5 Website Tempat Belajar Coding Gratis Untuk Menjadi Programmer Profesional

5 Website Tempat Belajar Coding Gratis Untuk Menjadi Programmer Profesional. Ketika kita ingin membangun sebuah website maka penting bagi kita untuk sedikit memahami perihal coding. Walaupun Anda membuat sebuah website menggunakan platform blogger.com atau dengan cara instan yaitu menginstal WordPress dan tidak permu memahami coding saat melakukannya. Namun untuk perihal kedepannya Anda memahami coding adalah hal yang penting dan akan sangat bermanfaat untuk perkembangan website.
Website Tempat Belajar Coding Gratis

Dengan memahami sedikit tentang ilmu coding maka Anda dapat mengelola website tersebut menjadi lebih profesional. Hal ini bisa membuat Anda menjadi lebih hemat, karena tidak lagi memerlukan jasa website developer untuk membantu mengelola dan mengembangkan website. Ketika Anda membuat sebuah website menggunakan sebuah platform seperti Website Builder (alat pembuat website) dan Anda merasa hasilnya kurang memuaskan, maka dengan kemampuan coding yang Anda miliki dapat membantu Anda untuk mengeksplorasi website tersebut dan membuatnya menjadi apa yang Anda inginkan.


Saat ini belajar coding sangat mudah, dimana saja dan kapan saja. Jika Anda lagi tidak memiliki uang untuk les privat coding maka Anda bisa belajar coding secara gratis. Ada banyak sekali website-website yang menyediakan materi seputar coding website dan dapat Anda akses secara gratis. Apa saja website tersebut, mari simak pembahasan berikut ini.

5 Website Tempat Belajar Coding Gratis Untuk Menjadi Programmer Profesional


Code Academy

Dengan jumlah pengguna yang telah mencapai lebih dari 24 Jt User, Code Academy Dapat dikatakan sebagai salah satu website yang memberikan banyak sekali manfaat bagi orang banyak untuk memahami dunia coding secara gratis. Anda hanya perlu mendaftar menggunakan Email saja dan tidak ribet.

Pada website Code Academy, Ada banyak sekali bidang atau kategori materi yang dapat Anda pelajari di sana. Materi yang disediakan mulai dari materi pemrograman untuk pemula (programming for beginner) sampai materi yang lebih tinggi yaitu bahasa pemrograman pada tingkat yang lebih lanjut.

Code Academy menggunakan metode pembelajaran yang bersifat interaktif. Maksudnya adalah salam proses pembelajaran, Anda tidak hanya belajar mengenai teori melulu, melainkan Anda bisa langsung mengaplikasikan materi yang baru saja Anda pelajari.

Code Academy merupakan website belajar coding yang sangat cocok untuk pemula, ada banyak kategori dan bahasa pemrograman yang dapat Anda pilih. Di antara kategori materi yang dapat Anda pelajari adalah Full Coding, Web Development, Programing, Data Science, Partnership dan Design. Kemudian bahasa pemrograman yang dapat anda pelajari juga sangat lengkap, yaitu HTML & CSS, Python, JavaScript, Java, SQL, Bash/Shell, Ruby dan C++.

2. BitDegree

BitDegree adalah salah satu platform edukasi belajar Online berbasis blockchain, ada banyak sekali materi kursus yang di tawarkan BitDegree secara gratis. Kursus online yang ditawarkan BitDegree Tidak hanya sebatas belajar bahasa pemrograman untuk membuat website, melainkan juga pemrograman untuk Anda yang ingn belajar membuat game (Game Development). Gamification adalah sebutan kursus untuk game Development tersebut.

Untuk belajar coding di BitDegree maka Anda hanya perlu mendaftar >> Memilih bahasa dan memilih keahlian yang ingin Anda pelajari. Ada banyak sekali piliha bahasa pemrograman yang menarik untuk Anda pelajari, diantarnya adalah HTML & CSS, JavaScrip, PHP, SQL dan JQuery. Selama Anda belajar si situs tersebut, BitDegree memberikan sistem Reword dan Achievement untuk setiap pengguna yang telah berhasil menyelesaikan kursus yang diambil dengan baik.

Yang menarik adalah BitDegree tidak hanya mengukur seberapa besar keberhasilan yang Anda capai pada bidang kursus yang di ambil. Melainkan pencapaian yang memiliki Reword yang bagus maka memiliki kesempatan untuk dapat bekerja di perusahaannya.

3. Free Code Camp

Free Code Camp memiliki keunikan tersendiri dan memiliki perbedaan metode belajar dengan website coding lainnya yang hanya menyediakan materi tutorial. Free Code Camp menawarkan fasilitas real-life communication dan juga memiliki sebuah komunitas yang dapat Anda ikuti untuk belajar bahasa pemrograman secara langsung. Dengan demikian maka Anda juga dapat berpartisipasi untuk aktif dalam berbagi challenge.

Ketika Anda ingin mengikuti dan menyelesaikan challenge atau tantangan yang diberikan pada komunitas, Free Code Camp akan memberikan Anda sebuah link menuju sebuah tutorial dan kursus pemrograman yang sesuai dengan tantangan tersebut untuk Anda pelajari terlebih dahulu.

Dengan demikian maka akan sangat memudahkan Anda untuk bisa memahami dan menyelesaikan tantangan yang diberikan. Semakin banyak tantangan yang Anda coba selesaikan, maka akan semakin banyak pula pengetahuan dan pengalaman Anda dalam menyelesaikan problem dalam pemrograman.


4. Codewars

Mirip seperti Free Code Camp, pada website ini Anda dapat belajar mengenai coding atau bahasa pemrograman seperti Python, Ruby, SQL, Java, JavaScript, dan C# dengan cara menyelesaikan berbagai tantangan yang tersedia. Setiap tantangan yang diberikan bertujuan untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan serta skil pemrograman yang Anda miliki dengan cara menyelesaikan problem dalam bahasa pemrograman tertentu.

Tantangan selanjutnya yang akan Anda selesaikan memiliki keterkaitan dengan tantangan berikutnya. Apabila Anda telah berhasil memecahkan tantangan sebelumnya maka tantangan selanjutnya akan semakin menarik dan semakin menantang Anda.

Melalui metode belajar menyelesaikan tantangan satu ke tantangan lainnya dan Anda juga dapat melihat perbandingan antara solusi yang Anda berikan dengan solusi yang diberikan oleh pengguna lain. Dengan demikian maka Anda juga dapat mempelajari teknik penyelesaian masalah pemrograman dengan teknik yang beragam untuk menyelesaikan setiap permasalahan dalam dunia developer.

5. Code School

Bagi Anda yang masih pemula dalam dunia pemrograman dan ingin mempelajari coding secara gratis maupun berbayar. Maka Code School adalah salah satu website yang masuk dalam rekomendasi untuk Anda. Website ini telah memiliki pengguna yang mencapai jutaan orang dari berbagai penjuru dunia.

Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang dapat Anda pelajari di website Code School. Code School menyediakan materi terkait bahasa pemrograman HTML & CSS, JavaScript Database, Python, iOS, Ruby, Elixir dan PHP. Ada 4 jenis pendekatan yang digunakan dalam kelangsungan proses pembelajaran yang digunakan. Ke 4 jenis proses tersebut meliputi:
  • Pemilihan jalur kursus yang disiapkan dan diimplementasikan langsung oleh para ahli, kemudian mempelajari materi yang disediakan.
  • Untuk mempraktikkan coding, Anda dapat menggunakan browser secara langsung dan Anda tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan feedback.
  • Setiap kali Anda menyelesaikan 1 level kursus ke level lain, Anda akan mendapatkan poin untuk setiap materi yang telah Anda pelajari.
  • Untuk mengukur keberhasilan kursus yang telah diambil, dimungkinkan untuk memantau langsung dengan laporan dalam bentuk kemajuan dan hasil yang diperoleh.

Kesimpulan

Diera digital seperti saat ini, Anda dapat mempelajari coding dari mana saja. Anda juga tidak harus mengambil kuliah Teknik Informatika jika tidak memungkinkan untuk Anda bisa belajar coding. Anda bisa belajar Coding secara gratis melalui website-website yang menyediakan materi pemrograman lengkap. Anda bisa mempelajari coding dari website-website tersebut secara otodidak dari pemula sampai menjadi Programmer Profesional.


Itulah artikel tentang 5 Website Tempat Belajar Coding Gratis Untuk Menjadi Programmer Profesional. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selain melalui website tersebut Anda juga dapat belajar coding melalui ebook dan video tutorial Youtube. Semua materi tersebut tersedia secara gratis untuk Anda pelajari. Jadi tidak ada alasan bagi Anda yang tidak bisa belajar coding karena alasan tidak memiliki biaya. Cukup sekian informasi kali ini, terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel