Cara Membuat eBook Interaktif Berbasis Aplikasi Android dan Laptop Menggunakan Flip PDF Professional

Cara Membuat eBook Interaktif Berbasis Aplikasi Android dan Laptop Menggunakan Flip PDF Professional untuk Media Belajar Elektronik. eBook Interaktif adalah salah satu media pembelajaran berbasis komputer atau android yang dibuat agar pengguna dapat merespon secara aktif dari setiap konten seperti teks, gambar bergerak, animasi, video, dab audio dalam satu aplikasi. eBook Interaktif digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif karena dalam media tersebut juga dapat dimasukkan video pembelajaran dan latihan soal yang dapat langsung dikerjakan dan dinilai secara otomatis.

Untuk membuktikan bahwa ebook interaktif ini lebih efektif, banyak para mahasiswa yang melakukan penelitian untuk tugas akhir, baik skripsi maupun tesis mengenai media pembelajaran ini. Pada tahun 2017 Sugiono melakukan penelitian mengenai Pengaruh Penggunaan bahan ajar E-book Interaktif, hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ebook interaktif memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Karena penggunaan ebook interaktif memberikan dampak yang positif, maka pertanyaannya bagaimana cara membuat ebook interaktif.


Cara Membuat eBook Interaktif Berbasis Aplikasi Android dan Laptop Menggunakan Flip PDF Professional

Ada dua cara membuat ebook yaitu membuatnya menggunakan coding dan aplikasi pembuat ebook. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi pembuat ebook seperti Flip PDF Professional. Flip PDF Professional adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi ebook interaktif. Output dari Flip PDF Professional berupa aplikasi yang dapat dijalankan pada android, dekstop (Laptop/PC) dan online. Cara membuat ebook interaktif menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan materi berupa file PDF, video dan latihan soal. Untuk memasukkan video dalam ebook maka anda harus menyediakan ruang kosong pada file PDF, karena video akan dimasukan nanti saat menggunakan Flip PDF Professional. Nah, jika anda penasaran dengan cara membuat ebook maka simak pembahasan lengkap berikut ini.

  1. Langkah pertama adalah anda harus download aplikasi Flip PDF Professional. Jika belum memiliki aplikasinya silahkan anda download di google atau anda bisa mencari link download di youtube. Aplikasi Flip PDF Professional adalah aplikasi yang berbayar. Namun, jika anda tidak ingin mengeluarkan uang, maka nda bisa mencari di google yang full version. Saya sarankan cari di youtube dengan kata kunci tersebut dan tambahakan pada bagian akhir full version.
  2. Setelah download aplikasi langkah berikutnya adalah instal aplikasi Flip PDF Professional. Cara instalnya sangat mudah. Namun, untuk langkah lebih lengkap anda bisa mencari tutorialnya di youtube. Karena blog ini tidak menyediakan tutorial mengenai cara instal aplikasi bajakan.
  3. Setelah aplikasi berhasil terinstal, silahkan siapkan file PDF yang ingin diadikan ebook (baca juga Cara Convert File Word Ke PDF). Jangan lupa juga siapkan file video dan soal jika anda ingin memasukkan video dan soal kedalam ebook.
  4. Jalankan aplikasi Flip PDF Professional dengan cara double klik pada aplikasi Flip PDF Professional yang ada di desktop yang telah anda instal.
  5. Klik New Project untuk mulai membuat aplikasi ebook interaktif. Kemudian silahkan pilih veris HTML5.
Cara Membuat eBook Interaktif Menggunakan Flip PDF Professional

  1. Setelah klik Creat Project maka akan tampil halaman untuk memasukkan file PDF ke dalam aplikasi Flip PDF Profesional.
  2. Klik Browser dan cari file PDF yang ingin anda jadikan ebook.
  3. Atur kualitas ebook ke medium agar ebook tidak terlalu berat dan kualitas tetap jelas.
  4. Pilih All Page jika anda ingin memasukkan semua halaman PDF pada ebook dan klik custom jika ingin memasukkan beberapa halaman saja.
  5. Kemudian klik Import Now dan tunggu hingga proses import selesai.
  6. Setelah proses import selesai silahkan anda save file dengan klik CTRL + S.

Import file pdf ke eBook

  1. Setelah selesai maka langkah selanjutnya adalah mengedit dan mengatur apa saja yang ingin anda masukkan kedalam ebook. Misalnya anda ingin mengganti logo Flip Builder dengan logo aplikasi anda. Mengedit tema aplikasi. Menambahakan video, latihan soal, file gif, dan lainnya. Semua akan saya bahasa satu persatu namun di artikel lainnya, karena akan sangat panjang jika saya membahasnya disini.
  2. Klik Edit Page untuk mulai mengatur dan menambahkan isi seperti video gambar gif dan latihan soal atau lainnya yang anda inginkan.

Edit Page eBook Flip PDF Profesional

  1. Berikut ini adalah tampilan dari halaman edit page aplikasi Flip PDF Profesional. Dalam halaman tersebut terdapat menu Movie untuk menambahkan video, youtube untuk menambahkan video dari youtube, audio, image, slider teks dan menu lainnya seperti Button.
  2. Silahkan anda mencoba masing-masing menu tersebut untuk mengetahui apa fungsi dari menu tersebut.

Halaman Edit Page eBook Flip PDF Profesional

Itulah artikel tentang Cara Membuat eBook Interaktif Berbasis Aplikasi Android dan Laptop Menggunakan Flip PDF Professional untuk Media Belajar Elektronik. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman anda siapa tau ada dari teman anda yang ingin membuat ebook berbasis aplikasi android untuk skripsi ataupun tesis. Jangan lupa juga untuk follow blog ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami dan update artikel lainnya yang terkait dengan artikel ini. Mungkin itu saja pembahasan kali ini akhir kata saua ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel