Cara Menghapus URL Artikel Blog di Google Search Console Melalui HP atau Laptop

Cara Menghapus URL Artikel Blog di Google Search Console Melalui HP atau Laptop

Cara Menghapus URL Artikel Blog di Google Search Console Melalui HP atau Laptop - Banyak alasan mengapa kita harus menghapus link sebuah artikel. Beberapa alasan tersebut diantaranya adalah artikel tersebut diklaim melangar hak cipta. Ketika artikel tersebut diklaim oleh seseorang reaksi kita saat itu adalah sedikit panik, apa lagi jika kita belum pernah mengalami hal seperti itu. Hal itu serupa yang saya alami beberapa waktu yang lalu, yang mana salah satu artikel diklaim melangar dan mendapatkan email DMCA dari google.
Cara Menghapus URL Artikel Blog Secara Permanen

Tentu saja aneh dan bingung terus bertanya apa yang harus saya lakukan. Setelah berada dalam kebingungan dalam kurun waktu yang cukup lama, akhirnya saya pun membuka google.com dan mencari solusi. Solusi bagaimana cara mengatasi artikel yang diklaim tersebut. Setelah beberapa artikel yang saya baca dan menanyakan pada beberapa suhu ternyata solusinya adalah mengubah isi artikel atau menghapusnya secara permanen.

Baca Juga : Cara Melaporkan Artikel Yang Dicopas Ke Google DMCA Terbaru 2019

Hal ini serupa dengan solusi yang diberikan oleh google melalui email yang dikirim. Ya, menghapus atau menghilangkan bagian yang terdeteksi klaim hak cipta. Untuk menghindari resiko penghapusan blog secara permanen akibat pelanggaran tersebut maka solusi terbaik adalah dengan menghapus saja artikel tersebut secara permanen.

Google sangat keras terhadap pelanggaran hak cipta, sehingga ketika ada yang mengklaim, artikel tersebut langsung di unpublish atau di masukan ke draf. Ketika si pemilik blog tidak menggubris email tersebut dan tidak melakukan pengapusan artikel yang melanggar. Maka bisa saja blog anda akan dihapus secara permanan. Hal ini terdapat dalam email yang dikirim, yaitu jika kita tidak menghapus konten/link maka google akan menghapusnya secara otomatis dan mengaggap penaggaran yang berulang. Jika terjadi demikian maka google akan menghapus blog anda secara permanan karena tidak mendengar dan memperbaiki kesalahan.

Jadi, saran saya adalah ketika anda mendapatakan email pelanggaran hak cipta maka silahkan anda menghapus saja artikel tersebut. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir resiko penghapusan blog secara permanen oleh mbah google.

Pertanyaannya Cara Menghapus Artikel dan URL blog yang melanggar hak cipta ?. Nah, pada kesempatan kali ini gammafisblog.com akan berbagi informasi kepada anda tetang bagaimana langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk menghapus URL artikel.

Kerena untuk menghapus sebuah artikel yang melanggar hak cipta tidak sebatas mengapus artikel di dasboard blog saja melainkan anda juga harus menghapus link/URL artikel. Baik, untuk tidak memperpanjang kata mari langsung saja kita mulai:

Cara Menghapus URL Artikel Blog di Google Search Console

  1. Langkah pertama adalah anda harus menghapus lnik artikel pada google search console. Untuk menghapus link URL tidak dapat dilakukan pada Search Console versi baru. namun, anda hanya bisa menghapusnya pada versi lama. Silahkan masuk ke search console versi lama melalui link di bawah ini.
  2. Kunjungi halaman remove url search console.
  3. Jika anda belum login akun gmail, maka google akan meminta anda login terlebih dahulu.
  4. Pilih blog yang ingin anda hapus URL artikel.
Remove URL artikel blog di Google Search Console
  1. Klik temporarily hide, masukan URL artikel yang ingin di hapus. Kemudian klik continue, maka akan telihat status URL yang ingin ada hapus adalah panding. Butuh waktu bagi google untuk menhapus URL anda secara permanen pada halaman search console.
Remove URL
  1. Langkah selanjutnya anda hapus artikel di dasboard blog anda. Ingat, harus di hapus jika tidak maka resikonya adalah blog anda yang akan dihapus.
  2. Setelah kurang lebih satu hari saya membukanya status URL tersebut telah berubah menjadi Removed. Artinya URL artikel anda telah dihapus secara permanen oleh google dan tidak dapat di akses lagi.
  3. Kemudian google mengirim email penghapusan URL pada search console karena pelanggaran hak cipta.
  4.  Jika sudah demikian, maka artikel yang melanggar hak cipta telah di hapus dan jangan melakukan hal yang sama lagi. Karena akan membahayakan blog anda.
Baca Juga : Cara Daftar DMCA dan Memasang Badge Untuk Melindungi Konten (Artikel) Blog

Itulah artikel tentang Cara Menghapus URL Artikel Blog di Google Search Console Melalui HP atau Laptop. Semoga artikel yang gammafisblog.com bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak blogger yang tahu cara menghapus URL artikel blog melalu search console. Informasi ini saya rasa penting karena cara menghapus link/url artikel blog belum dapat dilakukan melalui Google Search Console versi terbaru. Jadi, anda harus masuk ke search console versi lama terlebih dahulu. Sedangkan menu untuk masuk ke google seacrh console versi lama telah tidak tersedia pada versi baru.

Untuk informasi lebih lengkap anda bisa membaca cara dan tahapannya pada support.google.com tentang Fitur Hapus URL. Kurang lebih caranya sama dengan yang saya bagikan. Mungkin sampai di sini saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih karena telah berkunjung ke blog ini dan sampai jumpa kembali di artikel-artikel menarik lainnya.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"