Cara Membuat Tabel di Word HP, Laptop dan Komputer

Cara Membuat Tabel di Word HP, Laptop dan Komputer. Microsoft Word adalah salah satu aplikasi untuk membuat sebuah dokumen. Dalam sebuah dokumen tentu saja terdiri dari kata-kata atau kalimat, gambar, tabel, grafik dan masih banyak lagi. Nah, pada kesempatan kali ini saya membahas tentang tabel. Bagaimana cara membuat tabel, mengatur jumlah kolom dan baris, bagaimana cara membuat dua buah kolom menjadi satu atau sebagainya. Semua itu akan kita pelajari dalam satu artikel ini.

Pada blog ini akan saya mulai membuat artikel tutoria seputar microsoft office seperti ms word, excel, ppt dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda dalam membuat dokumen, menyajikan dan mengolah data serta membuat ppt presentasi hasil. Jika anda memiliki request artikel tutorial mengenaik microsoft word, excel, ppt dan lainnya maka anda bisa menghubungi kami melalui menu kontak.

Baca Juga: Cara Mengatasi Spasi yang Berantakan di Microsoft Word

Baik, kembali lagi ke topik pembicaraan yaitu bagaiaman cara membuat tabel di word? Caranya sangat mudah, seperti yang akan saya jelaskan dibawah ini. Dengan melihat langkah-langkah di bawah ini maka anda bisa langsung mahir dalam membuat tabel. Nah, untuk tidak memperpanjang kata mari kita mulai pembahasannya berikut ini.


Cara Membuat Tabel di Word HP, Laptop dan Komputer


Cara Membuat Tabel di Word HP, Laptop dan Komputer

Pembahan kali ini ada 3 topik utama, yaitu cara membuat tabel menggunakan hp, laptop atau komputer dan bagaimana cara menggabungkan tabel menjadi satu. Tiga topik ini saya merasa penting karena anda akan sangat membutuhkan ketika ingin membuat tabel. Anda bisa membuat tabel hanya dari hp atau jika anda ingin menampilkan tabel hasil maka anda bisa dengan mudah mendesain sesuai kebutuhan anda. Nah, jika anda penasaran dengan caranya mari simak pembahasannya berikut ini.


Cara Membuat Tabel di Word HP

Untuk cara membuat sebuah tabel di microsoft word melalui hp sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Download aplikasi WPS Office melalui google play store atau search di beranda google.
  2. Instal aplikasi tersebut, kemduain silahkan klik untuk membuka aplikasi.
  3. Jika anda ingin membuat file baru maka silahkan klik tenda + untuk membuat dokumen baru. Pilih document untuk membuat document word.
  4. Jika anda ingin menabhakan tabel pada file word yang sudah ada maka silahkan open file tersebut.
  5. Jika file word telah terbuka silahkan scroll pada bagian bawah. Cari menu tanda "+" kemudian klik tabel. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah.
  6. Masukkan jumlah kolom dan baris yang anda inginkan. Anda juga bisa mengubah warna dan style tabel tersebut.
  7. Jika sudah maka silahkan isi data pada tabel dan klik save.

Cara Membuat Tabel di Word HP


Cara Membuat Tabel di Word Laptop dan Komputer

Membuat tabel di word menggunakan laptop atau komputer tentu jauh lebih mudah dibandingkan membuat tabel di word menggunakan hp. Namun, jika anda baru saja memgang laptop tentu saja tidak tau dimana letak dari munu tersebut. Untuk mempermudah anda dalam membuat tabel maka silahkan simak pembahasn lengkap berikut ini:

Baca Juga: Cara Merubah Ukuran Kertas di Word Menjadi A4, A5, A6, F4 dan Lainnya

  1. Buka aplikasi word atau file word yang ingin anda tambahakan tabel.
  2. Klik menu Insert >> Tabel.
  3. Pilih jumlah kolom dan baris yang anda inginkan.
  4. Jika jumlah kolom dan baris tidak cukup atau banyak maka anda bisa klik Insert Table untuk memasukan jumlah kolom dan baris secara manual.
  5. Klik ok dan tabel sudah jadi.

Cara Buat Tabel di Word


Cara Menggabungkan 2 Buah atau Lebih Kolom dan Baris Menjadi Satu di Word

Jika anda ingin menggabungkan 2 atau lebih kolom menjadi satu caranya sangat mudah. Anda hanya tingal blok kedua kolom tersebut kemudian pergi ke menu layout dan klik marge cells dengan demikian maka kolom dan baris menjadi satu. Hal ini bisa anda keresaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk membuatnya menjadi rata tengah maka anda bisa pergi ke menu layout dan pilih ratah tengah. Untuk lebih jelasnya anda bisa perhatikan gambar dibawah ini dan langkah-langkahnya secara jelas.

cara mengabungkan 2 atau lebih kolom menjadi satu

  1. Langkah pertama, buat tabel dengan jumlah kolom dan baris sesuai kebutuhan anda.
  2. Blok kedua buat tabel atau lebih yang ingin anda gabung menjadi satu.
  3. Pergi ke menu "layout" kemudian klik "marge cells". Pastikan saat menekan marge cells tabel tetap dalam keadaan di blok.
  4. Tetap pada menu layout, pilih rata tengah atau kiri kanan sesuai dengan kebutuhan anda.
  5. Selesai, silahkan anda isi tabel sesuai dengan data yang ingin anda tampilkan.

Baca Juga: Cara Mengembalikan File Word Yang Lupa di Save

Begitulah cara menggabuangkan dua atau lebih kolom dan baris menjadi satu sesuai kebutuhan anda. Caranya sangat mudah, dengan memanfaatkan menu marge cells yang ada pada menu layout maka tabel bisa anda gabung menjadi satu. Cara ini sangat anda perlukan karena terkadang kita ingin menyajikan tabel dengan kolom dan baris digabung. Nah, saya harap apa yang saya bagikan dapat sedikit membantu anda.


Cara Menambahkan Kolom dan Baris pada Tabel

Ketika kita sedang membuat tabel terkadang jumlah kolom dan baris pada tabel tersebut kurang atau lebih. Jika jumlahnya kurang maka langkah apa yang harus dilakukan. Apakah membuat ulang tabel tersebut? tentu saja tidak, yang perlu dilakukan hanyalah dengan menambah jumlah kolom dan baris yang kurang saja. Caranya sangat mudah, anda bisa memanfaatkan layout tau menu yang muncul ketika anda baru saja blok sebuah tabel.


Cara Pertama Menggunakan Menu yang Muncul

Ketika kita baru saja blok kolom dan baris pada sebuah tabel, biasanya ada menu yang muncul. Diantara menu tersebut ada menu untuk delet, ukran dan jenis font, menambahan kolom dan baris pada tabel dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Menambahkan Kolom dan Baris pada Tabel

Perhatikan menu yang tampil pada gambar diatas, menu tersebut tampil ketika anda baru saja blok sebuah tabel. Diantara menu tersebut ada menu insert, menu ini yang akan anda gunakan untuk menambah jumlah kolom dan baris yang anda inginkan. Untuk lengkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Langkah pertama silahkan blok jumlah kolom dan baris yang ingin anda tambah.
  2. Misalkan jika anda ingin menambahkan 8 baris tabel kebawah maka anda blok 8 baris tabel juga.
  3. Klik insert pilih Insert Below jika anda ingin menambahan jumlah baris ke bawah.
  4. Insert Above jika anda ingin menambahkan tabel ke atas.
  5. Insert Left ke samping kiri
  6. Insert Right ke samping kanan.


Cara Menambahakan Jumlah Kolom dan Baris Tabel menggunakan Layout

Cara kedua ini dapat anda lakukan jika menu insert tidak tampil ketika anda baru saja blok sebuah tabel. Anda bisa memanfaatkan menu yang ada di layout untuk menambahakan jumlah tabel, baik itu kekiri, kanan, atas, dan bawah. Pilihannya sama dengan cara pertama, hanya saja lokasi menu yang berbeda. Untuk lebih lengkapnya anda bisa perhatikan langkah-langkah dibawah ini.

  1. Blok tabel yang ingin anda tambah.
  2. Pergi ke menu layout. Ingat ada dua menu layout, yang saya maksud adalah menu layout di samping menu desain. Perhatikan gambar dibawah ini.
  3. Cari menu insert.
  4. Insert Below jika anda ingin menambahan jumlah baris ke bawah.
  5. Insert Above jika anda ingin menambahkan tabel ke atas.
  6. Insert Left ke samping kiri
  7. Insert Right ke samping kanan.

Cara Menambahakan Jumlah Kolom dan Baris Tabel menggunakan Layout

Itulah artikel tentang Cara Membuat Tabel di Word HP, Laptop dan Komputer. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda. Siapa tau mereka juga belum tau cara buat tabel di word. Dengan anda share artikel ini maka anda akan dapat membantu mereka. Mungkin itu saja pembahasan kali ini akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Membuat Tabel di Word HP, Laptop dan Komputer"

Post a comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel