6 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan Tubuh Dan Bagus Untuk Diet

Gammafisblog.com - 6 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan Tubuh Dan Bagus Untuk Diet. Buah plum adalah salah satu buah yang memiliki rasa asam, manis, dan segar. Buah ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Salah satu diantaranya adalah buah ini dapat membantu Anda dalam program diet, karena kaya akan kandungan serat dan indeks glikemik yang sangat bagus dalam mengontrol pencernaan dan membuat Anda tidak cepat lapar. Baca Juga : 8 Manfaat Mengkonsumsi Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan Tubuh

Buah plum memiliki banyak sekali manfaat, pada kesempatan kali ini gammafisblog.com akan memberikan 6 manfaat dari buah ini yang dapat Anda rasakan. Setelah Anda mengetahui manfaat buah ini, maka Anda harus mempertimbangkan untuk mengonsumsi buah ini. Jika Anda penasaran dengan apa saja manfaat buah plum, maka simak pembahasan berikut ini:

6 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan Tubuh Dan Bagus Untuk Diet


1. Berfungsi Sebagai Zat Antioksidan

Buah plum mengandung banyak sekali vitamin C dan fitonutrien. Kedua zat ini membuat buah plum dapat di jadikan sebagai zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab terjadinya kerusakan sel. Dengan begitu maka kita dapat mencegah terjadinya penuaan dini akibat kerusakan sel. Untuk kandungan Vitamin C dam fitonutrien yang ada dalam buah seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic dan asam klorogenat. Tidak saja dapat menangkan zat radikal bebas yang berasal dari luar, buah plum juga dapat menangkal zat radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh seperti radikal oksigen atau radikal anion superoksida.

2. Buah Diet

Jika Anda memiliki masalah dengan berat badan yang berlebih (obesitas) maka cobalah untuk mengonsumsi buah plum sebagai menu diet. Berdasarkan penelitian buah ini terbukti dapat menurunkan berat badan. Mengapa demikian ? Manfaat buah plum sebagai obat alami untuk diet telah dikenal sedari dulu. Buah ini dapat mengatur berat badan dikarenakan mengandung banyak sekali serat serta indeks glikemik yang rendah.

Kandungan serat dalam buah ini dapat memperlambat terjadinya proses pencernaan, sedangkan kandungan indeks glikemiknya berfungsi dalam mengatur gula darah, hal inilah yang membuat Anda akan terasa kenyang lebih lama. Dengan demikian maka Anda lebih enjoy dalam melakukan program diet. Buah ini juga memiliki kandungan sorbitol alami berupa gula alkohol dengan tingkat penyerapan yang lambat dalam tubuh.

3. Mencegah Terjadinya Pengeroposan Pada Tulang

Bener nga sih buah plum dapat menjaga kesehatan tulang? Bagi Anda yang belum tahu, ternyata informasi ini benar adanya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan S. Hooshmand, dkk (2016) mengatakan bahwa mengonsumsi 50 gram buah plum kering dapat mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang wanita postmenopause osteopenik.

Baca Juga : 5 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh Manusia Selama Berpuasa

4. Baik untuk Sistem Pencernaan

Manfaat buah plum yang tidak kalah menarinya adalah buah ini sangat baik bagi Anda yang sedang memiliki masalah sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan buah ini memiliki banyak sekali kandungan serat serta memiliki kandungan sorbitol dan isatin. Bahkan buah ini sangat bermanfaat bagi Anda dalam proses pengobatan gangguan pencernaan seperti sembelit. Mengonsumsi buah plum lebih efektif dibandingkan dengan mengonsumsi sekam dari bijih psyllium. Jika Anda sering mengalami gangguan dalam sistem pencernaan maka tidak salahnya untuk mencoba buah plum sebagai solusi alami.

5. Mampu Menjaga Fungsi Kognitif

Jika Anda merasa khawatir dengan penurunan fungsi kognitif akibat penambahan usia. Maka sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir, karena dengan rajin mengonsumsi buah plum Anda dapat mencegahnya. Buah plum mengandung fitonutrisi seperti flavonoid memiliki manfaat yang baik untuk menjaga fungsi kognitif. Senyawa tersebut ternyata dapat membantu Anda dalam mencegah terjadinya gangguan neurologi seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Selain itu buah ini juga dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan fungsi memori.

6. Memberikan Kelancaran Pada Fungsi Sistem Saraf

Tahukan Anda bahwa buah plum memiliki kandungan vitamin B6. Nah, vitamin B6 ini sangat berguna bagi sistem saraf pusat untuk membantu proses penghantar sinyal saraf, membantu pertumbuhan normal otak serta dapat membantu produksi hormon yang dapat mempengaruhi mood atau suasana hati seseorang.

Selain Vitamin B6, buah plum juga memiliki kandungan triptofan yang berfungsi dalam membantu proses produksi serotonin yang memiliki hubungan erat dalam memberikan kualitas tidur, nafsu makan, serta membantu dalam konsentrasi yang baik.

Baca Juga : 11 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan

Itulah artikel tentang 6 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan Tubuh Dan Bagus Untuk Diet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman Anda. Jika Anda menyukai artikel ini maka jangan lupa untuk follow blog kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya secara gratis.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan Tubuh Dan Bagus Untuk Diet"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel