Fakta Unik Tentang Buah Salak Yang Perlu Anda Ketahui

Gammafisblog.com – Fakta Unik Tentang Buah Salak Yang Perlu Anda Ketahui. Buah salak adalah salah satu buah yang paling mudah Anda temukan di Indonesia, pasalnya buah ini adalah salah satu buah asli dari Indonesia. Oleh karena itu tentu orang Indonesia yang tidak mengenal buah yang satu ini. Namun, apakah mereka juga mengetahui beberapa fakta unik dari buah yang satu ini.

Fakta Unik Tentang Buah Salak

Salak dengan nama latin Salacca zalacca adalah salah satu buah yang kaya akan nutrisi. Apa saja yang terkandung dalam buah ini sehingga membuatnya menjadi unik dan layak untuk dikonsumsi setiap hari. Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya lebih lanjut.

Baca Juga : Jadwal Siaran Langsung dan Live Streaming MotoGP Australia

Fakta Unik Tentang Buah Salak Yang Perlu Anda Ketahui

Salak tentu sangat digemari oleh banyak orang di Indonesia. Walaupun buah ini dilindungi oleh bagian kulit luar yang tajam, namun rasanya yang manis dan sedikit asam membuatnya begitu nikmat dan segar ketika dimakan. Jika Anda salah satu yang gemar memakan buah salak, maka Anda harus tahu apa saja fakta unik tentang buah salak. Berikut kami rangkum dari berbagai sumber untuk memberitahukan kepada Anda.

1. Salak, Buah Asli Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Mulai dari rempah-rempah sampai buah-buahan. Salah satu di antaranya adalah buah salak. Buah salak adalah buah asli dari Indonesia tepatnya di Sumatera Selatan dan Jawa Barat. Namun, buah ini juga banyak sekali dibudidayakan di daerah lain Indonesia, seperti Bali, Lombok, Maluku, dan Sulawesi.

Selain enak dikonsumsi secara langsung, buah ini juga kerap kali dijadikan sebagai olahan manisan maupun asinan. Hasil olahan tersebut juga sangat sedap ketika disantap. Di beberapa wilayah Indonesia sendiri, buah salak dijadikan sebagai buah tangan khas (oleh-oleh).

2. Bernutrisi tinggi

Selain menjadi buah yang enak disantap, ternyata buah ini juga mengandung nutrisi yang cukup tinggi. Tentu ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Di dalam buah salak terdapat serat, protein, gula, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, Vit. A, Vit. C dan berbagai antioksidan terdapat di dalam buah salak. Dalam 100 gram buah salak terdapat 3.9 mg zat besi, 0.2 mg vit B2, 8.4 mg vit C, 12.1 gram karbohidrat, 38 mg kalsium, 0.8 gram protein, 18 mg fosfor, 0.4 gram total lemak dan 0.3 gram serat.

3. Memiliki Manfaat Yang Bagus Untuk Kesehatan

Dari jumlah nutrisi yang terkandung dalam buah salak dengan begitu buah salak menjadi salah satu buah yang bagus untuk kesehatan tubuh. Ternyata buah salak dipercaya dapat mengoptimalkan pencernaan, meningkatkan kesehatan mata, dan mampu meningkatkan energi dalam tubuh. Selain itu buah yang satu ini juga dapat membantu Anda yang sedang berupaya menurunkan berat badan dan dapat mengatur gula darah.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Sehat Untuk Anda Yang Rajin Bangun Pagi

4. Kulit Buah Salak Menyimpan Manfaat Untuk Kesehatan

Selain daging buah salak, ternyata kulit buah salak juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Caranya adalah dengan melakukan ekstraksi kulit buah salak. Ekstraksi kulit buah salak ternyata dapat membantu dalam mengobati penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung unsur ferulic acid, pterostilbene, arginin, dan cinnamic acid derivatives.

5. Salak Gula Pasir Adalah Jenis Salak Termahal

Kita tahu bahwa buah salak memiliki banyak jenis, contohnya adalah salak Bali, Salak Pondoh dan Salak Gula Pasir. Fakta unik yang ke-5 tentang buah salak adalah jenis buah salak gula pasir menjadi jenis buah salak yang termahal. Walaupun ukuran salak gula pasir adalah yang lebih kecil dibandingkan dengan lainnya namun rasanya yang manis membuat salak ini memiliki nilai jual yang mahal.

Baca Juga : Cara Menambah Followers Instagram Aktif Tanpa Aplikasi Dengan Mudah

Itulah artikel tentang Fakta Unik Tentang Buah Salak Yang Perlu Anda Ketahui. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka tahu apa yang Anda ketahui. Mari kita berbagi informasi menarik kepada semua orang. Jangan lupa juga untuk follow blog ini dan dukung kami agar dapat memberikan artikel bermanfaat setiap harinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel