Cara Mentranslate di Word Agar Hasil Bagus dan Sesuai Kaidah Bahasa

Cara Mentranslate di Word Agar Hasil Bagus dan Sesuai Kaidah Bahasa. Di zaman modern seperti saat ini, menerjemahkan sebuah dokumen dengan cepat bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Karena ada banyak sekali tools dan website yang bisa anda manfaatkan untuk menerjemahkan sebuah file baik itu dokumen word mapun pdf. Selain itu microsoft word sendiri memiliki fitur tersendiri yang telah disediakan untuk mentranslate teks secara langsung di aplikasi microsoft word. Sehingga anda tidak perlu pusing-pusng mencari cara mentranslate dokumen word.

Namun walaupun demikian, anda juga harus mengetahu webiste apa saja yang bisa anda gunakan untuk mentrnslate dokumen word. Hal ini penting untuk diketahui karena pada situasi tertentu anda akan membutuhkannya. Misalkan saja anda tidak sedangn memiliki laptop untuk mentranslate dokumen word. Maka anda bisa menggunakan website penerjemah untuk translate. Ada banyak tools dan website gratis yang menawarkan anda untuk menerjemahkan dokumen denga cepat namun dengan hasil yang bagus. Anda hanya pelu satu klik saja maka robot dari webiste yang anda gunakan akan secara otomatis mentranslate dokumen word tersebut.

Walaupun ada banyak website yang menyediakan fasilitas translate dokumen word dan pdf, namun ada beberapa website yang menurut gammafisblog.com memberikan hasil yang memuaskan. Semua webiste tersebut telah kami rangkum di bawah ini. Ketika selesai mentranslate sebuah teks dokumen word menggunakan cara berikut ini maka anda juga tetap memvalidasi apakah hasilnya sudah sesuai yang anda inginkan atau tidak. Karena mau bagaimanapun hasil kerja robot tetap saja akan ada kesalahan dalam menerjemahakan. Sehingga setelah di validasi maka hasilnya akan menjadi lebih bagus.

Untuk menvalidasi bahasa inggris apakah sudah sesuai dengan grammar atau belum, anda bisa menggunakan grammarly. Grammarly akan mengecek secara otomatis struktur bahasa inggris dan memperbaikkinya sehingga sesuai dengan kaidah bahsa inggris. Kembali lagi ke topik pembahasan, yaitu bagaimana cara mentranslate di word. Nah, anda bisa simak pembahasnnya secara lengkap dibawah ini.


Cara Mentranslate di Word Agar Hasil Bagus dan Sesuai Kaidah Bahasa

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara menerjemahkan atau mentranslate file dokumen word ke bahasa inggris mapun bahasa indonesia. Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mentranslate sebuah text di word ke bahsa yang anda inginkan. Misalkan saja anda mentranslate word menggunakan google drive atau langsung mentranslate di aplikasi microsoft word. Karena word memiliki fitur penerjemah yang bisa anda gunakan. Bagaimana caranya, simak pembahasan selengkapnya.


1. Cara Mentranslate di Word dengan Mudah

Apakah anda tau bahwa di aplikasi microsft word telah tersedia fitur penerjemah gratis yang bisa anda gunakan. Nah, jika anda belum mengetahuinya maka tepat sekali, karena kali ini saya akan menginformasikannya kepada anda. Simak step by step di bawah ini.

  1. Buka file word yang ingin anda translate.
  2. Klik menu Review.
  3. Pilih Fitur Translate Language.
  4. Pilih Translate Document (Indonesia to English).
  5. Jika tidak ada maka silahkan klik "Choose Translation Language", untuk mengatus bahasa yang ingin anda terjemahkan.
  6. Pilih bahasa yang ingin anda translate. Misalkan dari bahsa Indonesia ke inggris, silahkan pilih bahasa indonesia pada menu translation from dan pilih bahasa inggris pada menu translation to.
  7. Terakhir silahkan klik ok.
  8. Klik OK jika ada muncul tulisan "Do you want to proceed?".
  9. Maka secara otomatis word akan menerjemahkan file tersebut ke bahasa yang telah anda pilih.

Cara Mentranslate di Word Agar Hasil Bagus dan Sesuai Kaidah Bahasa

Nah, sekarang anda tidak akan pusing lang ketika ingin menerjemahkan sebuah file dokumen yang super banyak. Anda bisa manfaatkan fitur translate yang ada pada microsoft word. Selain cara diatas, anda masih punya tiga cara lagi yang bisa anda manfaatkan untuk menerjemahkan sebuah dokumen ke bahasa yang anda mau. Silahkan lanjut untuk membaca.

Baca Juga: Cara Cek Typo di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia dan Inggris


2. Cara Translate File Word Menggunakan Google Drive

Sepetrinya sudah menadi rahasia umum, bahwa google drive bisa dimanfaatkan untuk menerjemahkan sebuah file dari bahasa inggris ke indonesia atau indonesia ke inggris maupun bahasa lainnya. Namun, meskipun demikian, masih ada saja yang belum mengetahui informasi ini. Nah, pada artikel ini saya akan khusus membahasa bagaimana cara mudah mentranslate file microsoft word ke bahasa yang anda inginkan namun dengan hasil yang sangat bagus. Nah, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Upload file word ke Google Drive.
  2. Klik kanan pada file dokumen word yang telah anda upload.
  3. Klik Buka Dengan atau Open With Google Document.
  4. Klik Alat atau Tools.
  5. Klik Terjemahkan Dokument.
  6. Pilih bahasa yang anda inginkan. Misalnya anda ingin mentranslate ke bahasa inggris silahkan pilih bahasa inggris.
  7. Terakhir klik terjemah atau translate.
  8. Tunggu hingga proses terjemahan selesai.
  9. Klik File dan pilih "Download ke Word".

Nah, bagitu mudahnya anda mentranslate file word ke bahasa inggris, indonesia, korea atau lain sebagainya yang anda inginkan. Nah, jika cara diatas anda rasa masih kurang memuaskan maka anda bisa menggunakan 2 cara berikut ini yang cukup bagus.


3. Cara Mentranslate di Word Menggunakan Google Translate Dokumen

Apakah anda tau bahwa google translate yang anda gunakan selama ini bisa mentranslate file dokumen, baik itu file word maupun pdf. Cara Translate PDF telah saya jelaskan secara lengkap pada artikel sebelumnya.

Google translate saat ini berbeda dengan yang dulu, dimana google selalu mengupdate fasilitas translate gratis tersebut untuk memberikan hasil yang bagus. Saat ini google translate mampu menerjemahkan bahasa indonesia ke inggris dengan sangat bagus, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu anda tidak perlu lagi khawatir saat menggunakan google translate untuk menerjemahkan dokumen word.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan fasilitas grammarly gratis untuk memperbaikit struktur kata atau grammar bahasa inggris, ketika anda ingin menerjemahkan dari bahwa indonesia ke inggris. Untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan saat menerjemahkan file word ke bahasa inggris anda bisa memebeli grammarly pro. Untuk mendapatkan harga murah anda bisa patungan dengan teman anda.

Nah, kembali ke fokus pembahsan kita, yaitu cara menerjemahkan atau mentranslate file word ke bahasa inggris atau indonesia mapun bahasa lain yang anda inginkan. Anda cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini maka file word anda akan ditranslate secara otomatis dan hasilnya cukup bagus.

  1. Langkah pertama silahkan siapkan File Word yang ingin anda translate.
  2. Buka aplikasi browser anda, baik melalui hp ataupun laptop.
  3. Silahkan akses halaman https://translate.google.co.id/
  4. Pada bagian kiri atas ada tulisan document, silahkan klik "DOCUMENT".
  5. Atur bahsa yang ingin anda translate. Misalkan dari bahsa inggris ke indonesia.
  6. Klik jelajahi komputer dan cari file word yang ingin anda translate.
  7. Setelah berkas berhasil terupload silahkan klik terjemah.
  8. Tunggu hingga proses terjemahan selesai dan copy hasil terjemahan tersebut.

Begitulah cara menerjemahkan dokumen word menggunakan google translate. Jika anda langsung copy isi word dan paste dihalaman google translate maka akan dibatasi hingga 5 ribu kata saja. Namun, jika anda upload dokumen word, maka sebanyak apapun kata yang ada dalam file akan secara otomatis di translate. Namun agak sedikit lama sehingga anda perlu sabar.


4. Cara Mentranslate di Word Menggunakan Menggunakan Website Penerjemah

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk menerjemahakan dokumen word ke bahasa yang anda inginkan yaitu menggunakan website penerjemah. Ada banyak sekali website yang bisa anda manfaatkan untuk mentranslate sebuah dokumen word ke bahasa yang anda inginkan. Misalkan saja anda ingin menerjemahkan bahasa inggris ke indonesia atau sebaliknya dari bahasa indonesia ke inggris.

  1. Langkah pertama silahkan kunjungi website: Onlinedoctranslator.com
  2. Silahkan anda klik tombok "Translate Now".
  3. Silahkan upload file word yang anda inginkan.
  4. Setting bahasa yang anda inginkan. Website ini akan dengan otomatis mendeteksi bahasa yang anda gunakan dalam file word.
  5. Klik Translate dan Tunggu hingga proses translate selesai.
  6. Klik "Download your translated document".

Begitu mudah sekali menerjemahkan sebuah file baik itu word maupun pdf menggunakan website ini. Dimana anda hanya perlu upload saja file word dan pilih bahasa maka secara otomatis website akan bekerja menerjemahkan text yang ada dalam file tersebut secara menyeluruh dengan hasil yang cukup bagus. Walaupun demikian anda juga tetap harus memeriksa kosakata atau grammar dari hasil translate tersebut. Hal ini untuk menvalidasi hasil kerja robot penerjemah.

Baca Juga: Cara Mengembalikan File Word Yang Lupa di Save

Itulah artikel tentang Cara Mentranslate di Word Agar Hasil Bagus dan Sesuai Kaidah Bahasa. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Mungkin itu saja pembahsan kali ini, jangan lupa share dan follow blog ini agar anda bisa mendapatkan informasi terbaru dari kami. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Mentranslate di Word Agar Hasil Bagus dan Sesuai Kaidah Bahasa"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel