Simulasi Gerak Parabola Sederhana Menggunakan Bahasa Java

Gammafisblog.com - Simulasi Gerak Parabola Sederhana Menggunakan Bahasa Java. Bahasa Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk melakukan simulasi. Bahasa ini termaksud bahasa yang paling banyak digunakan dalam membuat aplikasi desktop. Hal ini karena bahasa java cukup mudah dan banyak dilengkapi dengan berbagai library-library yang dapat membantu anda.

Untuk melakukan simulasi gerak parabola sederhana menggunakan bahasa java anda membutuhkan sebuah metode. Metode yang digunakan untuk melakukan simulasi gerak ini adalah metode verlet. Metode verlet adalah salah satu metode numerik yang dapat kita gunakan untuk mengintegrasikan persamaan gerak sebuah benda. Untuk persamaan gerak sebuah benda, anda bisa menggunakan persamaan gerak posisi atau kecepatan. Oleh karena itu anda bisa menggunakan 2 metode verlet, yaitu metode verlet posisi dan metode verlet kecepatan.

Simulasi Gerak Parabola Sederhana Menggunakan Bahasa Java


Pada kesempatan kali ini saya menggunakan metode verlet kecepatan untuk melakukan simulasi gerak parabola. Jika anda bertanya mengapa saya menggunakan metode verlet atau apa kelebihan metode ini dibandingkan dengan metode lainnya?. Alasannya adalah metode verlet memiliki stabilitas numerik yang baik sehingga sangat cocok untuk simulasi persamaan gerak bandul.

Baca Juga : Program Penjumlahan dan Perkalian 2 Vektor 3D Menggunakan Bahasa C

Simulasi Gerak Parabola Sederhana Menggunakan Bahasa Java

Langkah awal dalam simulasi ini adalah mendeklarasikan semua variabel yang dibutuhkan seperti, posisi, kecepatan, percepatan, waktu, dan sudut baik pada keadaan awal serta pada keadaan akhir. Setelah itu kita memberikan nilai awal, seperti kecepatan awal benda, posisi awal dan percepatan awal benda. Langkah selanjutnya adalah menggunakan algoritma atau metode verlet untuk menentukan posisi, kecepatan, dan percepatan benda pada selang waktu tertentu. Dengan demikian maka kita akan memperoleh informasi mengenai posisi, kecepatan, dan percepatan benda tersebut dalam lintasan parabola yang dilaluinya.

Berikut adalah program sederhana simulasi gerak parabola menggunakan bahasa java:

/*
Nama : Mozaik Al Qharomi
Nim  : G1B014027
Program : Parabola.java
*/
/*Program Parabola
  Persamaan yang digunakan
  Vx0 = V0*Math.cos(thetha*Math.PI/180);
  Vy0 = V0*Math.sin(thetha*Math.PI/180);

  Xnp1 = Xn + Vxn*dt + (0.5*axn*dt2);
  Vxnp1 = Vxn + (0.5*(axn+axnp1)*dt);
  Variable yang di perlukan
  Xn, Yn, axn, ayn, V0, Vxn, Vyn, thetha, dt;

*/
public class Parabola{
public static void main(String[] args){
StdDraw.setXscale(0.0, 40.0);
StdDraw.setYscale(0.0, 40.0);
double Xn, Yn, axn, ayn, Vxn, Vyn;
double thetha = 60;
double V0 = 20.0; // m/s
double dt = 0.01;
double dt2 = dt*dt;
long i;
// Posisi awal benda di x,y = 0,0
Xn = 0.0;
Yn = 0.0;
// Kecepatan awal benda
Vxn = V0*Math.cos(thetha*Math.PI/180); // arah sumbu x
Vyn = V0*Math.sin(thetha*Math.PI/180); // arah sumbu y
// Percepatan Benda dalam arah sumbu x dan sumbu y
axn = 0.0;
ayn = -9.8;
for(i=1; i<1000; i++){
// Metode Verlet Kecepatan
Xn = Xn + Vxn*dt + (0.5*axn*dt2); // Xnp1 = Xn + Vxn*dt + (0.5*axn*dt2);
Vxn = Vxn + (0.5*(axn+axn)*dt); // Vnp1 = Vxn + (0.5*(axn+axn)*dt);
Yn = Yn + Vyn*dt + (0.5*ayn*dt2); // Ynp1 = Yn + Vyn*dt + (0.5*ayn*dt2);
Vyn = Vyn + (0.5*(ayn+ayn)*dt); // Vynp1 = Vyn + (0.5*(ayn+ayn)*dt);
//Output program
System.out.println("Xn = " + Xn + " Yn = " + Yn); // menampilkan nilai posisi benda X,Y
StdDraw.clear(); // menghapus Object Lama
StdDraw.line(0,40,0,0); // menggambar garis
StdDraw.line(40,0,0,0);
StdDraw.picture(Xn, Yn, "angry bird4.PNG"); // menampilkan gambar
//StdDraw.filledCircle(Xn, Yn, 1.0);
StdDraw.show(5); // delay
if(Yn <= 0){
break;
}
}
}
}

atau anda bisa download program simulasi gerak parabola melalui link ini.

Simulasi Gerak Parabola Sederhana

Untuk StdDraw.picture(Xn, Yn, "angry bird4.PNG"); pada program tersebut, anda harus memiliki file angry bird4.PNG yang dapat anda download melalui link diatas. Code tersebut digunakan untuk menambilkan objek dengan gambar "angry bird4.png". Anda bisa menggunakan gambar apa saja yang anda inginkan, yang terpenting adalah ukuran gambar harus anda sesuaikan.

Baca Juga : Contoh Program Operasi Matriks Ordo 2x2 Menggunakan Python

Itulah artikel tentang Simulasi Gerak Parabola Sederhana Menggunakan Bahasa Java. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada Anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui apa yang Anda ketahui, mari berbagi pengetahuan kepada semua orang. Jangan lupa juga untuk follow blog ini agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru dari kami. Jika ada pertanyaan terkait Bahasa Java, maka silahkan tanyakan kepada kami melalui kolom komentar. Akhir kata kami ucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel