3 Cara Membuat Background di Word Menggunakan Gambar / Logo dengan Mudah

3 Cara Membuat Background di Word Menggunakan Gambar / Logo dengan Mudah. Microsoft Word adalah aplikasi yang biasa kita gunakan untuk membuat sebuah file dokumen atau buku. Saat membuat dokumen word, kita dapat menambahkan gambar atau foto untuk keperluan tertentu. Gambar dapat digunakan untuk membuat background atau watermark dalam file word. Background biasanya dibuat untuk memperbagus atau membuat tampilan dokumen tersebut menjadi lebih menarik. Misalnya ketika anda ingin membuat sebuah modul pembelajaran. Tanpa menambahkan background maka modul tersebut tentu menjadi kurang menarik.

Ada banyak cara yang dapat anda gunakan untuk menambahkan background di microsoft word. Diantaranya adalah dengan insert gambar, shapes, atau menggunakan fitur watermark untuk dijadikan background. Semua cara ini intinya sama, yaitu membuat background di dokumen word yang sedang anda buat. Namun, penerapan cara tersebut tidak sama. Dari ketiga cara tersebut ada yang fleksibel dan tidak. Itu semua ditentukan oleh kebutuhan anda dan mana yang menurut anda lebih efektif dan nyaman. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan ketiga cara tersebut. Sehingga nantinya anda yang memutuskan untuk menggunakan cara yang mana.


3 Cara Membuat Background di Word Menggunakan Gambar / Logo dengan Mudah

3 Cara Membuat Background di Word Menggunakan Gambar atau Logo dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tiga cara yang dapat anda lakukan untuk menambahkan background di microsoft word. Ketiga cara ini ada yang simpel dan ribet namun memiliki tingkat fleksibilitas masing-masing. Ada yang simpel tapi kurang fleksibel dan ada yang ribet tapi fleksibel. Nah, saya disini saya berbagi informasi, yang menentukan untuk menggunakan cara yang mana adalah anda. Jika anda penasaran dengan cara tersebut simak pembahasan lengkahnya berikut ini.


1. Buat Background di Word dengan Insert Gambar

Metode yang pertama adalah menggunakan menu insert gambar yang disediakan oleh microsoft word. Cara ini menurut saya adalah cara yang paling simpel dan sangat mudah untuk dilakukan. Namun, kekurangannya adalah anda tidak dapat mengatur tingkat transparansi dari gambar yang ingin anda masukkan. Sehingga anda harus menyiapkan gambar yang memang tingkat transparansi sudah pas sehingga background tidak akan membuat tulisan menjadi tidak kelihatan. Karena memang tujuan dari mengatur transparansi adalah agar tulisan tetap jelas dan background tetap tampak.


a. Satu Background Untuk Semua Halaman

Jika anda ingin membuat background setiap halaman dokumen yang anda buat sama, maka anda bisa menambahkan gambar pada bagian Header. Tujuannya agar background semua halaman menjadi sama. Misalnya kita menambahkan background pada bagian header dihalaman pertama maka secara otomatis background tersebut akan tampil dihalaman lainnya. Kecuali anda menggunakan fitur break halaman dan nonaktifkan fitur Link to Previous.

  1. Langkah pertama silahkan anda double klik pada bagian header (bagian atas halaman) atau anda bisa lakukan degan cara klik insert >> cari menu header.
  2. Setelah halaman header tampil, selanjutnya kembali klik menu insert >> insert gambar. Atau anda bisa lakukan dengan cara copy gambar yang ingin anda jadikan background dan paste di halaman header.
  3. Selanjutnya klik gambar tersebut >> pilih Picture Format >> Klik Wrap Teks >> Pilih Behind Text.
  4. Selanjutnya, atur ukuran gambar tersebut sesuai kebutuhan anda. Misalnya saya mengatur ukuran gambar tersebut sesuai dengan ukuran kertas yang saya atur. Atau sama dengan ukuran halaman word.
  5. Atur posisi gambar tersebut. Jika semua sudah pas selanjutnya klik Header & Footer >> Pilih Close Header & Footer. Atau anda bisa lakukan dengan cara double klik pada halaman dibawah Header & Footer atau pada halaman yang berisi teks materi yang ada dalam dokumen tersebut.
  6. Dengan begitu maka seluruh background dokumen word anda akan sama dengan gambar yang anda insert.

Penting: Jika anda ingin print maka anda bisa coba print satu halaman saja, untuk melihat apakah teks dalam dokumen tersebut masih jelas terlihat tidak tertutup oleh warna background. Atau anda bisa convert ke pdf terlebih dahulu. Baca Juga: 3 Cara Convert File Word Ke PDF dengan Mudah dan Tanpa Aplikasi


b. Cara Membuat Background di Word Hanya 1 Halaman

Cara ini sebenarnya dapat anda lakukan dengan dua cara, yaitu melalui halaman header atau langsung insert background pada 1 halaman yang anda inginkan. Jika anda hanya ingin menambahkan background pada satu halaman saja, maka saya sarankan untuk menggunakan cara kedua, karena cara pertama melalui header sangat ribet. Dimana anda akan membuat fitur break line dan menonaktifkan Link to Previous. Nah, berikut akan saya bagikan cara kedua dan langkahnya secara lengkap.

  1. Langkah pertama silahkan insert gambar yang ingin anda jadikan backgroud.
  2. Klik gambar tersebut >> pilih Picture Format >> Klik Wrap Teks >> Pilih Behind Text.
  3. Atur ukuran gambar tersebut sesuai kebutuhan anda.
  4. Atur posisi gambar hingga pas ditengah-tengah halaman.

Penting: Pastikan tingkat warna background tidak membuat teks dalam halaman menjadi sulit terbaca. Anda harus memilih warna yang tidak saling menghilangkan. Misalnya jika warna teksnya hitam maka cobalah pilih background dengan waran abu, biru langit atau anda juga bisa mengatur tingkat transparansi dari gambar tersebut agar teks tetap bisa jelas terlihat namun tetap tampak. Biasanya saya mengeditnya menggunakan photoshop. Jika anda tidak dapat menggunakan aplikasi photoshop maka cobalah cara kedua dibawah ini, yaitu menggunakan menu shapes.


2. Cara Membuat Background di Word Menggunakan Insert Shapes

Cara kedua ini menurut saya yang lebih fleksibel karena anda bisa mengatur tingkat transparansi dari gambar yang ingin anda jadikan background tanpa harus edit lagi di photoshop.

Catatan: Jika anda ingin membuat background ini pada seluruh halaman, maka silahkan buat pada menu header seperti yang telah saya jelaskan pada poin A di atas. Jika anda hanya ingin membuat background maka ikuti poin B.

  1. Langkah pertama silahkan anda klik menu Insert >> Pilih Insert Shapes >> Pilih Rectangle atau Kotak Persegi.
  2. Selanjutnya klik kiri tahan dan buat kotak persegi menggunakan shapes tersebut.
  3. Klik Kotak Persegi yang baru dibuat, kemudian pilih shapes format >> pilih Wrap Text >> pilih Behind Text (Agar background berada dibawah text).
  4. Klik kanan pada kotak tersebut maka akan muncul beberapa menu pilihan silahkan pilih menu Format Shapes pada bagian paling bawah.
  5. Pilih menu fill & line >> pilih picture or texture fill.
  6. Pada bagian Picture Source >> klik insert dan cari gambar yang ingin anda jadikan background.
  7. Atur transparansi gambar tersebut agar teks tetap terlihat dengan jelas saat dibaca.


3. Cara Membuat Background di Word Menggunakan Insert Watermark

Salah satu cara untuk membuat background di word adalah dengan cara insert watermark. Cara ini terbilang simpel namun kurang fleksibel. Karena seluruh halaman akan secara otomatis memiliki background yang anda. Anda tidak dapat mengatur halaman tertentu menjadi beacround yang bebeda seperi yang anda inginkan. Namun, cara ini juga penting untuk diketahui jika anda ingin membuat background yang sama pada setiap halaman word.

  1. Langkah pertama silahkan klik menu Design.
  2. Selanjutnya pilih menu Insert Watermark yang ada pada bagian paling kanan.
  3. Pilih Costume Watermark.
  4. Pilih Picture Watermark dan Klik select picture. Cari gambar yang ingin anda jadikan background.
  5. Pada bagian scale silahkan atur sesuai keinginan anda. Anda bisa mengatur menjadi 100%, namun pada skala 100% terkadang gambar belum secara menyeluruh menutupi halaman, ada bagian pinggir yang masih putih. Sehingga saya mengatur scale menjadi 103%.
  6. Hapus tanda centang pada Washout.
  7. Klik Apply dan klik close. Maka secara otomatis seluruh halaman word akan memiliki background.

tulah artikel tentang 3 Cara Membuat Background di Word Menggunakan Gambar / Logo dengan Mudah. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman anda. Siapa tau mereka juga belum tau cara ini. Jangan lupa juga follow blog kami untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpe kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel