Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong Menggunakan Page Break dan Set Print Area

Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong Menggunakan Page Break dan Set Print Area. Print sebuah file dokumen terlihat sangat mudah dan gampang. Namun, berbeda dengan file dokumen dengan format excel. Karena tidak jarang text atau data yang ada pada file excel terlalu memangkang kekanan atau kebawah sehingga saat diprint menjadi terpotong. Halaman yang terpotong ini terkadang rapih namun terkadang juga tidak.

Agar hasil print di excel menjadi rapih dan tidak terpotong maka Microsoft Excel menyediakan beberapa fasilitas untuk print agar halaman print tidak terptong. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada anda tentang bagaimana caranya. Simak pembahasan lengkap berikut ini.


Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong Menggunakan Page Break dan Set Print Area

Untuk print sebuah file excel menjadi satu halaman atau agar hasil print tidak terpotong maka ada dua cara yang dapat anda lakukan. Cara pertama yaitu menggunakan Page Break Preview dan cara kedua yaitu menggunakan Set Print Area. Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cara pertama, menurut saya lebih fleksibel karena kita dapat mengatur halaman sesuai dengan yang kita inginkan dan kita bisa langsung tau hasil print akan seperti apa.

Baca Juga: Cara Membuat Tulisan ke Bawah di Excel dengan Mudah

Cara kedua yaitu menggunakan Set Print Area. Menurut saya, cara ini kurang fleksibel, karena sistem akan membagi halaman atau area print menjadi 2, 3, atau 4 dan seterusnya sama besar sesuai dengan yang kita setting. Namun, belum tentu hasil pembagian tersebut telah rapih dan tidak ada bagian yang terpotong. Akan tetapi, cara ini akan lebih bagus hasilnya jika anda ingin print file excel menjadi satu halaman saja dan full kertas HVS A4 dan lainnya.

Setelah mengetahui kedua kekurangan dan kelebihan dari kedua cara diatas maka silahkan pilih salah satu cara tersebut. Saya lebih suka menggunakan cara pertama. Untuk langkah-langkah print silahkan ikuti langkah-langkan berikut ini.


1. Print di Microsoft Excel Menggunakan Page Break Preview

Cara pertama adalah menggunakan menu Page Break Preview yang ada pada grup View >> Workbooks View. Cara ini lebih sering saya gunakan karena lebih fleksibel dan kita dapat dengan bebas mengatur tampilan file yang akan diprint. Kita dapat membuat hasil print menjadi 1 halaman, 2 halaman atau seterusnya dengan cara menarik garis putus-putus berwarna biru.

  1. Buka file Microsoft Excel yang ingin diprint.
  2. Klik menu View.
  3. Klik Page Break Preview yang ada di grup workbooks view. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong Menggunakan Page Break

  1. Setelah klik Page Break Preview maka secara otomatis akan terlihat Garis Biru seperti pada gambar diatas.
  2. Tarik Garis Biru Putus - Putus Full ke kanan dan ke bawah jika anda ingin print file dalam satu halaman atau lembar kertas.
  3. Garis Biru tersebut dapat anda atur atau digeser-geser sesuai dengan keinginan anda. Tulisan yang berada didalam garis biru yang nantinya akan tercetak saat diprint. 
  4. Jika sudah selesai di setting, langkah terakhir silahkan klik print.
  5. Jangan lupa setting ukuran kertas sesuai yang anda gunakan.


2. Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong Menggunakan Set Print Area

Cara ke dua yaitu menggunakan menu Set Print Area yang berada ada menu Page Layout. Cara ini sangat bagus untuk anda yang ingin print sebuah file excel menjadi satu halaman. Anda dapat melakukannya dengan cara mengatur width dan height menjadi 1 page. Anda juga dapat mengatusnya menjadi 2 page jika ingin print menjadi 2 halaman.

Namun, acara ini kurang fleksibel, dimana sistem excel akan membagi halaman sama besar. Sedangkan kita tidak tau apakah dalam pembagian tersebut, halaman excel menjadi rapi atau malah terpotong. Nah, jika anda ingin print file excel menjadi satu halaman tanpa terpotong maka silahkan menggunakan cara ini.

  1. Buka file Microsoft Excel yang ingin anda print.
  2. Silahkan klik menu Page Layout.
  3. Kemudian klik Print Area >> Set Print Area pada grup Page Setup. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong Menggunakan Set Print Area

  1. Perhatikan Gambar di Atas ! Pada bagian kanan atas gambar saya setting bagian Width = 1 Page dan Height = 1 Page. Maksudnya adalah semua text yang ada pada lembar kerja akan diprint dalam satu page atau satu halaman.
  2. Ini bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika ingin print menjadi dua halaman maka silahkan pilih width = 2 page atau height = 2 page, disesuaikan saja.
  3. Jika sudah selesai di setting, langkah terakhir silahkan klik print atau CTRL + P seperti print biasa.
  4. Jangan lupa setting ukuran kertas sesuai yang anda gunakan.

Baca Juga: Cara Memisahkan Isi Sel Menjadi Beberapa Baris di Excel

Itulah artikel tentang Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong Menggunakan Page Break dan Set Print Area. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat kepada anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda. Agar mereka juga menggetahui bagaimana cara print di microsoft excel full kertas atau tidak terpotong. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong Menggunakan Page Break dan Set Print Area"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel