup atau melalui search Google. Oleh karena itu tidak ada alasan bagi semua orang untuk tidak memperoleh informasi, kecuali Anda enggan untuk mencari tahu. Enggan mencari tahu informasi saja, kita masih bisa dapat info dari sharing teman grup WA apa lagi jika kita mencari tahu. Maka Anda akan memperoleh begitu banyak informasi.

2. Dapat Mengetahui Informasi Tentang Negara Luar

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini dapat membuat kita mengetahu informasi lengkap tentang sebuah tempat atau negara. Dengan memanfaatkan internet maka saat ini juga Anda bisa tahu mengenai tempat kuliah, wisata dan kuliner terbaik serta situasi sebuah negara.

Contohnya : Jika Anda ingin berlibur ke tempat wisata terbaik di “New Zealand”. Maka Anda bisa memanfaatkan mesin pencarian Google untuk mengetahu tempat wisata terbaik di New Zealand. Dengan demikian maka Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk bertanya-tanya ketika Anda di sana. Selain itu Anda juga bisa lebih mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan saat Anda berlibur di sana. Anda juga bisa memperoleh informasi mengenai kira-kira Budget yang harus Anda keluarkan ketika berlibur.

Contoh lainya adalah Anda bisa memperoleh informasi tentang kampus terbaik di sebuah negara yang Anda inginkan dan bagaimana cara agar Anda bisa masuk ke kampus tersebut. Segala syarat dan ketentuan untuk daftar ke kampus tersebut dapat Anda per oleh secara Online. Anda juga bisa mencari tahu apakah ada beasiswa yang bisa Anda kejar untuk bisa kuliah di sana.

Begitu banyak informasi tentang negara luar yang bisa Anda per oleh hanya melalui HP android Anda. Informasi ini akan lebih mengefisiensikan waktu dan dana selain itu dapat membuat Anda lebih siap lagi. Jadi, siahkan manfaatkan teknologi informasi Online untuk memperoleh informasi negara luar yang Anda inginkan.

3. Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Belajar Individu

Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia internet membuat Anda dapat mempelajari segala sesuai secara individu dari informasi yang diberikan oleh orang lain. Anda bisa mengasah kemampuan yang diminati dengan belajar melalui artikel, tutorial dan video Youtube. Ada banyak sekali orang yang berbagi ilmu di internet. Ilmu yang dibagikan sangat beragam dan dapat dikategorikan per bidang. Ini seharusnya dapat dimanfaatkan oleh semua orang untuk belajar dan mengasah keahlian pada bidang yang Anda minati.

Contohnya ketika Anda ingin belajar tentang desain Grafis. Maka Anda bisa belajar secara otodidak melalui artikel dan video tutorial. Tutorial tersebut dapat Anda per oleh dengan mudah di Youtube, blog ataupun Website. Selain itu Anda juga bisa mendownload Ebook-Ebook yang dibagikan oleh orang secara gratis.

Mungkin Anda pernah mendengar tentang berita viral Putra Aji Adhari seorang anak SMP yang dapat membobol situs Nasa di Amerika. Berdasarkan hasil wawancara telah diketahui bahwa anak ini belajar tentang cara bahasa pemrograman secara otodidak melalui internet. Ia mempelajari tentang Bug dan telah menjadi “Bug Hunter (pemburu error pada suatu sistem). Yang dilakukan oleh anak ini adalah melihat sistem keamanan dari sebuah situs dan menutup Bug-Bug yang berpotensi kebocoran atau melaporkannya kepada pihak terkait.

Nah, hal ini membuktikan bahwa internet dapat Anda manfaatkan untuk memperoleh informasi untuk mengasah keahlian yang Anda minati. Masih banyak lagi orang-orang yang hebat dengan hanya belajar secara otodidak melalui internet. Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak belajar dan kekurangan materi dalam belajar.

4. Sebagai Media Bisnis

Teknologi informasi dan komunikasi juga dapat Anda manfaatkan sebagai media untuk membangun bisnis. Ada banyak bisnis dalam dunia internet yang dapat Anda jalankan. Mulai dari jual beli Online, sebagai partner dalam program afiliasi, serta menyediakan informasi kepada orang lain pun bisa dijadikan sebuah bisnis (misalnya membangun situs atau blog berbagi informasi dan bekerja sama dengan program iklan). Media bisnis Online telah dilirik oleh para pebisnis karena perkembangan pengguna internet yang santa pesat.

Selain itu peminat dan tingkat kepercayaan orang terhadap belanja Online semakin bagus. Artinya internet adalah salah satu sumber pasar yang bida dimanfaatkan untuk menjual dan mempromosikan produk. Contohnya saja pelaku bisnis jual beli Online yaitu tokopedia.com, bukalapak.com, shopee.co.id dan masih banyak lagi yang telah meraih kesuksesan besar dengan memanfaatkan teknologi internet.

Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai mendia penyebaran informasi juga dimanfaatkan oleh para blogger. Para blogger memberikan informasi yang bermanfaat kepada para pembaca dan menarik banyak orang pengunjung untuk membaca. Setelah itu para blogger memanfaatkan program pengiklanan sebagai salah satu sumber bisnis.

Masih banyak lagi manfaat dari perkembangan teknologi dan informasi yang bisa dimanfaatkan sebagai media bisnis Online. Di zaman ini bisnis Online menjadi Trand baru dalam dunia bisnis. Oleh karena itu manfaatkanlah internet dengan baik agar Anda bisa membangun bisnis.

5. Media Shering Data

Manfaat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi online lainnya adalah sebagai media untuk shering file atau data. Dengan menggunakan media online maka Anda bisa mengirim file kepada teman Anda dengan cepat dan mudah. Anda bisa memanfaatkan Google Drive untuk mengirim file berukuran besar. Dan menggunakan email dan media sosial lainnya untuk mengirim file kapasitas kecil seperti foto.

6. Teknologi Informasi dan Komunikasi Online Sebagai Media Hiburan

Dengan memanfaatkan internet maka Anda bisa mendapatkan hiburan secara gratis. Anda bisa memperoleh hiburan melalu media sosial seperti Youtube untuk menonton video-video yang lucu dan menghibur. Anda juga bisa mendapatkan hiburan dengan mendengarkan musik dan bermain game secara online. Dengan demikian Anda bisa memperoleh hiburan secara gratis kapan saja dan dimana saja Anda inginkan. Anda bisa mengisi waktu luang dengan memanfaatkan internet sebagai mendia hiburan untuk menghilangkan rasa cape dan stres selama bekerja.

Hiburan terbukti menjadi obat yang sangat ampuh untuk menghilangkan stres. Ketika Anda terhibur dan suasana hati yang senang akan membuat Anda lebih rileks dan menurunkan tingkat stres. Selain itu rasa penat akan hilang ketika Anda terhibur dan tertawa setelah menonton video-video lucu. Oleh karena itu manfaatkan internet sebagai media untuk Anda mendapatkan hiburan secara gratis di waktu luang.

Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi


Selain memiliki dampak yang positif, ternyata Teknologi Informasi dan Komunikasi Online juga dapat memberikan dampak yang buruk. Hal ini tentu saja terjadi ketika kita tidak bisa dan bertanggung jawab dalam menggunakan internet sebagai media informasi dan komunikasi. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada tentang apa saja dampak buruk dari teknologi informasi dan komunikasi Online ketika tidak bijak dalam penggunaannya.

1. Mudah Beredarnya Informasi Hoax

Karena internet adalah salah satu media tersebarnya informasi dengan cepat. Maka hal ini tidak jarang digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Melalui internet berita fakta dan Hoax dapat tersebar dengan cepat. Terkadang informasi fakta dan Hoax tidak dapat dibedakan. Sehingga membuat orang cepat percaya akan berita tersebut tanpa tahu banar atau salah. Hal ini tentu saja meresahkan banyak orang. Karena dengan penyebaran Berita Hoax atau berita yang tidak benar dapat mengakibatkan perpecahan.

Terlebih lagi banyak orang yang mempercayai berita atau informasi begitu saja tanpa melihat dari mana informasi itu berasal. Melalui akun mendia sosial seperti Facebook, WA, Line, dan Instagram berita tersebut disebarkan dengan sangat mudahnya. Oleh karena itu, kita sebagai jangan cepat percaya dengan sebuah informasi sebelum mencari tahu sumber dari informasi tersebut.

2. Mudahnya Penyebaran P0rn0gr4fi

Internet adalah tempat penyebaran P0rn0gr4fi terbesar. Hal ini tentu saja merupakan salah satu dampak buruk dari internet. Situs-situs P0rn0gr4fi dapat di akses oleh semua orang dengan sangat mudahnya. Walaupun saat ini Google telah menggunakan sistem untuk menolak kata kunci P0rn0gr4fi namun masih saja ada celah bagi orang untuk mengaksesnya.

Penyebaran P0rn0gr4fi di internet menimbulkan dampak yang beruk terhadap pelajar terutama pelajar yang masih di bawah umur. Dampak yang dirasakan oleh para pelajar yang sering mengakses P0rn0gr4fi di internet adalah berkurangnya daya serap dan daya ingat terhadap mata pelajaran. Selain itu juga dapat mengurangi tingkat fokus terhadap materi yang diajarkan. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada menurunnya tingkat prestasi siswa.

Selain itu siswa yang sering menonton Video P0rn0gr4fi dapat mengubah perilaku sosial. Tentu Anda sering sekali mendengar berita di TV tentang seorang siswa yang melakukan tindakan pelecehan. Hal ini tentu saja merupakan dampak buruk dari P0rn0gr4fi. Dengan polos dan rasa ingin tahunyanya seorang siswa terdorong melakukan hal tersebut.

3. Membuat Kecanduan Terhadap Game Online

Lupa waktu karena telah kecanduan bermain Game Online merupakan dapat negatif dari internet. Seorang pencinta game Online rela menghabiskan waktu dan uangnya untuk dapat bermain game online. Terkadang rasa untuk melakukan hal lain menjadi lebih malas. Parahnya lagi akibat Game Online membuat orang terkadang lebih memilih bermain ketimbang sarapan dan makan. Sehingga tidak jarang pola maka akan berubah-ubah tergantung. Tentu saja ini akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Bagi seorang siswa yang telah kecanduan Game Online, baginya game lebih penting didahulukan ketimbang mengerjakan tugas. Sehingga tidak jarang tugas yang seharusnya diselesaikan terbengkalai begitu saja. Waktu untuk belajar pun tidak disisihkan, hal ini tentu akan membuat prestasi seorang siswa akan menurun. Bermain Game Online memang tidak salah. Namun ketika tidak di lakukan dan disalurkan dengan benar dan lupa waktu maka hasilnya akan salah.

4. Mengurangi Minat Belajar Pada Siswa

Dampak buruk internet berikutnya adalah mengurangnya minat belajar siswa. Dua di antaranya telah saya sebutkan di atas, yaitu kecanduan game dan P0rn0gr4fi. Internet memang menawarkan banyak hal yang menarik bagi seorang siswa. Media sosial menjadi salah satu daya tarik dari internet. Banyak siswa yang menghabiskan waktu untuk mengakses media sosial seperti Facebook, WA, Line dan Instagram setiap harinya. Entah itu hanya sekedar berbagi status, foto ataupun melihat foto dan status orang lain. Terkadang aktivitas di media sosial dapat membuat seseorang lupa akan waktu. Tidak terasa waktunya yang berjam-jam telah ia habiskan.

5. Menyebarnya Penipuan dan Akun Palsu

Kemudahan dalam membuat akun media sosial dan tanpa batas penggunaan, membuat orang yang tidak bertanggung jawab melakukan penipuan menggunakan akun-akun palsu. Tidak jarang akun-akun palsu tersebut menggunakan data pribadi orang lain untuk menipu seseorang. Tidak terlepas dari akun palsu yang mengatas namakan instansi, teman dekat atau figur tertentu yang membuat Anda cepat akan percaya. Berita tentang penipuan online sangat banyak terjadi.

Akun palsu juga sering digunakan untuk menipu seseorang dengan menggunakan foto perempuan cantik atau laki-laki ganteng untuk menari perhatian. Maka dari itu Anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Jangan lupa juga untuk mengatus informasi pribadi pada akun Anda menjadi privasi agar orang lain tidak menyalah gunakannya.

6. Mengurangi Interaksi Sosial dalam Dunia Nyata

Keseringan melakukan interaksi dalam dunia maya membuat seseorang lebih suka berkomunikasi dalam dunia maya dibanding nyata. Hal ini membuat seseorang menjadi pendiam ketika berada dalam interaksi sosial dalam dunia nyata. Karena kurang terlatih dalam melakukan interaksi sosial. Mungkin Anda pernah alami ketika teman-teman Anda mengajak untuk kumpul reuni, yang terjadi adalah waktu komunikasi atau mengobrol bersama hanya 5 menit selebihnya hanya foto-foto berjam-jam. Kemudian menguploadnya di media sosial indahnya kebersamaan. Kan aneh, harusnya mengobrol berjam-jam menanyakan ini itu dan berfoto 5 menit malah yang dilakukan adalah kebalikannya.

7. Terpapar Radiasi Yang Berlebih dalam Penggunaan Smartphone

Dampak negatif yang paling sering Anda dapatkan ketika terlalu sering bermain Smartphone untuk berinternet dan bermain game adalah terkenanya Radiasi Smartphone yang berlebihan. Radiasi ini tentu saja akan membahayakan mata Anda dan syaraf yang ada pada bagian wajah. Karena yang paling sering terkena radiasi Hp adalah bagian wajah. Performa mata Anda akan menjadi berkurang. Terlebih lagi jika Anda melakukan secara intensif di tempat gelap. Jika wajah kita terlalau sering terkena radiasi, maka tidak jarang wajah kita akan terlihat lusuh. Oleh karena itu gunakan Hp dengan bijak dan seperlunya saja.

Baca Juga : Cara Transfer Uang Menggunakan BTN Mobile ke Sesama dan Bank Lain

Itulah artikel tentang Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi Dan Komunikasi Online Saat Ini. semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Kesimpulannya : Dampak positif dan negatif internet akan tergantung dari setiap individu yang menggunakannya. Gunakanlah teknologi informasi dan komunikasi Online secara bijak. Dengan demikian maka akan banyak sekali manfaat yang bisa Anda per oleh.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"