3 Cara Membuat Barcode Lokasi dari Google Map di Android dan Laptop Tanpa Aplikasi

3 Cara Membuat Barcode Lokasi dari Google Map di Android dan Laptop Tanpa Aplikasi. Dizaman serba modern saat ini, berbagi lokasi atau shareloc tidak saja dilakukan dengan share alamat dari lokasi tersebut. Anda bisa share lokasi menggunakan link atau yang lebih keren lagi menggunakan barcode dan qr code. QR Code adalah program yang dibuat untuk memuat informasi berupa karakter alfanumerik kedalam code pola gambar dan lainnya.

Menambahkan lokasi menggunakan qr code bisanya di tempatkan pada sebuah banner, spanduk, undangan digital dan masih banyak lagi. Tergantu dari keperluan anda seperti yang telah saya jelaskan pada artikel Cara Membuat QR Code WhatsApp Lengkap dengan Logo Bisnis Anda. Pada artikel tersebut saya telah menjelaskan bagaimana cara mudah membuat qr code untuk link whatsapp yang langsung menuju halaman chat lengkap dengan logo dan format chat. Kali ini, saya akan menjelaskan kembali mengenai cara membuat barcode lokasi google map.

Manfaat membuat barcode dan qr code lokasi dari google map adalah membuat anda lebih mudah shareloc dan mempermudah orang menemukan lokasi tempat tujuan. Karena dengan sekali scan maka qr code tersebut akan langsung mengarah ke google map dan anda bisa mengklik mulai rute maka anda tinggal ikuti saja. Nah, begitu bermanfaatnya qr code saat ini. Tentu manfaat qr code dan barcode tidak hanya itu, melainkan mengikuti keperluan anda. Disini kami akan berbagi cara mudah membuat barcode dari lokasi yang ada di google map. Untuk informasi lengkapnya ikuti saja pembahasan dibawah ini.


3 Cara Membuat Barcode Lokasi dari Google Map di Android dan Laptop Tanpa Aplikasi

Cara Membuat Barcode Lokasi dari Google Map di Android dan Laptop Tanpa Aplikasi

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membuat sebuah barcode dan qr code. Anda dapat membuatnya baik hanya menggunakan hp android saja maupun menggunakan laptop. Anda juga dapat membuatnya menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. Membuat qr code tanpa aplikasi tentu saja membutuhkan sebuah media berupa qr code generator online. Anda bisa mengandalkan website penyedia layanan genarate qr code dan barcode untuk membuatnya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada anda mengenai 3 cara membuat barcode lokasi dari google map tanpa mengunakan aplikasi. Apakah bisa? Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.


Cara Membuat Barcode Lokasi dari Google Map di Android Tanpa Aplikasi

Cara pertama adalah membuat barcode dan qr code lokasi di google map tanpa aplikasi. Anda bisa memanfaatkan smartphone anda untuk membuat qr code lokasi. Caranya sangat mudah dan simpel, semua langkah-langkahnya telah saya sebutkan dibawah ini. Lahkan-langkah dibawah ini memang terlihat panjang, tujuannya agar lebih jelas dan rinci. Namun sebenarnya langkahnya hanya simpel. Untuk tidak memperpanjang kata langsung saja kita mulai praktek.

  1. Langkah pertama silahkan anda buka aplikasi Google Map dari smartphone anda.
  2. Cari lokasi yang ingin anda share dengan cara masukkan alamat tempat. Pastikan titik lokasi benar-benar berada di lokasi yang anda inginkan.
  3. Jika ingin membagikan lokasi terkini, maka silahkan zoom ke lokasi terkini anda sehingga lokasi terlihat dengan jelas. Kemudian klik tahan di lokasi tersebut hingga muncul pin lokasi berwarna merah.
  4. Klik bagikan lokasi dan copy link lokasi anda.
  5. Setelah mendapatkan link lokasi selanjutnya membuat barcode atau qr code untuk lokasi tersebut.
  6. Silahkan kunjungi website https://www.qrcode-monkey.com/
  7. Paste link lokasi pada bagian Your URL.
  8. Selanjutnya anda bisa custom qr code sesuai keinginan anda.
  9. Anda bisa mengabahkan Logo atau icon lokasi. Misalnya anda ingin menambahkan icon rumah, maka anda download terlebih dahulu gambar berupa icon rumah di google.
  10. Klik Customize Design untuk meng-custome desain qr code sesuai keinginan anda.
  11. Terahir silahkan klik Create QR Code dan download qr code tersebut dengan format image atau dokumen.


Cara Membuat Barcode Lokasi dari Google Map di Android Menggunakan Aplikasi

Selain membuat qr code atau barcode lokasi tanpa aplikasi tambahan. Anda juga bisa membuatnya menggunakan aplikasi. Informasi ini juga saya buat agar anda dapat membuat qr code menjadi lebih mudah dan simpel. Aplikasi yang saya gunakan juga sangat ringan dan begitu mudah untuk digunakan. Dijamin anda akan suka dengan aplikasi ini, karena aplikasi ini tidak saja untuk membuat qr code akan tetapi bisa juga digunakan untuk scan qr code. Hal ini akan mempermudah anda untuk langsung menguji apakah qr code lokasi yang anda buat sudah pas atau belum.

  1. Langkah pertama silahkan anda buka aplikasi google map atau anda bisa melalui browser chrome. Cari lokasi yang ingin anda share seperti langkah 1 hingga 4 diatas.
  2. Setelah link lokasi di copy langkah selanjutnya download dan instal aplikasi QR Code Monkey di Google Play Store.
  3. Buka aplikasi QR Code Mongkey dan klik Create QR Code.
  4. Selanjutnya pilih membuat QR Code menggunakan URL atau Website. Hal ini bertujuan agar anda bisa membuat barcode menggunakan link lokasi yang telah anda dapatkan pada langkah pertama diatas.
  5. Paste link lokasi pada kolom URL dan klik Generate.
  6. Klik menu color untuk merubah warna qr code dan icon untuk menambah icon.
  7. Terakhir silahkan download qr code lokasi yang telah anda buat.


Cara Membuat Barcode Lokasi dari Google Map di Laptop Tanpa Aplikasi

Jika anda malas membuat barcode lokasi menggunakan smartphone maka anda juga bisa membuatnya menggunakan laptop. Hal ini tentu akan mempermudah anda saat membuat barcode lokasi sekaligus ingin membuat desain yang menambahan barcode tersebut. Untuk tutorial lengkapnya silahkan ikuti saja step by step berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan buka website google map melalui browser anda atau anda bisa copy link berikut https://www.google.com/maps
  2. Cari lokasi yang ingin anda buatkan barcode. Pastikan lokasi telah benar berada pada tempat yang anda inginkan.
  3. Jika lokasi anda tidak terdapat pada google map maka silahkan ikuti langkah 4 hingga 8. Jika sudah maka lompat ke langkah 8. 
  4. Jika lokasi tidak terdeteksi di google map, maka anda bisa cari lokasi di sekitar, kemudian scroll hingga menemukan lokasi yang anda inginkan.
  5. Double klik pada titik lokasi tersebut, hingga muncul icon lokasi dan pastikan warna icon telah berubah menjadi biru atau merah.
  6. Klik kanan pada icon tersebut dan copy nilai altitude dan longitude lokasi. Biasanya berupa angka-angka. Contohnya -8.604149657859296, 116.13677503447045.
  7. Paste kembali angka tersebut pada kolom pencarian Google Map Anda.
  8. Klik menu share lokasi dan copy link lokasi tersebut.
  9. Setelah link lokasi didapatkan langkah selanjutnya kunjungi website https://www.qrcode-monkey.com/
  10. Paste link lokasi pada bagian Your URL.
  11. Selanjutnya anda bisa custom qr code sesuai keinginan anda.
  12. Anda bisa mengabahkan Logo atau icon lokasi. Misalnya anda ingin menambahkan icon rumah, maka anda download terlebih dahulu gambar berupa icon rumah di google.
  13. Klik Customize Design untuk meng-custome desain qr code sesuai keinginan anda.
  14. Terahir silahkan klik Create QR Code dan download qr code tersebut dengan format image atau dokumen.

Begitulah 3 cara membuat qr code dari google maps. Dengan tiga tutorial diatas maka anda sudah dapat dengan mudah membuat qr code dari lokasi apa saja yang anda inginkan. Cara diatas bisa anda gunakan sesua dengan situasi dan keperluan anda. Jika anda sedang ingin membuat qr code dari hp maka anda bisa menggunakan cara pertama begitu juga dengan cara kedua dan ketiga.

Baca Juga: 5 Aplikasi Pembuat Barcode Sendiri Gratis di HP Android

Itulah akhir dari pembahasan kali ini mengenai 3 Cara Membuat Barcode Lokasi dari Google Map di Android dan Laptop Tanpa Aplikasi. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan malam hari ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share artikel cara membuat qr code dari google maps kepada teman-teman anda. Agar mereka juga mengetaui bagaimana cara mudah membuat barcode lokasi. Untuk informasi lengkap mengenai qr code dan barcode akan kami bahas di artikel selanjutnya, maka dari itu follow blog kami agar tidak ketinggalan informasi menari lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel