Cara Membuat Sitemap Blogger Yang Keren dan Terbaru Tahun Ini

Gammafisblog.com - Cara Membuat Sitemap Blogger Yang Keren dan Terbaru Tahun Ini. Sitemap atau peta situs adalah sebuah halaman yang dibuat pada sebuah blog layaknya daftar ISI. Ada banyak cara dalam membuat sitemap, anda yang membuatnya dengan menampilkan seluruh link judul semua artikel, ada yang membuat sitemap berdasarkan label dan masih banyak lagi. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips dan trik kepada anda tentang bagaimana cara membuat sitemap yang keren. Namun sebelum itu kita akan membahas lebih jelas lagi mengenai sitemap.

Cara Membuat Sitemap Blogger Yang Keren
Tampilan Sitemap Gammafisblog.com
Gambar di atas adalah contoh tampilan sitemap gammafisblog, jika anda ingin melihat lebih jelasnya maka anda bisa mengklik menu sitemap pada bagian bawah blog (bagian footer).

Sebagaimana sebuah daftar isi, sitemap bertujuan untuk mempermudah pengunjung dalam mencari artikel anda berdasarkan kategori. Selain itu juga berfungsi untuk mengelompokkan artikel berdasarkan label dengan topik pembahasan yang sama. Misalkan label tentang tips blog, maka semua artikel yang diberi label tips blog akan dikelompokkan.

Nah, jika anda ingin membuat sitemap yang keren untuk blog anda maka anda bisa mengikuti tutorial lengkapnya di bawah ini. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu copy paste kode HTLM berikut ini pada halaman static blog anda. Untuk lebih lengkapnya simak pembahasan berikut ini.

Baca Juga : Cara Membuat Widget Artikel Terbaru Di Blog Yang Keren dan Simpel

Cara Membuat Sitemap Blogger Yang Keren dan Terbaru Tahun Ini

  1. Langkah pertama : sebelum anda membuat sitemap maka anda pastikan terlebih dahulu pengaturan "Izinkan Feed Blog". Jika anda mengatur izin feed "Tidak Ada", maka kode sitemap berikut tidak akan mendampilkan apa-apa atau tidak berfungsi. Hal ini karena kode berikut menggunakan akses feed untuk mengetahui isi blog anda.
  2. Gunakan pengaturan Izinkan Feed Blog = Singkat. Saya sarankan menggunakan izin feed singkat, jika anda menggunakan izin penuh, maka orang akan dengan mudah copy paste blog anda melalui akses penuh feed. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka gunakan akses izin singkat. Caranya buka blog anda kemudian masuk ke menu Setelan >> Lainnya >> Izinkan Feed Blog >> Singkat >> Save.
Izin Feed Blog

  1. Jika izin feed sudah singkat, maka langkah selanjutnya adalah masuk ke menu Halaman Blog >> Buat Halaman Baru.
Buat Halaman Baru di Blogger
  1. Setelah klik buat halaman baru maka silahkan pilih mode HTML. Kemudian paste kode di bahwa ini pada kolom html. Jangan lupa berikan judul halaman dengan kata "Daftar ISI atau Sitemap". Perhatikan gambar dibawah ini.
Buat Sitemap Blogger

Berikut adalah kode HTML Sitemap :
<style type="text/css">
#toc{width:99%;margin:5px auto;border:1px solid #2D96DF;
-webkit-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
-moz-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);}
.labl{color:#FF5F00;font-weight:bold;margin:0 -5px;
padding:1px 0 2px 11px;background: #3498DB;
border:1px solid #2D96DF;
border-radius:4px;-moz-border-radius:4px;
-webkit-border-radius:4px;box-shadow:3px 3px 1px #bbb;
-moz-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;-webkit-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;display:block;}
.labl a{color:#fff;}
.labl:first-letter{text-transform:uppercase;}
.new{color:#FF5F00;font-weight:bold;font-style:italic;}
.postname{font-weight:normal;background:#fff;margin-left: 35px;}
.postname li{border-bottom: #ddd 1px dotted;margin-right:5px}
</style>
<br />
<div id="toc">
<script src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/penaindigo/Pena-Indigo-Code@a134f9def601a6f77332eccc35d3d20e0d3c7e49/sitemappenaindigo.js" type="text/javascript"></script>
<script src="/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script></div>
  1. Jika sudah maka silahkan kembali ke mode Compose dan Publikasikan Halaman.
  2. Jika anda ingin melihat tampilan halaman sitemap maka silahkan klik lihat atau pratinjau sebelum di publish.
Baca Juga :
Itulah artikel tentang Cara Membuat Sitemap Blogger Yang Keren dan Terbaru Tahun Ini. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini dan follow blog kami untuk mendapatkan update artikel dari kami secara gratis. Mungkin itu saja pembahasan kali ini terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel