Cara Membuat Aplikasi Game Android Sendiri Tanpa Ribet

Cara Membuat Aplikasi Game Android Sendiri Tanpa Ribet. Dizaman modern seperti saat ini, membuat aplikasi adalah hal yang terbilang mudah. Karena ada banyak sekali tools yang dapat anda gunakan untuk mempermudah anda dalam proses membuat aplikasi. Bahkan anda tidak membutuhkan keahlian bahasa pemrogram android, java, c, c++, phyton, php atau lainnya yang sangat ribet. Anda bisa membuat aplikasi seperti hanya membuat sebuah slide show saja. Seperti anda sedang membuat ppt. Anda hanya perlu drag & drop saja maka anda bisa membuat aplikasi android.

Kenapa anda harus belajar cara membuat game, ya karena zaman sekarang banyak orang yang kecanduan dengan permainan game android. Nah, anda bisa hadir untuk berkontribusi dalam dunia developer game untuk membuat game-game yang bersifat edukasi dan informatif. Hal ini penting untuk ditanamkan agar aplikasi yang anda buat bisa bermanfaat untuk banyak orang. Misalkan saja anda membuat aplikasi media belajar berbasis android.

Karena kebanyakan orang lebih suka menghabiskan waktu untuk bermain hp maka membuat media belajar berbasis aplikasi android akan sangat membuntu. Anda bisa membuat aplikasi yang menarik sehingga para pelajar walaupun suka bermain hp tetap bisa memiliki waktu untuk terus belajar.

Untuk membuat aplikasi yang mudah, anda perlu sebuah tools atau engine. Ada banyak tools yang dapat anda gunakan seperi android studio, adobe flash, construct 2 & 3 serta aplikasi lainnya. Untuk membuat aplikasi menggunakan android studio terbilang sangat ribet dan rumit. Terlebih lagi bagi anda yang masih pemula. Oleh karena itu saya lebih menyarankan anda untuk menggunakan construct 2 atau 3.

Baca Juga: 5 Website Tempat Belajar Coding Gratis Untuk Menjadi Programmer Profesional


Cara Membuat Aplikasi Game Android Sendiri Tanpa Ribet

Construct 2 adalah salah satu aplikasi yang mampu mewujudkan mimpi anda untuk membuat game android sendiri tanpa ribet. Construct 2 adalah tools untuk membuat game android dan windows berbasis HTML yang secara khusus dibuat untuk game 2D. Construct 2 dikembangkan secara khusus oleh Scirra untuk membuat game menjadi mudah. Anda tidak membutuhkan keahlian dalam bahasa pemrograman secara khusus. Karena semua perintah dalam game yang dibuat menggunakan construct 2 diatur dalam EvenSheet yang terdiri dari Event dan Action.

Apa maksud dari Event dan Action? Ini seperti program logika sederhana, yaitu jika begini maka begitu. Artinya jika ada sebuah evet terjadi maka akan ada action yang akan dijalankan sesuai dengan perintah. Misalkan anda membuat even ketika sebuah tombol di klik maka object akan lompat. Nah, jika anda penasaran bagaimana cara membuat game dengan aplikasi construct simak pembahasan berikut ini secara lengkap.


Silahkan Download dan Instal Aplikasi Construct 2

Construct 2 adalah salah satu aplikasi yang dapat anda gunakan untuk membuat aplikasi game ataupun aplikasi lainnya. Walaupun saat ini pihak pengembang construct 2 sudah tidak lagi mengupdate aplikasi ini namun anda masih tetap bisa menggunakan untuk membuat aplikasi game android dengan mudah.

Karena saat ini construct lebih fokus dalam mengembangkan aplikasi contruct 3 berbasis web. Dimana anda bisa membuat game dari website resmi editor.construct.net. Pada dasarnya aplikasi construct 2 dan construct 3 berbayar. Terlebih lagi untuk versi construct 3, dimana anda harus login menggunakan email yang telah terdaftar dan terkait dengan lisensi secara legal.

Disini saya tidak akan memberikan anda aplikasi construct 2 dan lisensinya secara gratis. Karena hal itu ilegal. Namun, ada beberapa website yang bisa anda searching di google lengkap dengan lisensi dan cara menggunakan lisensi tersebut. Namun, saya lebih menyarankan anda untuk menggunakan construct 3 versi berbayar. Karena selain legal ini juga akan bagus bagi anda yang ingin serius membuat aplikasi game. Namun, jika anda hanya berniat untuk belajar membuat aplikasi game dan belum memiliki uang maka anda bisa menggunakan lisensi tersebut. Download aplikasi Construct 2.

Sedangkan untuk construct 3 anda bisa membeli lisensi dengan harga yang murah sekitar 5 dolar perbulan. Artinya batas waktu penggunaan anda yaitu satu bulan. Setelah lebih dari 1 bulan maka lisensi tersebut tidak aktif lagi. Namun, anda harus membeli menggunakan akun paypal yang telah terisi saldo 5 dolar.

Anda bisa membeli dolar di website toko online, dimana mereka menjual 1 dolar dengan harga hampir 16 ribu dan ada juga yang menerapkan minimal pembelian 10 dolar. Tentu ini akan sangat merepotkan anda.  

Nah, jika anda tidak ingin repot-repot membuat akun paypal maka akan membantu anda untuk membeli lisensi construct 3 tersebut. Anda hanya cukup membayar Rp. 100Ribu, maka saya akan membantu anda untuk membeli lisensi construct 3 tanpa ribet. Anda hanya perlu mengirim alamat email ke email bisnis saya mozaikalqharomi77@gmail.com atau langsung chat saya di WA 0895619048472.


Buat Aplikasi Game Menggunakan Construct 2

Setelah anda berhasil menginstal aplikasi construct maka langkah selanjutnya adalah mulai membuat game yang anda inginkan. Sebelum itu anda harus punya konsep terlebih dahulu untuk game anda. Karena jika tidak maka anda tidak akan tau ingin membuat aplikasi seperti apa. Seperti yang pernah saya lakukan saat membuat aplikasi game pertama saya yaitu aplikasi "Bubble Crab - Underwater".

Aplikasi Bubble tersebut telah saya upload di google play store anda bisa download aplikasi tersebut untuk mencobanya. Mungkin belum terlalu bagus namun saya telah berusaha membuatnya dan akan terus belajar untuk mejadi lebih baik lagi. Jangan lupa juga untuk menuliskan tanggapan anda tetang aplikasi tersebut dan memberikan bintang melalui google play store. Untuk membuat aplikasi menggunakan construct 2 atau 3 sangat mudah. Ikuti panduan singkat berikut ini.

  1. Info Penting: Membuat aplikasi menggunakan di construct akan lebih mudah ketika anda menggunakan mouse. Karena ada beberapa fungsi yang lebih mudah dikendalikan menggunakan mouse, seperti zoom in dan zoom uot.
  2. Langkah pertama buka aplikasi construct 2 atau 3. Disini saya mencontohkan menggunakan aplikasi constrcut 2.
  3. Kemudian klik File pilih New >> Create a new project. Maka akan muncul window select template yang ingin anda gunakan.
  4. Pilih ukuran layar game yang anda inginkan. Misalkan saya ingin model layar Portrait 720p dengan rasio 16:9. Sehingga ukuran layar game yang akan anda gunakan adalah 720 x 1280 px.
  5. Jika sudah pilih silahkan klik open. Maka halaman kerja untuk anda membuat aplikasi akan tampil. Ada dua jenis halaman yang akan tampil yaitu halaman "Layout dan Event Sheet". Untuk halaman Layout adalah tempat anda mendesain tampilan game, sedangkan Event Sheet adalah halaman untuk anda menulis perintah atau program.
  6. Pada bagian kiri terdapat menu Properties dimana anda bisa mengatur ukuran layout, windows dan lain sebagainya. Anda bisa mengubah Layout Size menjadi 720, 1280 agar ukuran layar windows sama dengan ukuran layar game.
  7. Pada bagian kanan terdapat layar Project, yang terdiri dari kumpulan file dan program yang telah masukkan dan ingin digunakan.
  8. Pada bagian atas terdapat beberapa menu yang penting, yaitu Home, View dan Even Sheet.
  9. Pada menu Home terdapat menu Run Layout untuk menjalankan aplikasi yeng telah anda buat. Debug Layout untuk menjalankan aplikasi dan memonitor apa saja yang bekerja saat aplikasi dijalankan serta monitoring error dan performa aplikasi. Terakhir menu Export Project untuk mengeksport project aplikasi yang telah siap.
  10. Untuk menyimpan project silahkan klik menu file dan pilih save atau langsung klik CTRL + S. Ada dua pilihan saat anda save file yaitu "Save As Project" dimana anda akan menyimpan file dalam bentuk folder-folder. Atau "Save a single Project" dimana anda akan menyimpan file ke dalam satu format capx. Ini tergantung dari keperluan anda.

Cara Membuat Aplikasi Game Android Sendiri Tanpa Ribet

  1. Untuk menambahakan Object Silahkan klik 2 kali atau double klik di halaman kerja layout, pada bagian tengah gambar diatas. Maka akan muncul beberapa jenis object dan plugin yang dapat anda tembahakan.
  2. Misalkan anda ingin menambah object lingkaran atau karakter dalam game seperti manusia dan lainnya. Silahkan double klik di halaman layout dan pilih "sprite". Sprite adalah plugin yang telah disiapkan oleh construct untuk menambah object.

Cara Membuat Aplikasi Game Android

  1. menggunakan plugin sprite. Kemudian klik load image from file untuk membuat gackground dari gambar jpg atau png yang anda ingunkan.

Menambahkah Sprite di Construct 2

  1. Kemudian anda atur ukuran background dan player sesuai yang anda inginkan, perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Membuat Aplikasi Game

Baca Juga: 9 Tips Memulai Belajar Pemrograman Komputer Untuk Pemula


Plugin-plugin Construct 2

Plugin adalah kode software dengan fungsi tertentu yang memungkinkan aplikasi atau program untuk menjalankan fitur tambahan di aplikasi atau program tersebut. Selain sprite masih banyak lagi plugin yang ada dan dapat anda tambahkan ke aplikasi construct. Plugin ada versi berbayar dan juga gratis, anda harus benar-benar perhatikan lisensi plugin sebelum menggunakannya dan baca prosedur penggunaan plugin. Untuk menambahkan plugin anda bisa download plugin ekstrak plugin dan copy folder plugin ke folder C:\Program Files\Construct 2\exporters\html5\plugins. Berikut ini adalah beberapa plugin dasar yang sudah tersedia di aplikasi construct tanpa anda menambahkan apa-apa.

Plugin-plugin Construct 2

Dari semua plugin diatas, pligin yang akan sering anda gunakan untuk membuat game sederhana adalah Sprite, Touch, Mouse, Localstorage, Audio, Button, Particles dan Admob. Semua plugin yang saya warnai pada tabel diatas sangat penting untuk anda pelajari penggunaanya. Dengan plugin itu saja maka anda sudah bisa membuat game sederhana.


Cara Membuat Aplikasi Game Android Menggunakan Construct 2

Itulah langkah-langkah yang penting untuk anda pelajari saat ingin membuat game menggunakan construct 2. Yang lebih penting saat anda ingin membuat game adalah anda harus benar-benar merancang akan seperti apa game yang akan anda buat. Selain itu anda juga harus mempersiapkan desain, audio, video visual lainnya yang anda butuhkan. Setelah semua aset game tersebut sudah siap dan rancangan game anda sudah jadi, maka mulailah membuatnya di construct 2.

Disini saya hanya sebatas menginformasikan bahwa cara mudah membuat aplikasi game yaitu menggunakan aplikasi construct. Karena pemabahasan ini terlalu panjang maka saya akan membahanya di lain kesempatan. Nah, jika anda ingin saya membahas kembali mengenai aplikasi construct, silahkan tulis di kolom komentar. Anda juga bisa meminta kami untuk membahas topik yang anda inginkan. Kami memang buka ahli dalam dunia construct 2 namun niat kami membantu anda membuat kami semangat untuk belajar. Jadi, mari kita belajar bersama.

Baca Juga: Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Gaming – Software and Hardware

Itulah artikel tentang Cara Membuat Aplikasi Game Android Sendiri Tanpa Ribet. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan silahkan tulis pertanyaan anda dikolom komentar. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, share artikel ini jika anda merasa artikel ini juga bermanfaat untuk orang lain. Follow blog ini untuk mendapatkan informasi menarik dari kami seputar dunia game dan cara membuat aplikasi. Akhir kata saya ucapkan terimaka

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Membuat Aplikasi Game Android Sendiri Tanpa Ribet"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel