7 Penyebab Charger Hp Cepat Rusak dan Cara Merawatnya Agar Awet

Gammafisblog.com - 7 Penyebab Charger Hp Cepat Rusak dan Cara Merawatnya Agar Awet. Charger Hp merupakan bagian penting dari sebuah hp, tanpa adanya charger maka tak akan berdaya. Ketika kita lupa membawa charger hp maka terkadang kita kebingungan dan sedikit panik, takut baterai hp habis dan lain sebagainya. Terlebih lagi ketika charger hp tersebut rusak, tentu akan sangat disayangkan.

Penyebab Charger Hp Cepat Rusak

Ketika charger hp rusak maka mau tidak mau kita mengeluarkan uang untuk membelinya. Kita tahu bahwa harga charger hp relatif mahal. Jika kita tidak mau mengeluarkan uang ekstra untuk membeli cas hp baru, maka kita harus menjaga charger hp agar tetap awet.

Walaupun kita berusaha untuk menjaga agar charger hp agar tetap awet, namun jika kebiasaan buruk pada charger hp belum dihilangkan maka charger tetap akan cepat rusak. Apa saja kebiasaan buruk yang sering sekali kita lakukan sehingga membuat charger hp cepat rusak akan kita bahas secara lengkap di bawah ini. Di sini juga kita akan membahas tentang cara mengatasinya agar charger hp tetap awet.

Baca Juga : 8 Hp Xiaomi Dengan Kualitas Kamera Selfie Terbaik

7 Penyebab Charger Hp Cepat Rusak dan Cara Merawatnya Agar Awet


1. Gunakan Pelindung Kabel Spiral

Penyebab kabel charger cepat rusak yang pertama adalah karena kabel tidak terlindungi. Kabel pelindung spiral sangat bermanfaat sekali untuk melindungi kabel charger hp Anda. Selain membuat kabel charger Anda tidak cepat putus dan kotor, pelindung spiral ini juga dapat memberikan tampilan yang menarik untuk charger Anda. Karena kabel ini memiliki banyak sekali warna yang menarik. Dengan begitu kabel charger Anda akan tetap awat dan bagus. Untuk cara pemakaiannya Anda bisa mencari tutorialnya di Google atau bisa langsung mencobanya sendiri.

2. Gulung dan Gunakan Penjepit Kabel

Salah satu penyebab kabel charger hp cepat rusak adalah Anda tidak menjepitnya dan membuatnya berlilit-lilit. Terlebih lagi jika tempat Anda cas penuh dengan kabel lain sehingga antara kabel charger hp Anda dengan kabel lainnya saling melilit dan biasanya untuk melepas lilitannya akan sedikit tertarik. Nah, untuk menghindari hal ini terjadi maka Anda bisa menggulung kabel dan menjepitnya dengan penjepit kabel.

3. Lindungi Ujung Kabel Charger Anda

Ujung kabel charger biasanya bagian yang paling rentan rusak (putus). Hal ini membuat kita kesal dan tak mampu buat apa-apa selain mengganti charger hp dengan yang baru. Kerusakan pada ujung kabel bisanya terjadi karena tidak sengaja kabel dalam posisi bengkok dan sering terjadi. Sehingga ujung label menjadi cepat putus. Nah, untuk mencegah hal ini terjadi maka Anda bisa melindungi ujung kabel tersebut dengan pelindung kabel atau menggunakan selotip. Untuk saat ini ada banyak sekali pelindung ujung kabel yang dapat Anda beli melalui online shop.

4. Jangan Biasakan Bermain Sambil Cas

Kebiasaan bermain hp sambil cas terbilang hal yang sulit dihindari, apa lagi Anda yang over dalam menggunakan hp. Contohnya Anda yang suka bermain game, maka kemungkinan bermain hp sambil cas sangat besar. Ketika kita cas maka biasanya cas akan panas, terlebih lagi jika Anda cas sambil bermain hp. Panas yang berlebihan pada cas hp inilah yang dapat membuat cas Anda cepat rusak. Nah, untuk menghindari hal ini terjadi maka usahakan untuk jangan bermain hp ketika sedang cas. Kebiasaan ini juga sangat tidak bagus untuk hp Anda, karena dapat membuat baterai hp cepat drop.

5. Cabut Charger Anda Setelah Selesai Cas

Kebiasaan yang kurang bagus berikutnya adalah tidak mencabut cas saat selesai mengisi power hp Anda. Kebiasaan ini tidak bagus karena dapat membuat cas cepat rusak, selain itu cas yang masih terhubung akan membuat Anda boros energi. Biasakanlah untuk mencabut cas Anda setelah selesai mengecas, dengan begitu Anda menghemat energi dan membuat cas hp Anda lebih awet.

Baca Juga : Aplikasi Pendingin HP Android Otomatis Terbaik Tahun Ini Untuk Anda

6. Gunakan Charger HP Original

Kerusakan pada cas hp bisa diakibatkan oleh cas Anda yang tidak Original. Ini biasanya terjadi ketika cas hp bawaan Anda rusak dan Anda membeli yang baru. Usahakan membeli cas hp yang original di pusatnya langsung. Menggunakan cas hp yang tidak original sangat membahayakan hp Anda, selain itu juga cas tidak bertahan lama. Hal ini pernah saya alami ketika cas hp bawaan saya hilang kemudian saya membelinya.

Setelah beberapa bulan pada bagian tertentu pada hp saya terasa kesetrum saat cas, misalkan saya menyentuh bagian belakang kamera akan terasa sengatan listrik kecil. Kemudian saya coba menggunakan cas hp yang lain, hp kembali normal dan tidak kesetrum lagi. Hal ini membuat saya berpikir bahwa, cas hp yang tidak original memiliki kemungkinan besar untuk terjadi arus bocor pada hp. Ini tentu akan membahayakan hp.

7. Jangan Biasakan Membengkokkan Ujung Kabel

Kebisaan ini sering sekali terjadi ketika bermain hp sambil bermain game. Biasanya ketika merasa kurang nyaman dengan kabel cas, maka player membengkokkan kabel sehingga mendapatkan posisi yang enak. Jika ini menjadi kebiasaan yang terus diulang maka ujung kabel atau bagian kabel yang di bengkok-bengkok kan akan cepat putus.

Baca Juga : Cara Mengatasi Black Camera Iphone 11 Dengan Mudah Dan Simple

Itulah artikel tentang 7 Penyebab Charger Hp Cepat Rusak dan Cara Merawatnya Agar Awet. Semoga apa yang saya bagikan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda. Beberapa kebiasaan di atas juga sering saya lakukan sehingga charger hp saya yang lama cepat rusak. Namun, setelah menghilangkan semua kebiasaan kurang bagus seperti melipat-lipat kabel cas berulang-ulang, charger hp dapat lebih awet hingga saat ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Penyebab Charger Hp Cepat Rusak dan Cara Merawatnya Agar Awet"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel